ETIKA WIRAUSAHA TERHADAP KINERJA BISNIS PADA UKM KOTA JAMBI
DOI:
https://doi.org/10.33998/jumanage.2023.2.1.74Abstrak
Penelitian ini dirancang untuk melihat apakah terdapat korelasi antara berbagai aspek etika kewirausahaan dan kinerja usaha pada usaha kecil di Kota Jambi. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner dari 100 usaha kecil di kota tersebut. Hasil penelitian menemukan bahwa aspek-aspek etika kewirausahaan yang diukur seperti Kejujuran, Bertanggung jawab, Menepati Janji, Disiplin, Taat Hukum, Suka membantu, komitmen dan menghormati dan mengejar prestasi berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Bisnis yang dicerminkan oleh Perspektif keuangan Perspektif pelanggan atau konsumen Perspektif proses internal bisnis Perspektif pembelajaran dan pertumbuhan pada UKM di kota jambi.
Unduhan
Referensi
Badan pusat statistik provinsi jambi.2018.” Usaha Mikro, Kecil dan Menengah menurut Kab/Kota, 2012-2018”. https://jambi.bps.go.id/dynamictable/2018/10/03/697/-jumlah-usaha-mikro kecil-dan-menengah-menurut-kab-kota-2012-2016.html
Dinas Koperasi dan UKM Kota Jambi.2019.”Jumlah UMKM Perkecamatan
Efendi, B., & Trihudiyatmanto, M. (2021). Peran Etika Bisnis Islam Dalam Membangun Kinerja Lembaga Keuangan Syariah. Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, 8(1), 18–27. https://doi.org/10.32699/ppkm.v8i1.1553
Fassin, Y., & Drover, W. (2017). Ethics in Entrepreneurial Finance: Exploring Problems in Venture Partner Entry and Exit. Journal of Business Ethics, 140(4), 649–672. https://doi.org/10.1007/s10551-015-2873-0
Hisrich, R. D., & Ramadani, V. (2017). Business Ethics, Social Responsibility and Entrepreneurial Managers. 179–201. https://doi.org/10.1007/978-3-319-50467-4_10
Indrawan, I., Wijoyo, H., & Usada, B. (2020). Pendidikan Kewirausahan Dan Etika Bisnis.
Omri, W., Becuwe, A., & Randerson, K. (2017). Unravelling the link between creativity and individual entrepreneurial behaviour: The moderating role of islamic work ethics. International Journal of Entrepreneurship and Small Business, 30(4), 567–589. https://doi.org/10.1504/IJESB.2017.082916
Osorio-Vega, P. (2019). The Ethics of Entrepreneurial Shared Value. Journal of Business Ethics, 157(4), 981–995. https://doi.org/10.1007/s10551-018-3957-4
Sarwono, H. A. (2015). Profil Bisnis Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (Umkm). In Bank Indonesia dan LPPI.
Sciarelli, S. (1999). Corporate Ethics and the Entrepreneurial Theory of “Social Success.” Business Ethics Quarterly, 9(4), 639–649. https://doi.org/10.5840/10.2307/3857940
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta : Bandung.
Surie, G., & Ashley, A. (2008). Integrating pragmatism and ethics in entrepreneurial leadership for sustainable value creation. Journal of Business Ethics, 81(1), 235–246. https://doi.org/10.1007/s10551-007-9491-4
Tawas, H., & Djodjobo, C. (2014). Pengaruh Orientasi Kewirausahaan, Inovasi Produk, Dan Keunggulan Bersaing Terhadap Kinerja Pemasaran Usaha Nasi Kuning Di Kota Manado. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 2(3), 1214–1224. https://doi.org/10.35794/emba.v2i3.5800
Tipu, S. A. A. (2015). The Cognitive Side of Entrepreneurial Ethics: What Do We Still Need to Know? Journal of Enterprising Culture, 23(01), 117–137. https://doi.org/10.1142/s0218495815710016
Wiyono, G. (2011). Merancang Penelitian Bisnis dengan Alat Analisis SPSS 17.0 & Smart PLS 2.0. Yogyakarta: Percetakan STIM YKPM.