Perancangan Sistem Pelayanan Pemesanan Menu Makanan Pada Rm. Mienbi Jambi Berbasis Web

Penulis

  • Muhammad Fadri Adam Universitas Dinamika Bangsa
  • Riza Pahlevi Universitas Dinamika Bangsa
  • eni rohaini Universitas Dinamika Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.33998/jakakom.2023.3.2.850

Kata Kunci:

: Perancangan, Pelayanan

Abstrak

RM. Mienbi Jambi yang merupakan usaha kuliner makanan dan beberapa minuman. atas kepemilikan Zulfahmi. RM. Mienbi Jambi memiliki beragam menu yang bisa dinikmati konsumen dengan harga yang terjangkau kendala dalam melakukan proses pemesanan yang masih menggunakan cara manual yaitu pelayanan mengunjungi pelanggan dan mencatat menu yang ingin di pesan oleh pelanggan. Sehingga saat konsumen melakukan pemesanan kerapkali terjadinya antrian yang mengharuskan konsumen untuk menunggu lama karena pelayan mencatat pesanan tidak hanya pada satu konsumen saja, serta proses transaksi dilakukan secara manual yaitu hanya menggunakan catatan sebagai media pengolahan datanya sehingga proses transaksi tersebut tidak terarsip dengan baik, mempersulit saat merekap data karena harus menyusun kembali data-data yang cukup banyak menjadi laporan untuk diserahkan ke pimpinan. Pada proses pengolahan datanya menggunakan tulis tangan, sehingga masih banyak terjadi kendala dalam pengolahan data, seperti sulitnya : Untuk mendata data Informasi pelayanan pemesanan menu RM. Mienbi Jambi, merencanakan kegiatan yang direncanakan sebelumnya karena proses pencarian data di nilai lambat, data tidak tampil otomatis sehingga harus menulis secara berulang, serta data tidak dapat saling terintegrasi karena tidak adanya database. Tujuan penelitian ini adalah untuk merancang sistem informasi pemesanan berbasis web dengan menggunakan bahasa perograman PHP dan database MySQL

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

M. Inayah, Ayu Rizka, Afriyudi, “Aplikasi Pemesanan Menu Makanan Di Rumah Makan Berbasis Web Service Menggunakan Mobile Android,” Univ. Bina Darma, Vol. 3, No. 5, Pp. 1–10, 2019.

M. Melani, R. Hutabarat, And I. G. P. B. S. Mananda, “Prosedur Penanganan Reservasi Paket Wisata Pt . Panorama Tour And Travel Denpasar,” Vol. 2, No. 2, Pp. 29–33, 2018.

J. Saeppu, T. Mary, And H. Mulyono, “Sistem Informasi Pemesanan Tiket Kapal Mentawai Fast Kota Padang Berbasis Web,” Edik Inform., Vol. 6, No. 1, Pp. 13–19, 2019.

H. S. Ancas Nuzul Nur Hidayah, “Sistem Pemesanan Menu Makanan Dan Minuman Rumah Makan Berbasis Website,” J. Insypro, Pp. 1–8, 2019.

N. Caniati, A. Lubis Ghozali, And A. Samaruddin, “Implementasi Sistem Informasi Pemesanan Menu Makanan Dan Minuman Pada Kafe Berbasis Web Menggunakan Jaringan Intranet,” J. Ilm. Ilmu Komput., Vol. 3, No. 2, Pp. 8–13, 2018.

H. Wijoyo, “Sistem Informasi Pemesanan Makanan Dan Minuman Di Rumah Makan Putri Minang Jaya,” Js (Jurnal Sekolah) Univ. Negeri Medan, Vol. 3, No. 3, Pp. 214–224, 2019.

R. Febriyansyah, A. Bijaksana, P. Negara, And N. Safriadi, “Di Restoran Berbasis Web,” Vol. 5, No. 3, Pp. 1–5, 2017.

S. Rejeki And K. F. R. K. Hantoro, “Sistem Informasi Pemesanan Menu Makanan Berbasis Web,” J., Vol. 3, No. 2, Pp. 23–30, 2019.

A. Kadir, Dasar Perancangan Dan Implementasi Database Relasional. Yogyakarta: Andi, 2020.

Aryanto, Pengolahan Database Mysql Tingkat Dasar. Yogyakarta: Andi, 2018.

J. Enterprise, Belajar Database Dari Nol. Jakarta: Pt. Elek Media Komputindo, 2019.

F. S. R. Umbara, Teknik Hebat Merancang Aplikasi Instan Dan Berkualitas. Jakarta: Pt. Elex Media Koputindo, 2019.

R. A. . Dan M. Shalahuddin, Rekayasa Perangkat Lunak. Bandung: Informatika Bandung, 2018.

A. Nugroho, Rekayasa Perangkat Lunak Berorientasi Objek Dengan Metode Usdp (Unified Software Development Process). Yogyakarta: Andi, 2019.

E. Triandini, Step Step Desain Proyek Menggunakan Uml. Yogyakarta: Andi, 2012.

R. P. Pratama, “Desain Sistem Kendali Lampu Pada Rumah Dengan Mini Webserver Avr,” Desain Sist. Kendali Lampu, Pp. 1–16, 2019.

I. Amelia Permatasari, Willy Ardy, “Aplikasi Customer Relationship Management Pada Jetset Fitness Berbasis Android,” No. X, Pp. 1–13, 2018.

Raden Budirto Hadiprakoso, Rekayasa Perangkat Lunak. Rbh, 2021.

Sari Riri Fitri And Ardiati Utami S, Rekayasa Perangkat Lunak Berorientasi Objek. Yogyakarta: Andi, 2021.

Unduhan

Diterbitkan

2023-09-30

Abstract views:

67

PDF Download:

45

DOI:

10.33998/jakakom.2023.3.2.850

Dimension Badge:

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama