Analisis Pengaruh Kualitas Interaksi Layanan, Kualitas Penggunaan, Keamanan Website Edmodo Terhadap Kepuasan Pengguna Dengan Metode Webqual
DOI:
https://doi.org/10.33998/jakakom.2023.3.1.808Abstrak
Edmodo merupakan Platfrom media social untuk pembelajaran bebrasis Learning Management System (LMS). Edmodo memberi fasilitas bagi dosen dan mahasiswa tempat yang aman untuk berkomunikasi, kolaborasi, berbagai konten dan aplikasi pembelajaran. Namun tidak banyak yang mengenal Edmodo dengan berbagai alasan dan tidak banyak mahasiswa STIKOM Dinamika Bangsa Jambi yang tau tentang Edmodo. Hal ini menimbulkan pertanyaan mendasar tentang Edmodo yaitu apakah kehadiran Edmodo dapat diterima konsumen sebagai sebuah kemajuan teknologi dalam bidang pendidikan dalam era modern ini. Penelitian ini dibuat untuk menganalisis tingkat kepuasan pengguna Edmodo menggunakan Metode WebQual dengan di landaskan 3 dimensi yaitu : Dimensi Kegunaan (Usability), Dimensi Kualitas Informasi (Information quality), Dimensi Kualitas Interaksi (Interaction quality). Penelitian ini memperoleh 100 orang responden yang pernah menggunakan Edmodo. Di pengolahan data menggunakan Software IBM SPSS 25.0 . Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa tidak pengaruh signifikan terhadap penggunaan sesungguhnya.
Unduhan
Referensi
Meningkatkan Kualitas Perencanaan Proyek Dan Efektivitas Pembelajaran Di Lingkungan Pembelajaran Yang Bersifat Asinkron , Malang :Jurnal Penelitian Ilmu Komputer universitas Bramawijaya
Wijaya, Hengki., 2018. Analisis Data Kualitatif Ilmu Pendidikan Teologi. Analisis Data Kualitatif Ilmu Pendidikan Teologi
Tjiptono, Fandy &Gregorius Chandra., 2011. Service, Quality &Satisfaction. Yogyakarta : ANDI
Gregg, D.G and Walczak, S., (20100. “The Relationship between Website Quality, Trust, and Price Premiumums at Online Auctions”. Journal of Electronic Commerce Research
Finanta Okmayura. 2018. PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN “TRAINER ARDUINO” UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU SMK DI PEKANBARU, Riau : Universitas Muhammadiyah Riau.
Monalisa, S. (2016). Analisis Kualitas Layanan Website Terhadap kepuasan Mahasiswa dengan Penerapan Metode Webqual Jurnal Sains, 13(2), 8.
Noora Qotrun Nada& Setyoningsih Wibowo, 2015, Pengukuran Kualitas Layanan Sistem Informasi Akademik Menggunakan Metode Webqual 4.0, Semarang : Jurnal Penelitian UPGRI
Duwi Priyatno., 2012, Belajar Praktis Analisis Parametrik dan Non parametric dengan SPSS, Yogyakarta : Gava Media
Masyitah, E. (2016). Faktor-faktor yang memepengaruhi pengungkapan social (social disclosure) dalam laporan keuangan tahunan perusahaan Manufaktur yang terdaftatr di bersa efek Indonesia. Jurnal Al-Qasd, i(1), 18.
Weksi Budiaji., (2013) Skala Pengukuran Dan Jumlah Respon Skala Likert Jurnal Ilmu Pertanian Dan Perikanan