Behavior Intention Penggunaan Digital Payment QRIS Berdasarkan Model Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT) (Studi pada UMKM Sektor Industri Makanan & Minuman di Kota Jambi)

Penulis

  • Mira Gustiana Pangestu Universitas Dinamika Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.33998/jumanage.2022.1.1.23

Kata Kunci:

behavior intention, QRIS, UTAUT, UMKM

Abstrak

Niat perilaku (behavior intention) individu dalam mengadopsi dan menggunakan suatu teknologi dapat dipengaruhi oleh 4 faktor menurut model Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT), yaitu; performance expectancy, effort expectancy, social influence, dan facilitating conditions. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh performance expectancy, effort expectancy, social influence, dan facilitating conditions terhadap behavior intention penggunaan digital payment QRIS pada UMKM Sektor Industri Makanan dan Minuman di Kota Jambi, baik secara parsial maupun secara simultan. Sampel penelitian yang digunakan sebanyak 80 orang responden, dimana data dari sampel dikumpulkan menggunakan kuesioner untuk kemudian dianalisis dengan teknik analisis regresi berganda. Hasil uji T statistik membuktikan bahwa secara parsial variabel performance expectancy dan effort expectancy berpengaruh signifikan terhadap behavior intention penggunaan digital payment QRIS, sedangkan variabel social influence dan facilitating conditions berpengaruh tidak signifikan terhadap behavior intention penggunaan digital payment QRIS. Hasil uji F statistik membuktikan bahwa secara simultan variabel performance expectancy, effort expectancy, social influence, dan facilitating conditions berpengaruh signifikan terhadap behavior intention penggunaan digital payment QRIS.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Abdullah, Syarif. (16 Maret 2021). Jambi Miliki 60 ribu Lebih Merchant QRIS. Diakses pada 30 November 2021, dari https://jambi.antaranews.com/berita/435978/jambi-miliki-60-ribu-lebih-merchant-qris

Achiriani, M.P. Ayu, and I. Hasbi. (2021). Pengaruh Performance Expectancy, Effort Expectancy, Social Influence, Perceived Risk, Perceived Cost terhadap Behavioral Intention pada Pengguna Dompet Digital DANA di Indonesia. e-Proceeding of Management, 8 (1), 376-388

Akbar, R., M. Silvana, and A.F. Alizar. (2019). Perancangan Aplikasi Pembayaran Non Tunai untuk Pengelolaan Bisnis Pencucian Mobil dengan Memanfaatkan Teknologi QR Code (Studi Kasus: Oto Pro Car Wash & Detailling Padang). Seminar nasional Sains dan Teknologi 2019, Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Jakarta, 18 Oktober 2019.

Andrianto, Aries. (2020). Faktor yang Memengaruhi Behavior Intention untuk Penggunaan Aplikasi Dompet Digital Menggunakan Model UTAUT2. Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis, 25 (2), 112-122

Aydin, G., and S. Burnaz. (2016). Adoption of Mobile Payment Systems: A Study on Mobile Wallets. Jounal of Business, Economics and Finance, 5 (1)

Azzahro, R.A. and S.D. Estiningrum. (2021). Preferensi Mahasiswa dalam Menggunakan Quick Response Code Indonesia Standard (QRIS) sebagai Teknologi Pembayaran. Jurnal Manajemen Motivasi, 17, 10-17

Bharata, W. and W. Widyaningrum. (2017). Analisis Penerimaan dan Penggunaan Sistem Informasi Akademik Melalui Pengembangan Model UTAUT. Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan, 11 (2), 171-187

Chaidir, T., I. Ro’is, and A. Jufri. (2021). Penggunaan Aplikasi Mobile Banking pada Bank Konvensional dan Bank Syariah di Nusa Tenggara Barat: Pembuktian Model Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT). Elastisitas: Jurnal Ekonomi Pembangunan, 3 (1), 61-77

Davis, F. D., R.P. Bagozzi, and P.R. Marshaw. (1989). User Acceptance of Computer Technology: A Comparison. Management Science, 982-1003

Heryanto. (2021). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Behavioral Intention Pengguna Mobile Banking BCA: Studi pada Gen Y. Jurnal Manajemen Bisnis dan Kewirausahaan, 5 (4), 354-359

