Analisis Kualitas Layanan Pengguna Website STAI Ma'arif Jambi Menggunakan Metode Webqual 4.0 dan IPA
Kata Kunci:
Website STAI Ma’arif Jambi, kualitas kegunaan, kualitas informasi, kualitas interaksi, dan kepuasan pengguna, webqual 4.0 dan IPA, SPPSAbstrak
Website STAI Ma’arif Jambi salah satu media yang dapat diakses dengan menggunakan internet. Website menyuguhkan informasi berupa teks, gambar, audio, yang menggunakan protokol HTTP. Oleh karena itu kualitas layanan yang diberikan harus berkualitas agar pengguna website merasa puas terhadap layanan yang diberikan. Metode yang digunakan yaitu metode webqual 4.0 dan importance performance analysis (IPA). Berdasarkan data dari perhitungan menggunakan rumus Slovin maka responden yang diperlukan sebanyak 156 orang, oleh karena itu dilakukan penyebaran kuesioner selama satu bulan lebih kepada mahasiswa/i dan masyarakat umum. Dimana penyebaran kuesionernya dilakukan di STAI Ma'arif Jambi dan di lingkungan sekitar jambi. Pengumpulan data pada penelitian ini diambil dari hasil kuesioner online dengan menggunakan bantuan Google Form, hasil penyebaran kuesioner yang dilakukan maka didapatlah sebanyak 156 responden, dimana responden tersebut dibagi menjadi dua katagori yaitu laki-laki dan perempuan. Data diolah dengan menggunakan software IBM SPSS Statistics 23, hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa variabel yang paling berpengaruh terhadap kepuasan pengguna website STAI Ma'arif Jambi adalah kualitas interaksi, dengan nilai t hitung sebesar 3.846%. Variabel ini lebih signifikan dibandingkan dengan kegunaan 2.799% dan kualitas informasi 3.070%. Hasil analisis juga menunjukkan bahwa peringkat tertinggi terdapat pada kualitas interaksi layanan (X3) dengan nilai 1,08%, sedangkan peringkat terendah pada kualitas informasi (X2) dengan nilai 0.93%. Nilai rata-rata kesenjangan (GAP) sebesar -0.39 mengindikasikan bahwa kualitas kinerja website belum memenuhi harapan pengguna. Selain itu, analisis kuadran IPA menekankan perlunya perbaikan pada indikator yang berada di kuadran ketiga, karena tingkat kinerja yang rendah dapat memengaruhi minat pengguna untuk mengandalkan indikator tersebut.
Unduhan
Referensi
C. K. Hsu, P. Perguruan, T. Ilmiah, and K. Dunia, “Ilmu Pelayanan: Desain untuk Penskalaan dan Transformasi Guru Besar Teknik Industri dan Sistem serta Informasi Teknologi Institut Politeknik Rensselaer Troy, NY 12180-3590.” [Online]. Available: www.onlinedoctranslator.com
R. Daigneau, Service Design Patterns: fundamental design solutions for SOAP/WSDL and restful Web Services. Addison-Wesley, 2012.
D. Endang Sri Indrawati, Ms. Muhammad Zulfa Alfaruqy, and M. Fakultas Psikologi, PEMBERDAYAAN KELUARGA DALAM PERSPEKTIF PSIKOLOGI.
R. Ruslan, “Analisis Pengaruh Kualitas Sistem, Kualitas Informasi, Kualitas Layanan Dan Perceived Usefulness Terhadap Kepuasan Pengguna Dan Kinerja Karyawan Pada Sistem Enterprise Resource Planning (Erp) Mobiz Di Pt,” Nusa Mandiri Utama, Syntax Idea, vol. 4, no. 1, 2022, doi: 10.36418/syntax-idea.v4i3.1797.
M. Zidane Amin, S. Chodiza, and L. Septiana, “PENERAPAN METODE WEBQUAL 4.0 DAN IPA DALAM ANALISA KUALITAS WEBSITE PERPUSTAKAAN MUSPERA KEMENTERIAN LHK,” EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi, vol. 9, no. 3, pp. 640–658, Aug. 2022, doi: 10.47668/edusaintek.v9i3.565.
