Perilaku Pembelian Kosmetik, Berlabel Halal pada Muslimah Berhijab: Sebuah Studi Multiple Korelasional

kelompok acuan, keputusan pembelian, religiusitas, sikap

Penulis

  • Mira Gustiana Pangestu Universitas Dinamika Bangsa
  • Yosi Fadhillah Universitas Dinamika Bangsa
  • Dwi Anggraini Universitas Dinamika Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.33998/jumanage.2023.2.1.192

Abstrak

Perilaku dalam pengambilan keputusan pembelian suatu produk berlabel halal pada individu beragama islam dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor, baik dari aspek budaya terutama agama, psikologis, maupun sosial. Penilitan ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh religiusitas, sikap, dan kelompok acuan terhadap keputusan pembelian kosmetik berlabel halal pada wanita muslimah berhijab (hijabers) di Kota Jambi, baik secara parsial maupun secara simultan. Sampel penelitian yang digunakan sebanyak 98 orang responden, dimana data dari sampel dikumpulkan menggunakan kuesioner untuk kemudian dianalisis dengan teknik analisis regresi berganda. Hasil uji T statistik membuktikan bahwa secara parsial variabel religiusitas dan sikap berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian kosmetik berlabel halal, sedangkan variabel kelompok acuan berpengaruh tidak signifikan terhadap keputusan pembelian kosmetik berlabel halal. Hasil uji F statistik membuktikan bahwa secara simultan variabel religiusitas, sikap, dan kelompok acuan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian kosmetik berlabel halal.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Abdullah, R. R., E. Yulianto, and M. K. Mawardi. (2017). Pengaruh Sikap, Faktor Pribadi, dan Faktor Sosial terhadap Keputusan Pembelian (Survey pada Konsumen Kartu Perdana Simpati di Grapari Malang). J. Adm. Bisnis, 42 (1), 110–114

Apriani, S. (2015). Persepsi Mahasiswi tentang Iklan Kosmetik Wardah Exclusive Series Versi Dewi Sandra di Televisi (Studi pada Mahasiswi Ilmu Komunikasi Fisip Universitas Mulawarman). e-Journal Ilmu Komun, 3 (1), 309–324

Elvira, R. (2016). Pengaruh Persepsi Konsumen Muslim Tentang Maslahah Terhadap Keputusan Konsumsi Terbatas Hanya Pada Komoditas Halal (Studi: Mahasiswa Fakultas Syariah Dan Ekonomi Islam Tahun 2015). Manhaj, 4 (2), 177–187

Endah, N. H. (2014). Perilaku Pembelian Kosmetik Berlabel Halal oleh Konsumen Indonesia. J. Ekon. dan Pembang, 22 (1), 11–25

Fitriani, M. (2017). Pengaruh Kelompok Rujukan terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Wardah (Studi Pada Mahasiswi FEBI UIN lampung). Publikasi Ilmiah, Universitas Islam Negeri Raden Intan, Lampung

Fitriyamani, B. H. (2015). Pengaruh Citra Merek, Kesadaran Nilai dan Sikap terhadap Pemalsuan Merek Mewah terhadap Niat Membeli Produk Imitasi sepatu Converse di Surabaya

Ilyas, R. (2015). Konsep Mashlahah dalam Konsumsi Ditinjau dari Perspektif Ekonomi Islam. J. Perspekt. Ekon. Darussalam, 1 (1)

Muniaty, A. (2015). Peer Group Effects on Moslem Consumer’s Decision to Purchase Halal-Labeled Cosmetics. Al-Iqtishad, 7 (2), 165–180

Fitria, S. and Artanti, Y. (2020). Pengaruh Religiusitas dan Kelompok Referensi Terhadap Keputusan Pembelian. BISNIS J. Bisnis dan Manaj. Islam, 8 (1), 37–48

Huda, N., Hulmansyah, and N. Rini. (2018). Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumsi Produk Halal Pada Kalangan Mahasiswa Muslim. Ekuitas J. Ekon. dan Keuang, 2 (2), 247–270

Jelita, N. S. (2020). Pengaruh Religiusitas dan Kesadaran Konsumen terhadap Niat Beli dan Dampaknya pada Keputusan Pembelian Asuransi Syariah di Surabaya dan Sidoarjo. Artikel Ilmiah, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Perbanas, Surabaya.

