Peran Media Sosial terhadap Kinerja Bisnis Pada UMKM fortechcomputer.id

Penulis

  • yosi fahdillah kewirausahaan,ilmu Manajemen dan bison's, universities dinamika bangsa
  • Mira Gustiana Pangestu Universitas Dinamika Bangsa
  • Vivi Usmayanti Universitas Dinamika Bangsa
  • Hanan laras Sabrina Universitas Dinamika Bangsa
  • Muhammad haris saputra Universitas Dinamika Bangsa
  • Wahya Iffa Lubis Universitas Graha Karya
  • Febby Nanda Utami Universitas Dinamika Bangsa
  • yossinomita Universitas Dinamika Bangsa
  • Nia Rahayu Universitas Dinamika Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.33998/jumanage.2023.2.2.816

Abstrak

Perkembangan teknologi yang demikian cepat,turut mempengaruhi pola pikir atau wawasan masyarakat. Masyarakat memegang peranan penting dalam berbagai bidang. Salah satunya dalam meningkatkan perekonomian negara melalui wirausaha, saat ini banyak bermunculan usaha-usaha baru khususnya usaha kecil dan menegah bahkan banyak yang berhasil, Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan Peran media sosial untuk meningkatkan kinerja Bisnis Produk Umkm Studi Deskriptif Pada UMKM Fortechcomputer.id. Penelitian ini merupakan penelitian dengan kualitatif dengan metode fenomenologi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa Adanya peran Peran media sosial untuk meningkatkan Kinerja Bisnis Produk Umkm Studi Deskriptif Pada UMKM Fortechcomputer.id

Kata kunci : Media soaial, kinerja Bisnis, UMKM

 

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Aisyah, S., & Rachmadi, K. R. (2022). Digitalisasi Pemasaran Melalui Sosial Media Marketing Pada Pelaku Umkm Guna Peningkatan Pendapatan. RESWARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 442–448. https://doi.org/10.46576/rjpkm.v3i2.1866

Augusty, F., & Asatuan, A. (2004). Studi mengenai orientasi pengelolaan. Jurnal Sains Pemasaran Indonesia, Vol.3, No., 1–22.

Brahmanthara, K. A., & Yasa, N. N. K. (2017). Peran Keunggulan Bersaing Memediasi Inovasi Produk Terhadap Kinerja Pemasaran. Prosiding Seminar Nasional AIMI, Vol 8 No 1. https://doi.org/https://doi.org/10.36733/juima.v8i1.39

Cao, X., Guo, X., Vogel, D., & Zhang, X. (2016). Exploring the influence of social media on employee work performance. Internet Research, 26(2), 529–545. https://doi.org/10.1108/IntR-11-2014-0299

Chusniyah, I., & Fauza, N. (2016). Pelatihan Digital Marketing Bagi Pelaku Umkm Sebagai Upaya Peningkatan Pemasaran Di Masa Pademi Bagi Masyarakat. 1(2), 1–23.

Dahmiri, Indrawijaya, S., Fatricia, R. S., & Yasmin, A. (2018). Batik Jambi Promotion Based on Social Media in Asean Economics Community. 1, 323–329. https://doi.org/10.1108/978-1-78756-793-1-00015

Dewi, N. M. P., & Ekawati, N. W. (2017). Peran Keunggulan Bersaing Dalam Memediasi Pengaruh Orientasi Pasar Terhadap Kinerja Pemasaran. E-Jurnal Manajemen Unud, 6(9), 4947–4977. https://media.neliti.com/media/publications/249598-peran-keunggulan-bersaing-dalam-memedias-e0588528.pdf

Ferdinand, A. (2000). Manajemen Pemasaran Sebuah Pendekatan Stratejik. Program Magister Manajemen Universitas Diponegoro, Semarang.

Gunelius, S. (2011). 30-Minutes SOCIAL MEDIA Marketing.

Hootsuite global digital yearbook Indonesia. (2019). We Are Social Hootsuite.

Maharani, M., Maria, A. H., & Noor, A. A. H. (2012). Faktor-Faktor Pengaruh Media Sosial Terhadap Keunggulan Bersaing: Studi Kasus Coffee Toffee. Jurnal Teknik Pomits, 1(1), 1–6.

Nasrullah, R. (2015). Media Sosial : Perspektif Komunikasi, Budaya dan Sosioteknologi. Simbiosa Rekatama Media.

Novia, C., Hasanah, L. U., & Amalia, M. R. (2022). Dampak Digitalisasi Marketing Terhadap Daya Saing UKM Tahu. 10(2), 115–122.

Prihadi, D., & Susilawati, A. D. (2018). Pengaruh Kemampuan E-Commerce dan Promosi di Media Sosial terhadap Kinerja Pemasaraan. Benefit: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 3(1), 15. https://doi.org/10.23917/benefit.v3i1.5647

Purwantini, A. H., & Anisa, F. (2018). Analisis Penggunaan Media Sosial bagi UKM dan Dampaknya Terhadap Kinerja. The 7th University Research Colloquium, 304–314.

Setyawati, & Abrilia, H. (2013). Pengaruh Orientasi Kewirausahaan Dan Orientasi Pasar Terhadap Kinerja Perusahaan Melalui Keunggulan Bersaing Dan Persepsi Ketidakpastian Lingkungan Sebagai Prediksi Variabel Moderasi (Survey Pada Umkm Perdagangan Di Kabupaten Kebumen. Jurnal Fokus Bisnis, Volume 12, 30. https://doi.org/10.32639/fokusbisnis.v12i2.3

Tafesse, W., & Wien, A. (2018). Implementing social media marketing strategically: an empirical assessment. Journal of Marketing Management, 34(9–10), 732–749. https://doi.org/10.1080/0267257X.2018.1482365

Tajvidi, R., & Karami, A. (2017). The effect of social media on firm performance. Computers in Human Behavior, 1–10. https://doi.org/10.1016/j.chb.2017.09.026

Yacob, S., Octavia, A., Mayrina, & Handri. (2018). Do Really Social Commerce Creating For Competitive Advantage On Small Medium Enterprises (Smes) Business Performance In Indonesia? Ijbr, Volume 18, 80. https://doi.org/dx.doi.org/10.18374/IJBR-18-2.6

Zimmerer, T. W., Scarborough, N. M., & Doug, W. (2008). Kewirausahaan dan manajemen usaha kecil. Salemba empat.

Unduhan

Diterbitkan

2023-07-28

Abstract views:

605

PDF Download:

537

DOI:

10.33998/jumanage.2023.2.2.816

Dimension Badge:

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>