O. Mardalena and R. Andryani, “Analisis Kualitas Layanan Website Pada Universitas Terbuka Palembang Menggunakan Metode Webqual 4.0 Dan Importance Performance Analysis (IPA),” Journal of Information Systems and Informatics, vol. 3, no. 4, 2021, [Online]. Available: http://journal-isi.org/index.php/isi
D. A. Liani, M. Fikry, and M. J. Hutajulu, “Analisa Metode Webqual 4.0 dan Importance-Performance Analysis (IPA) Pada Kualitas Situs Detik.com,” Jurnal Ilmiah Merpati (Menara Penelitian Akademika Teknologi Informasi), p. 34, Apr. 2020, doi: 10.24843/jim.2020.v08.i01.p04.
A. Faza and A. Prasetyo Utomo, “Analisa Kualitas Layanan Website PT. Masusskita United Menggunakan Metode Webqual,” vol. 15, no. 2, 2020, [Online]. Available: www.masusskita.co.id
B. S. Santoso, “ANALISIS KUALITAS WEBSITE MENGGUNAKAN METODE WEBQUAL DAN IMPORTANCE-PERFORMANCE ANALYSIS (IPA) PADA SITUS KASKUS,” 2015. [Online]. Available: www.kaskus.co.id
R. E. Riyanto and Otong Saeful Bachri, “Analisis Pengukuran Kualitas Website Terhadap Kepuasan Pengguna Berdasarkan Webqual 4.0,” 2019.
F. A. Fitrony and F. Marisa, “Analisis Kualitas Website Menggunakan Metode Webqual Pada Malang Dorm Hostel,” JOINTECS (Journal of Information Technology and Computer Science), vol. 3, no. 2, Dec. 2018, doi: 10.31328/jointecs.v3i2.784.
M. A. Athallah and K. Kraugusteeliana, “Analisis Kualitas Website Telkomsel Menggunakan Metode Webqual 4.0 dan Importance Performance Analysis Telkomsel Website Quality Analysis Using Webqual 4.0 and Importance Performance Analysis Method,” Cogito Smart Journal |, vol. 8, no. 1, 2022.
F. D. Hartanti, S. Hariyani, and T. Fayeldi, “Pengembangan media pembelajaran matematika sigeru buku pop-up berbasis etnomatematika materi kubus dan balok,” JP2M (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika), vol. 6, no. 1, p. 31, Sep. 2020, doi: 10.29100/jp2m.v6i1.1740.
E. Haryono, M. Slamet, and S. Damar, STATISTIKA SPSS 28. 2023. [Online]. Available: www.penerbitwidina.com
E. Rosita, W. Hidayat, and W. Yuliani, “UJI VALIDITAS DAN RELIABILITAS KUESIONER PERILAKU PROSOSIAL,” FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling dalam Pendidikan), vol. 4, no. 4, p. 279, Jul. 2021, doi: 10.22460/fokus.v4i4.7413.
Junaidi Chaniago, “Tabel r (Koefisien Korelasi Sederhana) df = 1-200,” 2010. [Online]. Available: http://junaidichaniago.wordpress.com
F. Muttakin, D. Dwi Aprillia, and M. Kumalasari, “Analisis Pengaruh Kualitas Layanan Website Terhadap Pengguna Akhir Menggunakan Webqual 4.0,” Jurnal CoSciTech (Computer Science and Information Technology), vol. 3, no. 3, pp. 300–308, Dec. 2022, doi: 10.37859/coscitech.v3i3.4403.
N. Aliah, “ANALISIS PROFITABILITAS PERUSAHAAN FARMASI SEBELUM DAN PADA SAAT PANDEMI COVID 19,” 2022. [Online]. Available: https://jurnal.erapublikasi.id/index.php/JMAE/index
L. Amelia and I. Pradesan, “Pengukuran Kualitas Layanan Website Terhadap Kepuasan Pengguna pada Universitas XYZ dengan Menggunakan Metode Webqual 4.0,” Jurnal Sistem dan Informatika (JSI), vol. 14, no. 1, pp. 57–63, Nov. 2019, doi: 10.30864/jsi.v14i1.249.
G. Mandias, Y. Septiawan, and M. J. Bojoh, “Analisis Kualitas Website Menggunakan Metode Webqual 4.0 Dan Ipa Terhadap Situs Sla Tompaso Website Quality Analysis Using Webqual 4.0 And Ipa Methods Of Sla Tompaso,” Cogito Smart Journal |, vol. 7, no. 2, p. 2021.
S. Aslamiyah and A. Agustina, “STRING (Satuan Tulisan Riset dan Inovasi Teknologi) PENGUKURAN KESENJANGAN PENGETAHUAN (K-GAP) MENGGUNAKAN IMPORTANCE AND PERFORMANCE ANALYSIS DAN ROOT CAUSE ANALYSIS,” 2021.