Strategi Peningkatan Kepuasan Pelanggan di Café Kopi Ketje, Kota Jambi: Evaluasi Harga, Kualitas Pelayanan, dan Kualitas Produk

Penulis

  • Muhammad Haris Saputra Manajemen, Fakultas Ilmu Manajemen dan Bisnis Universitas Dinamika Bangsa
  • Mira Gustiana Pangestu Fakultas Ilmu Manajemen dan Bisnis Universitas DInamika Bangsa
  • Carissa Margaretha Fakultas Ilmu Manajemen dan Bisnis Universitas DInamika Bangsa
  • Marcel Rivaldo Fakultas Ilmu Manajemen dan Bisnis Universitas DInamika Bangsa
  • Marcellino Christian Fakultas Ilmu Manajemen dan Bisnis Universitas DInamika Bangsa
  • Zhee Reylia Vauzan Fakultas Ilmu Manajemen dan Bisnis Universitas DInamika Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.33998/jumanage.2024.3.1.1558

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengoptimalkan kepuasan pelanggan di Café Kopi Ketje, Kota Jambi, dengan mengulas dan mengevaluasi pengaruh harga, kualitas pelayanan, dan kualitas produk. Metode eksploratif yang diterapkan mengandalkan pendekatan kuantitatif, dengan 100 responden yang dipilih sebagai sampel. Melalui analisis menggunakan aplikasi SPSS, data yang terhimpun diuji, sementara pengumpulan informasi dilakukan melalui penyebaran kuesioner berisi 38 pertanyaan kepada pelanggan Café Kopi Ketje di Kota Jambi melalui platform online. Temuan penelitian mengindikasikan bahwa, pertama, harga tidak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap tingkat kepuasan pelanggan. Kedua, kualitas pelayanan membawa pengaruh yang signifikan terhadap tingkat kepuasan pelanggan. Ketiga, kualitas produk juga terbukti memengaruhi kepuasan pelanggan secara positif. Hasil akhir menunjukkan bahwa kombinasi yang optimal dari faktor harga, kualitas pelayanan, dan kualitas produk memiliki dampak positif yang signifikan terhadap kepuasan pelanggan di Café Kopi Ketje, Kota Jambi. Sebagai respons terhadap temuan ini, beberapa strategi direkomendasikan untuk diterapkan oleh Café Kopi Ketje guna meningkatkan pengalaman pelanggan. Strategi tersebut melibatkan optimalisasi kebijakan harga, peningkatan kualitas pelayanan, inovasi dalam kualitas produk dan variasi menu, serta implementasi program loyalitas pelanggan. Pemahaman lebih lanjut terhadap segmen usia 10-20 tahun juga menjadi fokus dalam meningkatkan relevansi dan daya tarik kafe terhadap kelompok ini. Penerapan strategi ini secara holistik diharapkan dapat membantu Café Kopi Ketje mencapai dan mempertahankan tingkat kepuasan pelanggan yang optimal, memperkuat basis pelanggan yang sudah ada, dan menarik perhatian segmen pelanggan baru.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Afnina, A., & Hastuti, Y. (2018). Pengaruh Kualitas Produk terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Samudra Ekonomi Dan Bisnis, 9(1), 21-30.

Asti, E., & Ayuningtyas, E. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen. EKOMABIS: Jurnal Ekonomi Manajemen Bisnis, 1(01), 1 - 14.

Bei, L. T., & Chiao, Y. C. (2006). The determinants of customer loyalty: An analysis of intangible factors in three service industries. International Journal of Commerce and Management, Vol. 16 No. 3/4, pp. 162-177.

Diansyah. 2016. Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Merek terhadap Kepuasan Konsumen Laptop Lenovo dengan Inovasi Produk sebagai Variabel Moderator. Media Studi Ekonomi. Vol. 19 No. 2.

Hayati, Y.H dan Sekartaji, G. 2015. Pengaruh Kualitas Produk terhadap Kepuasan Konsumen di Restoran Bebek dan Ayam Goreng Pak NDut Solo. Jurnal Ilmiah Manajemen Fakultas Ekonomi (JIMFE). Vol. 1 No.1.

Hermawan, B. 2011. Pengaruh Kualitas Produk terhadap Kepuasan, Reputasi Merek, dan Loyalitas Konsumen Jamu Tolak Angin PT. Sido Muncul. Jurnal Manajemen Teori dan Terapan. Tahun 4. No. 2.

