Perancangan Sistem Informasi Pelayanan Pengaduan Masyarakat Kelurahan Bagan Pete Kota Jambi Berbasis Website

Penulis

  • M. Taufik Aufa Universitas Dinamika Bangsa
  • Jasmir Universitas Dinamika Bangsa
  • Eni rohaini Universitas Dinamika Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.33998/jakakom.2024.4.1.1673

Kata Kunci:

Perancangan, Pengaduan, Pelayanan, Waterfall,Web, Teknik Informatika

Abstrak

Kelurahan merupakan wilayah kerja lurah sebagai perangkat daerah kabupaten atau kota yang beralamat di Bagan Pete, kec.Kota Baru, Kota Jambi Permasalahan yang terjadi di Kelurahan Bagan Pete ini adalah penyampaian aspirasi masyarakat masih menggunakan sistem manual,sehingga membuat pihak kelurahan dan masyarakat yang ingin menyampaikan pengaduan mengalami keterbatasan. Berdasarkan permasalahan tersebut penulis bertujuan untuk membantu mempermudahkan pengaduan dan pelayanan masyarakat kelurahan Bagan Pete. Penelitian ini merujuk pada pembuatan website dengan menggunakan laravel. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah waterfall. Perancangan website ini bertujuan untuk mempermudah bagi masyarakat dan pihak kelurahan dalam proses pengaduan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

E. Y. Ningsih, I. Rosyadi, and ..., “Sistem Informasi Pengaduan Online Pada Masyarakat Kecamatan Kajen Kabupaten Pekalongan Berbasis Web Dan Android,” Membangun Inform., vol. 8, no. 1, pp. 27–35, 2020.

Hendra, “Sistem Informasi Pengaduan Masyarakat Berbasis Web Dan Sms Gateway Pada Kantor Camat Jawai,” Amik Bsi Pontianak, vol. 2, no. 01, pp. 1–70, 2017, [Online]. Available: https://repository.bsi.ac.id/index.php/repo/viewitem/357.

G. W. Sasmito, “Penerapan metode Waterfall pada desain sistem informasi geografis industri kabupaten Tegal,” J. Inform. J. Pengemb. IT, vol. 2, no. 1, pp. 6–12, 2017.

H. Larasati and S. Masripah, “Analisa dan perancangan sistem informasi pembelian grc dengan metode waterfall,” Pilar Nusa Mandiri J. Comput. Inf. Syst., vol. 13, no. 2, pp. 193–198, 2017.

M. Rahmayu, “Rancang Bangun Sistem Informasi Pada Rumah Sakit Dengan Layanan Intranet Menggunakan Metode Waterfall,” EVOLUSI J. Sains dan Manaj., vol. 4, no. 2, 2016.

A. Ardiansyah, “SISTEM E-ASPIRATION SEBAGAI WADAH PENAMPUNG ASPIRASI MASYARAKAT MENGGUNAKAN METODE WATERWALL DI DPRD KOTA SUKABUMI.” Universitas Muhammadiyah Sukabumi, 2018.

R. Pramudita, N. Safitri, and S. Solikin, “Sistem Informasi Pelayanan Pengaduan Masyarakat di Dinas Komunikasi dan Informasi Kota Bandung,” Inf. Syst. Educ. Prof. J. Inf. Syst., vol. 2, no. 1, pp. 11–20, 2017.

T. Sutabri, “Analisa Sistem Informasi, Edisi 1,” Penerbit Andi Yogyakarta, 2014.

ANGGRAENI, Elisabet Yunaeti. Pengantar sistem informasi. Penerbit Andi, Penganta Sistem Informasi. .

HUTAHAEAN, Jeperson. Konsep sistem informasi. Deepublish, Konsep sistem informasi. 2015.

S. Hanifah, “Rancang Bangun Aplikasi Pengaduan Pelanggan Berbasis Web Pada PERUMDA Air Minum Tirta Muare Ulakan Kabupaten Sambas,” JUSIBI (Jurnal Sist. Inf. dan E-Bisnis), vol. 3, no. 2, pp. 104–115, 2021.

A. Rohi, “Easy & Simple Web Programming,” Jakarta PT. Alex Komputindo, Hal, vol. 15, no. 11, pp. 4–6, 2016.

C. M. Yuhefizar and M. Membangun, “Mengelola Website,” Graha Ilmu, Yogyakarta, 2013.

A. Sidik, S. Sutarman, and M. Marlenih, “Perancangan Sistem Informasi Penjualan Perumahan Citra Raya,” J. Sisfotek Glob., vol. 7, no. 1, 2017.

A.-B. Bin Ladjamudin, “Analisis dan desain sistem informasi,” 2015.

D. Mediana and A. I. Nurhidayat, “Rancang Bangun Aplikasi Helpdesk (A-Desk) Berbasis Web Menggunakan Framework Laravel ( Studi Kasus di PDAM Surya Sembada Kota Surabaya ),” J. Manaj. Inform., vol. 8, no. 2, pp. 75–81, 2018.

B. Nugroho and S. Suhesti, Panduan Pintar Internet. Elex Media Komputindo, 2014.

D. Setiawan, Buku Sakti Pemrograman Web: HTML, CSS, PHP, MySQL & Javascript. Anak Hebat Indonesia, 2017.

S. Hidayatulloh, “Implementasi Zachman Framework dalam Perancangan Blueprint Smart Village Di Desa Candigatak.” STMIK Sinar Nusantara Surakarta, 2017.

Unduhan

Diterbitkan

2024-04-30

Abstract views:

65

PDF Download:

52

DOI:

10.33998/jakakom.2024.4.1.1673

Dimension Badge:

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 > >>