Analisis Kualitas Layanan Website Sistem Informasi Akademik STIKBA Jambi terhadap Kepuasan Pengguna menggunakan Metode Webqual 4.0
DOI:
https://doi.org/10.33998/jakakom.2023.3.2.1333Kata Kunci:
Webqual 4.0, Kepuasan Pengguna, Kualitas Informasi, Kualitas Layanan, Regresi Linear BergandaAbstrak
Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Baiturrahim (STIKBA) JAMBI merupakan sebuah perguruan tinggi swasta di JAMBI. Pada STIKBA, Website SIAKAD ini digunakan untuk menangani proses pengelolaan data akademik dan data terkait lainnya, sehingga seluruh proses kegiatan akademik dapat terkelola menjadi informasi yang bermanfaat dalam pengelolaan manajemen perguruan tinggi, pengambilan keputusan serta pelaporan di lingkungan perguruan tinggi. Namun, kenyataannya website tersebut masih belum bermanfaat dan digunakan dengan baik khususnya untuk mahasiswa STIKBA JAMBI sebagai sarana informasi. Dan ada beberapa kekurangan dan kendala pada website tersebut seperti hanya dapat mengakses materi untuk di download tetapi belum maksimalnya pemanfaatkan menu virtual class (pengumpulan tugas kuliah, diskusi online, agenda pribadi) , serta informasi yang kurang pembaharuan, kurang tepat waktu dan tampilan yang kurang menarik. Maka dari itu tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi tingkat kepuasan pengguna dalam menggunakan website SIAKAD. Metode pengumpulan data melalui kuesioner secara online yang melibatkan 100 responden dari Mahasiswa STIKBA JAMBI. Perhitungan data hasil kuesioner diolah dan dianalisis menggunakan SPSS 26. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis yang telah dilakukan variabel Usability memiliki pengaruh sebesar 3.326 terhadap kepuasan pengguna, lalu variabel kualitas informasi (Information Quality) memiliki pengaruh sebesar 2.396 terhadap kepuasan pengguna dan variabel kualitas layanan (Interaction Quality) memiliki pengaruh sebesar 1.987 terhadap kepuasan pengguna.
Unduhan
Referensi
D. Erica and H. Al Rasyid, “Pengaruh Kualitas Layanan Dan Pemanfaatan Teknologi Informasi Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan Jasa Transportasi Online Di Jakarta,” Perspektif, vol. XVI, 2018.
A. Sugito and Subandrio, “PENGARUH MEREK DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA TOKO TUPPERWARE DI KOTA BENGKULU,” J. Entrep. dan Manaj. Sains, vol. 4, 2023, [Online]. Available: www.jurnal.umb.ac.id
“Tugas dan Fungsi,” Universitas Sebelas Maret, 2022. https://akademik.uns.ac.id/
S. Rochman and Z. Hartoyo, “Analisis High Order Thingking Skills (HOTS) Taksonomi Menganalisis Permasalahan Fisika,” Educ. J., vol. 1, 2018.
D. A. Walujo, T. Koesdijati, and Y. Utomo, PENGENDALIAN KUALITAS. Surabaya: Scopindo Media Pustaka, 2020.
D. W. Ariani, Konsep Kualitas. Yogyakarta, 2020.
A. Noor, “Mengenal Arti Layanan,” QuBisa, 2021. https://www.qubisa.com/microlearning/mengenal-arti-layanan#showsummary
E. Purnamawati, “Analisis Kualitas Layanan dengan Metode Servqual dan AHP di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil di Surabaya”.
U. Rahardja, N. Lutfiani, and R. Rahmawati, “Persepsi Mahasiswa Terhadap Berita Pada Website APTISI,” Sisfotenika, vol. 8, no. 2, p. 117, 2018, doi: 10.30700/jst.v8i2.400.
A. Frisdayanti, “PERANAN BRAINWARE DALAM SISTEM INFORMASI MANAJEMEN,” vol. 1, no. 1, 2019.
R. Sidh, “PERANAN BRAINWARE DALAM SISTEM INFORMASI MANAJEMEN,” J. Comput. Bisnis, vol. 7, 2013.
S. T. Putut Wijaya, “Sistem Adalah: Pengertian, Jenis, Ciri dan Contoh,” Materi sekolah dan ide bisnis, 2022. https://www.ukulele.co.nz/sistem-adalah/amp/
O. Makplus, “Definisi dan Pengertian Informasi Menurut Para Ahli,” 2015. http://www.definisi-pengertian.com/2015/03/definisi-dan-pengertian-informasi.html?m=1 (accessed Jan. 11, 2022).
“Prestasi Mahasiswa Bidang Akademik,” Universitas Bhayangkara Jakarta Raya, 2017.
Nasri, “Apa itu User - Arti dan Tugasnya,” Pengertianesia, 2022. http://www.pengertianesia.my.id/apa-itu-user/ (accessed Jan. 11, 2022).
Panjimhs, “user - (Teknologi Informasi),” Glosarium Online. https://www.google.com/amp/s/glosarium.org/arti-user-di-komputer/%3Famp
Rizan Machmud, Kepuasan Penggunaan Sistem Informasi (Studi Kasus pada T3-Online). Gorontalo: Ideas Publishing, 2018. [Online]. Available: file:///C:/Users/windows 10/Downloads/Rizan_Machmud___Buku__Kepuasan_Penggunaan_Sistem_Informasi (2).pdf