Hidayatullah, Syarif et al. (2020). Performance Expectancy, Effort Expectancy, Social Influence on Behavioral To Use Through Behavioral Intention in Using Mobile Banking in Malang. International Conference of Graduate School on Sustainability, 5-6 November

Jati, N. J., and H. Laksito. (2012). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Pemanfaatan Dan Penggunaan Sistem E-Ticket (Studi Empiris pada Biro Perjalanan di Kota Semarang), Diponegoro Journal of Accounting, 1 (1), 1–15

Kurniawan, A.R., Indrawati, and T. Djatmiko. (2016). Analisis Faktor-Faktor Minat Konsumen Menggunakan Aplikasi GO-JEK. e-Proceeding of Management, 3 (3), 2850-2857

Mahendra, Y. A. S., W. W. Winarno, and P.I. Santosa. (2017). Pengaruh Perceived Security terhadap Pengadopsian In-App Purchase pada Aplikasi Mobile. Jurnal Nasional Teknik Elektro Dan Teknologi Informasi (JNTETI), 6 (2), 184–193

Moore, G., and I. Benbasat. (1991). Development of an Instrument to Measure the Perceptions of Adopting an Information Technology Innovation. Information System Research, 2 (3), 192-222

Musa, A., H. U. Khan, and K. A. AlShare. (2015). Factors Influence Consumer’s Adoption of Mobile Payment Devices in Qatar. International Journal of Mobile Communications, 13 (6), 670–689

Nugroho, P., W. W. Winarno, and R. Hartanto. (2017). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Niat Menggunakan Mobile payment dengan Pendekatan Extended The Unified Theory of Acceptance and Use of Technology. Departemen Teknik Elektro Dan Teknologi Informasi, Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta

Putri, V.S. and A.B. Mahadian. (2021). Pengaruh Ekspektasi Kinerja, Ekspektasi Usaha, Pengaruh Sosial, dan Kondisi Pendukung terhadap Minat Pemanfaatan Aplikasi E-Clinic di Kota Bandung. Jurnal Ilmu Komunikasi, 1-12

Rizaty, Monavia Ayu. (25 November 2021). Jumlah Merchant Terdaftar QRIS Capai 12,2 juta Hingga November 2021. Diakses pada 30 November 2021, dari https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/11/25/jumlah-merchant-terdaftar-qris-capai-122-juta-hingga-november-2021

Setiawan, I Wayan Arta and L. P. Mahyuni. (2020). QRIS di Mata UMKM: Eksplorasi Persepsi dan Intensi UMKM Menggunakan QRIS. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, 9 (10), 921-946

Sihaloho, J.E., A. Ramadani, and S. Rahmayanti. (2020). Implementasi Sistem Pembayaran Quick Response Indonesia Standard Bagi Perkembangan UMKM di Medan. Jurnal Manajemen Bisnis, 17 (2), 287-297

Sugiyono. (2012). Statistika Untuk Penelitian. Alfabeta. Bandung

. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta

Venkatesh, V., and F. Davis. (2000). A Theoritical Extension of the Technology Acceptance Model: Four Longitudinal Field Studies. Management Science, 45 (2), 186-204

Venkatesh, V., M. G. Morris, G. B. Davis, and F. D. Davis. (2003). User Acceptance of Information Technology: Toward a Unified View. MIS Quarterly: Management Information Systems, 27 (3), 425–478

Wijaya, K. and E. Handriyantini. (2020). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Behavioral Intention pada Online Marketplace Menggunakan Model UTAUT (Studi Kasus: Shopee). Conference Paper, Sekolah Tinggi Informatika & Komputer Indonesia September 2020, Malang

Wiyono, A.S., D. Ancok, and J. Hartono. (2008). Aspek Psikologis pada Implementasi Sistem Teknologi Informasi. Konferensi dan Temu Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk Indonesia, Jakarta: 21-23 Mei 2008, Hal. 1-3

Unduhan

Diterbitkan

2022-01-14

Abstract views:

3351

PDF Download:

3982

DOI:

10.33998/jumanage.2022.1.1.23

Dimension Badge: