Analisis Kepuasan Pengguna Website Parto.id Menggunakan Metode Webqual 4.0
DOI:
https://doi.org/10.33998/jakakom.2025.5.1.2279Kata Kunci:
Webqual 4.0; Pengguna; Kepuasan ; Kualitas; WebsiteAbstrak
Fenomena pembelian yang berlebihan pada website Parto.ID di lingkungan OPD Provinsi Jambi dapat menimbulkan berbagai masalah yang signifikan. Salah satunya adalah pemborosan anggaran daerah, terutama jika pembelian tersebut tidak sepenuhnya sesuai dengan kebutuhan atau penggunaannya tidak optimal. Hal ini dapat memengaruhi alokasi dana untuk program prioritas lainnya, sehingga mengurangi efisiensi pengelolaan keuangan daerah. Selain itu, pembelian yang tidak terkontrol dapat menimbulkan kurangnya transparansi dan akuntabilitas, yang berpotensi menimbulkan kecurigaan adanya ketidakefisienan atau penyalahgunaan anggaran. Akibatnya, keseimbangan antara perencanaan dan pelaksanaan program teknis juga terganggu, serta website Parto.ID menjadi kurang optimal dalam mendukung operasional OPD. Berdasarkan hasil penelitian yang menguji pengaruh usability, information quality, dan interaction service terhadap user satisfaction website Parto.id, fenomena pembelian yang berlebihan pada aplikasi ini di lingkungan OPD Provinsi Jambi dapat dijelaskan melalui beberapa faktor yang saling terkait. Pembelian yang berlebihan ini menunjukkan bahwa pengguna aplikasi, khususnya Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK), merasa puas dengan kemudahan penggunaan aplikasi (usability), kualitas informasi yang disediakan, serta kualitas interaksi layanan yang diberikan. Namun, meskipun aplikasi memberikan kepuasan pengguna yang tinggi, ketidakseimbangan dalam pengelolaan pembelian dan penggunaan aplikasi dapat menyebabkan pemborosan anggaran daerah.
Unduhan
Referensi
K. Suhada, M. Wahidin, I. Iskandar, And P. Kabupaten, “Analisis Pengaruh Kualitas Web Disbudpar Karawang Dengan Menggunakan Metode Webqual Web Disbudpar ( Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata ) Karawang Adalah Website Disbudpar Karawang Yang Perlu Diperhatikan Dalam Pengukuran Tujuan Diadakan Nya Penelitian Ini Un,” J. Interkom J. Publ. Ilm. Bid. Teknol. Inf. Dan Komun., Vol. 19, No. 1, Pp. 17–24, 2024.
M. Kartika, A. Utomo, And J. J. C. Tambotoh, “Analisis Kepuasan Pengguna Pada Website Registrasi Pendakian Taman Nasional Gunung Merbabu Dengan Metode Webqual 4.0,” J. Ris. Komputer), Vol. 10, No. 1, Pp. 2407–389, 2023.
A. Mustopa, S. Agustiani, S. K. Wildah, And M. Maysaroh, “Analisa Kepuasan Pengguna Website Layanan Akademik Kemahasiswaan (Lykan) Ubsi Menggunakan Metode Webqual 4.0,” J. Perspekt., Vol. 18, No. 1, Pp. 75–81, 2020.
K. Hapsari, Pengukuran Kualitas Website Menggunakan WebQual 4.0 terhadap Kepuasan Konsumen Zalora Indonesia. Bandung: Universitas Telkom, 2020.
I. Ispandi, R. Ramadan, R. K. Atmaja, And A. Sudradjat, “Analisis Pengaruh Kualitas Website Backpaker Jakarta Terhadap Kepuasan Pengguna Dengan Metode Webqual,” Remik (Riset Dan E-Jurnal Manaj. Inform. Komputer), Vol. 4, No. 2, P. 32, 2020.
A. R. Sanjaya, “Analisis Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pengguna Aplikasi Myars Menggunakan Metode Webqual 4.0,” J. Komput. Dan Inform., Vol. 9, No. 2, Pp. 214–222, 2021.
L. L. Nainggolan And S. Nurlela, “Anlisis Kepuasan Pengguna Aplikasi Jaki Dengan Metode Webqual,” J. Minfo Polgan, Vol. 13, No. 1, Pp. 1018–1024, 2024.
S. G. Akbar Reyhendra, Analisis Kualitas Website dengan Model WebQual 4.0 pada Pustaka.uinjambi.ac.id. Jambi: Universitas Islam Negeri Sultan Thaha Saifuddin Jambi, 2020.
A. Gani, L. A. Utami, dan S. Suparni, Penerapan Metode WebQual 4.0 dan IPA dalam Mengukur Kualitas Website VISLOG PT. Citra Surya Indonesia. Jakarta: Universitas Nusa Mandiri, 2020.
Firmansyah, “Implementasi System Usability Scale Pada Sistem Informasi Manajemen Anggaran Dan Kegiatan Di Badan Pusat Statistik,” Tek. Inform., Vol. 12, No. 3, Pp. 165–175, 2021.
Romanus Yoga Cahyono, Hertin May Wulandari, Sri Hartati, And Elisabet Yunaeti Anggraeni, Sistem Informasi Manajemen. Jawa Tengah: Nasya Expanding Manajement, 2023.
D. Devitasari, T. Wati, dan S. Sarika, Analisis Kualitas Website Tokome Menggunakan Metode WebQual 4.0 dan Importance Performance Analysis. Jakarta: Universitas Nusa Mandiri, 2020.
H. Anisyah And T. Sutabri, “Analisa Kepuasan Pengguna Terhadap Aplikasi Thatquiz Dengan Metode Webqual 4.0,” Smatika J., Vol. 13, No. 01, Pp. 131–139, 2023.
R. M. W. R. J. R. F. Zakariyah, Metodologi Penelitian Kuantitatif. Madiun: Bayfa Cendekia Indonesia, 2024.
M. Nopita, S. D. Purnamasari, And H. Yudiastuti, “Evaluasi Usability Website Sma Pgri 2 Palembang Menggunakan System Usability Scale (Sus),” J. Mantik, Vol. 6, No. 3, Pp. 3299–3307, 2022.
V. Tasril, Kecanduan Gadget Dengan Pendekayan Webqual 4.0. Sumatra Barat: Azka Pustaka, 2023.
R. A. Malik And M. R. Fimadani, Lean Ux : Pemahaman Dan Penerapan Metodologi Webqual 4.0. Yogyakarta: Jejak Pustaka, 2023.
T. Sentia, M. Mustafia, And E. Zuraidah, “Analisa Kualitas Layanan Pada E-Learning Di Sekolah Menggunakan Metode Webqual 4.0,” J. Informatics Manag. Inf. Technol., Vol. 2, No. 3, Pp. 100–108, 2022.
A. Mustopa, S. Agustiani, dan M. Maysaroh, Analisa Kepuasan Pengguna Website Layanan Akademik Kemahasiswaan (LYKAN) UBSI Menggunakan Metode WebQual 4.0. Jakarta: Universitas Bina Sarana Informatika, 2020.