Juniman, P. T. CNN Indonesia: Mengenal Ketentuan Kosmetik Berlabel Halal dari LPPOM MUI. Diakses 28 Maret 2021, dari https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20180329232035-277-287005/mengenal-ketentuan-kosmetik-berlabel-halal-dari-lppom-mui

Kholifah, A. (2018). Analisis Pengaruh Faktor Psikologis Konsumen terhadap Keputusan Pembelian Product Counterfeits pada Produk Kosmetik. Publikasi Ilmiah, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Suarakarta

Kholifah, F. N. and Rulirianto. (2018). Pengaruh Gaya Hidup dan Kelompok Referensi terhadap Keputusan Pembelian Lipstik Merk Wardah (Studi pada Mahasiswi Program Studi D-IV Manajemen Pemasaran Jurusan Administrasi Niaga Politeknik Negeri Malang). JAB J. Apl. Bisnis

Kotler, P. and Keller, K.L. Manajmen Pemasaran, 13th ed. Jakarta: Erlangga

Kusumastuti, D. (2020). Minat Beli Produk Halal di Indonesia, Studi Pemetaan Sistematis. J. Manaj. Bisnis Syariah, 2 (2), 27–50

Machmud, M.Z., Edy Yulianto, dan Sunarti. (2017). Pengaruh Kelompok Persahabatan dan Kelompok Dunia Maya terhadap Keputusan Pembelian (Survei pada Mahasiswa Strata-1 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang yang Melakukan Pembelian dipengaruhi melalui Media Sosial Instagram). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 47 (2), 177-186

Mansyuroh, F. A. (2020). Pengaruh Persepsi dan Religiusitas terhadap Pembelian Skin Care tanpa Label Halal pada Muslim Generasi Z di Banjarmasin. Proceeding Antasari International Conference

Muniaty, A. (2014). The Influence of Religious Behavior on Consumers’ Intention to Purchase Halal-labeled Products, Bus. Entrep. Rev., 14 (1), 15–32

Nellyaningsih and Hidayat, R. (2019). Analisis Pengaruh Kelompok Referensi terhadap Keputusan Pembelian Jasa Asuransi. J. Akrab Juara, 4 (4), 144–155

Niswah, F. M. (2018). Hubungan Persepsi dan Religiusitas terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Tanpa Label Halal. J. Middle East Islam. Stud, 5 (1) 47–66

Nurhayati, T. and Hendar, H. (2019). Personal Intrinsic Religiosity and Product Knowledge on Halal Product Purchase Intention: Role of Halal Product Awareness. J. Islam. Mark, 11 (3), 603–620

Pangestu, M. G. (2019). Brand image terhadap Keputusan Pembelian melalui Customer Relationship Marketing Pada Produk Kosmetik Halal Wardah di Kalangan Hijabers Kota Jambi,Tesis, Universitas Jambi

Prakoso, H. W. and Iriani, S.S. (2015). Pengaruh Kualitas Produk dan Kelompok Acuan terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Suzuki Satria F150. J. Ris. Ekon. dan Manaj, 15 (2), 262–279

Ramadhan, M. A. F. and Pangestuti, E. (2018). Pengaruh Sikap Konsumen terhadap Keputusan Pembelian Produk Ekolabel (Studi pada Produk PT Ultrajaya). J. Adm. Bisnis, 57 (1), 38–45

Rezeki, H. S. (2016). Pengaruh Kelompok Acuan, Gaya Hidup dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Kartu Prabayar IM3 PT Indosat Tbk. Artikel Penelitian, Universitas Sumatera Utara

Safitri, I. T. (2018). Pengaruh Norma Subyektif dan Self Control terhadap Keputusan Pembelian Produk Branded Hijab (Studi Kasus Vanilla Hijab), Publikasi Ilmiah, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel, Surabaya

Safitri, I. M. and Sevie. (2020). Perilaku Konsumen terhadap Kesadaran Menggunakan Produk Kosmetik Halal. J. Bisnis dan Akunt, 22 (1), 57–72

Schiffman, L. and Kanuk, L. (2015). Consumer Behavior, 11th Editi. New Jersey: Global Edition

Solihin, W. A., B. Tewal, and R. Wenas. (2020). Pengaruh Sikap Konsumen dan Gaya Hidup terhadap Keputusan Pembelian Smartphone (Studi pada Mahasiswa UNSRAT di Manado). J. EMBA, 8 (1), 511–520

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta

Sulistiowati, I. and Heryenzus. (2018). Pengaruh Sikap dan Kepercayaan terhadap Keputusan Pembelian Produk Online (Studi Kasus pada Online Shop Grostas Import Batam). JIM UPB, 6 (1), 19–26

Suryanti, D. I. and Nurtjahjani, F. (2019). Pengaruh Kelompok Acuan dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Baegopa? Malang. JAB J. Apl. Bisnis, 5 (1), 85–88

US Commercial Services. (2015). Cosmetics & Toiletries Market Overviews 2015

Wulandari, S. (2021). Pengaruh Label Halal dan Religiusitas terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Konsumen Indomie di Sidoarjo). JMD J. Manaj. dan Bisnis Dewantara, 4 (1), 25–30

Zahra, N. H., Suharyono, and E. Yulianto. (2016). Pengaruh Kelompok Acuan terhadap Sikap dan Niat Pembelian serta Dampaknya pada Keputusan Pembelian (Survei pada Konsumen di Rumah Makan Kimbap Rina, Malang). J. Adm. Bisnis, 37 (2)

Unduhan

Diterbitkan

2023-01-30

Abstract views:

346

PDF Download:

370

DOI:

10.33998/jumanage.2023.2.1.192

Dimension Badge:

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama