INFLUENCE OF BUSINESS SUCCESS FACTORS ON MICRO BUSINESS SUCCESS IN ENTREPRENEURSHIP IN JAMBI CITY"
DOI:
https://doi.org/10.33998/jumanage.2022.1.2.12Abstrak
ABSTRACT
Such rapid technological development, also affect the patterns of thought or insight into the society. Society plays an important role in various fields. One of them is to improving the country's economy through entrepreneurship,There are many new businesses has emerging, largely in small and micro businesses. this research aims to determine the influence of factors of business success in entrepreneurship. Object in this study is Entrepreneurs who already have a business category of micro enterprises in the city of Jambi. The collection of samples was done by distributing questionnaires by purposive sampling to 97 Entrepreneurs. This research is descriptive quantitative method. This study uses an analytical tool Partial Least Squareing (PLS) for influence factors of business success in entrepreneurship, using PLS Smart program version 3.
The Results from the study showed that the ability and willingness Factor has no significant effect on business success. strong determination and hard work factor has a significant effect on business success and opportunities and Opportunity factors had no significant effect on business success.
Keywords: Influence Factors, Success, Entrepreneur, Micro
ABSTRAK
Perkembangan teknologi yang demikian cepat,turut mempengaruhi pola pikir atau wawasan masyarakat. Masyarakat memegang peranan penting dalam berbagai bidang. Salah satunya dalam meningkatkan perekonomian negara melalui wirausaha, saat ini banyak bermunculan usaha-usaha baru khususnya usaha mikro dan kecil, Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh faktor-faktor keberhasilan usaha berwirausaha. Populasi dalam penelitian ini adalah Wirausaha kategori usaha mikro di Kota Jambi. Pengumpulan sampel dilakukan dengan menyebarkan kuesioner dengan teknik purposive sampling kepada 97 Wirausaha yang telah memiliki usaha kategori usaha mikro. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan metode kuantitatif. Penelitian ini menggunakan alat analisis Partial Least Squareing (PLS) untuk mencari pengaruh faktor-faktor keberhasilan usaha berwirausaha. Keseluruhan analisis dihitung menggunakan program Smart PLS versi 3.
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa Faktor Kemampuan dan kemauan tidak berpengaruh signifikan terhadap Keberhasilan Usaha, faktor Tekad yang kuat dan kerja keras berpengaruh signifikan terhadap Keberhasilan Usaha, dan faktor Kesempatan dan Peluang tidak berpengaruh signifikan terhadap Keberhasilan Usaha.
Kata Kunci : Pengaruh Faktor, Keberhasilan, Wirausaha, Usaha Mikro
Unduhan
Referensi
Almaidah, S., & Endarwati, T. (2019). Analisis Pengaruh Karakteristik Wirausaha, Modal, Motivasi,
Pengalaman, dan Kemampuan Usaha terhadap Keberhasilan Usaha pada UKM Penghasil Mete di
Kabupaten Wonogiri. Seminar Nasional Edusainstek FMIPA UNIMMUS, 111–124.
Eikebrokk, T. R., & Olsen, D. H. (2007). An empirical investigation of competency factors affecting e-
business success in European SMEs. Information and Management, 44(4), 364–383.
https://doi.org/10.1016/j.im.2007.02.004
Iskandar, I. (2017). Pengaruh Kewirausahaan dan Peluang Pasar terhadap Kinerja Usaha Perdagangan
Mikro Kecil dan Menengah di Kecamatan Peureulak Kota Kabupaten Aceh Timur. Jurnal Samudra
Ekonomi Dan Bisnis, 8(1), 611–618. https://doi.org/10.33059/jseb.v8i1.200
Lukmanul Hakim, Sucihatiningsih Dian Wisiska PrajantiLukmanul Hakim, S. D. W. P. (2019). Pengaruh
Karakteristik Wirausaha, Kemampuan Manajerial, dan Tenaga Kerja Terhadap Keberhasilan Usaha
IKM. Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Semarang, Indonesia,
(1), 18–23. https://doi.org/10.15294/eeaj.v8i2.31510
Nurhayati, S. F. (2017). Analisis Kondisi Sosial Ekonomi , Kendala Dan Peluang Usaha Pedagang Kaki
Lima : Studi Pada Pedagang Kaki Lima Di Seputar Alun-Alun Kabupaten Klaten. Prosiding,
Seminar Nasional Riset Manajemen & Bisnis 2017 “Perkembangan Konsep Dan Riset E-Business
Di Indonesia, 828.
Purnama, C. (2010). Motivasi dan Kemampuan Usaha Dalam meningkatkan Keberhasilan Usaha Industri
Kecil (Studi Pada Industri Kecil Sepatu di Jawa Timur). Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan,
(2), 177–184. https://doi.org/10.9744/jmk.12.2.pp.177-184
Robb, A. M., & Fairlie, R. W. (2009). Determinants of business success : an examination of Asian-owned
businesses in the USA. 827–858. https://doi.org/10.1007/s00148-008-0193-8
Rosa, lidya. (2017). Universitas Sumatera Utara - Fakultas. https://www.usu.ac.id/id/fakultas.html
Suarmawan, K. A. (2015). SuarmawanAnalisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keberhasilan Usaha
Mikro Dan Kecil (Studi Pada Usaha Kerajinan Ingka Di Desa Bulian, Kec. Kubutambahan). Jurnal
Jurusan Pendidikan Ekonomi (JJPE) Volume: 5 Nomor:1 Tahun: 2015.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta : Bandung.
Suhartini, K., & Umar, H. (2014). No Title. Analisis Modal Kerja Industri Kecil Usaha Pertukangan
Kayu Dan Usaha Las Di Kota Palembang, Vol. 12 No(Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya), 1–
https://doi.org/10.29259/jmbs.v12i3.3177
Suryana, Y., & Bayu, K. (2010). Kewirausahaan pendekatan karakteristik wirausahawan sukses.
Kencana prenadamedia group.
Tambunan, F., & Hasibuan, R. (2018). Pengaruh Percaya Diri dan Tekad Yang Kuat Terhadap
Berwirausaha. Jurnal Administrasi Publik : Public Administration Journal, 8(2), 157.
https://doi.org/10.31289/jap.v8i2.1901
wibowo, Y. (2018). Pengaruh Kemampuan Diri Dan FaktorLingkungan Terhadap Keberhasilan
UsahaYang Dimediasi Oleh Motivasi BerwirausahaPada Usaha Mikro Jalan Malioboro
Yogyakarta.
Widjajani, S., Baraba, R., & Handayani, R. (2021). Peran karakteristik wirausahawan dan kemampuan
usaha terhadap keberhasilan usaha di masa pandemi. Jurnal Manajemen Maranatha, 21(1), 25–34.
https://doi.org/10.28932/jmm.v21i1.4098
Widyansah, I. (2021). Keberhasilan Usaha Ditinjau Dari Peluang Usaha Dan Pengelolaan Keuangan
(Studi Kasus Pada Industri Mi Soun Desa Manjung, Kecamatan Ngawen, Kabupaten Klaten).
Skripsi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan%0auniversitas Muhammadiyah Surakarta
Wiyono, G. (2011). Merancang Penelitian Bisnis dengan Alat Analisis SPSS 17.0 & Smart PLS 2.0.
Yogyakarta: Percetakan STIM YKPM