Hidayat, M. S. (2020). Pengaruh Harga dan Store Atmosphere terhadap Kepuasan Konsumen pada Café Dreamblack Coffee Mojokerto. Bisman, 3(2), 173–186.

Juwanto. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Rumah Makan Rahayu Demak. Universitas Semarang.

Konuk, F. A. (2019). The influence of perceived food quality, price fairness, perceived value and satisfaction on customers’ revisit and word-of-mouth intentions towards organic food restaurants. Sakarya University.

Lubis, N. A. dan Martin. 2009. Pengaruh Harga (Price) dan Kualitas Pelayanan (Service Quality) Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap di RSU Deli Medan. Jurnal Manajemen Bisnis. 2/1: 21 – 24.

Maharani, I. G. A. A., Anggraini, N. P. N., & Ribek, P. K. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan Dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Warung Mina Cabang Dalung. VALUES, 3(1), 275–285.

Nasution, N. (2022). Pengaruh Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Restauran Pondok Jambu Di Kabupaten Padang Lawas. Universitas Islam Riau.

Nigatu, A. G., Belete, A. A., & Habtie, G. M. (2023). Effects of automated teller machine service quality on customer satisfaction: Evidence from commercial bank of Ethiopia. Samara University, Semera, Ethiopia.

Normasari, S., Kumadji, S., & Kusumawati, A. (2013). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan, Citra Perusahaan Dan Loyalitas Pelanggan, Survei pada Tamu Pelanggan yang Menginap di Hotel Pelangi Malang. Universitas Brawijaya.

Nurwulandari, A., & Maharani, S. (2020). Pengaruh Harga, Produk, Distribusi Dan Promosi Terhadap Kepuasan Konsumen Dan Dampaknya Pada Loyalitas Pelanggan Pada Kedai Kopi Coffee 19 Café. Universitas Nasional Jakarta.

Pradana, D., Hudayah, S., & Rahmawati. (2017). Pengaruh Harga Kualitas Produk dan Citra Merek Brand Image terhadap Keputusan Pembelian Motor. KINERJA, 14(1), 16–23.

Prasetio, A. (2012). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan. Management Analysis Journal. Vol 1 No 1.

Putro, S. W. (2014). Pengaruh Kualitas Layanan dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Konsumen Restoran Happy Garden. Universitas Kristen Petra.

Razak, I. (2019). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana. Vol. 7 No. 2.

Saputra, M. H. (2021). Pengaruh Tulisan Peringatan Kesehatan “Health Warning” Di Kemasan Pringles Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Ekonomia, 11(2), 38-43.

Saputra, M. H., Firmasari, P., Fadillah, Y., Suratno, E., Kartika, Y. D., & Lie, K. P. (2023). Optimalisasi Nilai Perusahan: Pengaruh Inflasi Terhadap Harga Saham Perusahaan Dengan Good Corporate Governance Sebagai Variabel Pemoderasi. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Kewirausahaan (JUMANAGE), 2(2).

Saputra, M. H., Firmasari, P., Fadillah, Y., Mardiana, R., & Hassandi, I. (2023). Tantangan Sosial Ekonomi Pasca Covid-19 Menghadapi Era 5.0 Society Untuk Mencapai Kinerja Berkelanjutan. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Kewirausahaan (JUMANAGE), 2(1), 146-151.

Fitriaty, F., & Saputra, M. H. (2021). Pengaruh Pengumuman Ceo Bakal Wakil Presiden Sebelum Dan Setelah Hasil Pilpres Terhadap Return Saham Di BEI. Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan, 10(02), 307-314.

Sari, D. D. (2016). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Pada Konsumen Sim Card Gsm Prabayar Xl Di Kota Yogyakarta). Universitas Negeri Yogyakarta.

Sari, R. K., & Hariyana, N. (2019). Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Pembelian Ulang Dan Kepuasan Pelanggan Online Shopping Pada Remaja Di Situbondo. Universitas Abdurachman Saleh Situbondo

Wijaya, C. V. (2017). Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Depot Madiun Masakan Khas Bu Rudy. Universitas Kristen Petra.

Wijaya, W. R. B., Widayati, C. C., & Perkasa D. H. (2023). Pengaruh Harga, Kualitas Produk Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Pada Restoran ABC Di Pantai Indah Kapuk). Jurnal Kewirausahan dan Multi Talenta. Vol. 1 No. 3.

Unduhan

Diterbitkan

2024-01-31

Abstract views:

156

PDF Download:

112

DOI:

10.33998/jumanage.2024.3.1.1558

Dimension Badge:

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama