Perencanaan Arsitektur Enterprise Sistem Informasi Menggunakan TOGAF ADM Pada SMA Pelita Raya Jambi

Penulis

  • Sephia Ananda Putri Universitas Dinamika Bangsa
  • Jasmir Universitas Dinamika Bangsa
  • Silvia Rianti Universitas Dinamika Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.33998/jakakom.2023.3.1.803

Abstrak

SMA Pelita Raya Jambi adalah salah satu satuan pendidikan dengan jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA) swasta yang ada di Kota Jambi. Pada saat ini proses bisnis yang ada pada SMA ini masih belum terintergrasi dengan baik dikarenakan masih menggunakan Microsoft Word dan Microsoft Excel. Selain itu metode penyebaran informasi yang digunakan SMA yaitu dengan melalui sosial media seperti Facebook dan Whatsapp. Hal ini mengakibatkan kerepotan dalam mengakses informasi. Berdasarkan permasalahan diatas penulis mengusulkan sebuah pemodelan perencanaan arsitektur enterprise sistem informasi pada SMA Pelita Raya Jambi agar sesuai dengan kebutuhan dan strategis bisnis yang ada disana. Untuk pemodelan perencanaan sistem informasi pada SMA Pelita Raya Jambi menggunakan metode TOGAF ADM (Architecture Development Method), karena TOGAF menyediakan tahapan proses yang digunakan dalam pemodelan enterprise menawarkan langkah-langkah sistematis dalam proses perencanaan sistem informasi yang dibutuhkan oleh manajemen dan menghasilkan sebuah arsitektur enterprise yang bisa dijadikan sebagai arah dan kontrol untuk pengembangan sistem informasi kedepannya. Untuk membuat sebuah arsitektur sistem informasi dibutuhkan beberapa tahapan pada TOGAF ADM, yaitu preliminary, arsitektur bisnis, arsitektur aplikasi, arsitektur data, dan aplikasi teknologi. Berdasarkan phase TOGAF ADM yang telah dilakukan menghasilkan 34 aplikasi usulan yang dimodelkan dengan menggunakan use case diagram, class diagram, dan swimlane untuk mengintergrasikan data dan informasi sehingga dapat meningkatkan efisiensi bisnis pada SMA Pelita Raya Jambi.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

R. Fitriana dan M. Bakri, “PERANCANGAN ARSITEKTUR SISTEM INFORMASI AKADEMIK MENGGUNAKAN THE OPEN GROUP ARSITEKTURE FRAMEWORK (TOGAF),” 2019.

V. Indra, L. P. Dewi, dan Yulia, “Enterprise architecture pada Cv grande zangrandi dengan metode enterprise architecture planning (EAP),” 2019.

Y. Prasetyo, “Perencanaan Arsitektur Enterprise Smart School Menggunakan Togaf : Studi Kasus SMK Negeri 13 Bandung,” 2021.

D. N. Adi Sista, I. M. Candiasa, dan I. G. Aris Gunadi, “Perancangan Arsitektur Enterprise Sistem Informasi Menggunakan Togaf Adm Di Sma Negeri 1 Singaraja,” 2021.

Deris Santika, “Perancangan Arsitektur Enterprise Sistem Informasi Sekolah Dengan Menggunakan TOGAF ADM (Studi Kasus : SMK Informatika Sumedang),” 2016.

M. Idhom, R. B. Putra, S. Sugiarto, dan B. Nugroho, “Perencanaan Enterprise Architecture Menggunakan Framework Togaf Adm Studi Kasus : Smp Al-Islam Krian Sidoarjo,” 2018.

S. Rachman dan D. Kurniadi, “Perencanaan Arsitektur Enterprise Sistem Informasi SMK Negeri 4 Pariaman Menggunakan TOGAF Architecture Development Method (ADM),” 2020.

J. J. Djumoko dan Augie David Manuputty, “Perencanaan Arsitektur Enterprise Di Language Training Center-UKSW Menggunakan Framework,” 2021.

Z. Rifai, T. Bratakusuma, dan R. Arvianti, “Perencanaan Arsitektur Enterprise Desa Dengan Kerangka Kerja TOGAF ADM,” 2020.

M. Fahrizal, K. Sandy, dan R. Ramadhan, “Entreprise Architecture pada SMK Negeri 3 Pontianak,” 2018.

K. D. H. Adimas Agil Pangestu, “Perencanaan Arsitektur Enterprise Menggunakan Togaf Adm Pada Dispora Kota Salatiga,” 2021.

H. N. Syaddad, “Perancangan Model Arsitektur Sistem Informasi Di Perguruan Tinggi Menggunakan Togaf Architecture Development Methode (ADM) (Studi Kasus: Universitas Suryakancana),” 2015.

Rosa dan Shalahuddin, “Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek,” Informatika Bandung. 2017.

R. Destriana, S. M. Husain, N. Handayani, dan A. T. P. Siswanto, “Diagram UML Dalam Membuat Aplikasi Android Firebase ,” 2021.

S. Mulyani, “Metode Analisis dan Perancangan Sistem - Google Books,” 2017.

R. Habibi, “Perencanaan Portofolio Aplikasi pada STMIK Bina Patria Magelang dengan Menggunakan Metode Ward and Peppard,” 2016.

Y. Firmansyah dan D. Purwaningtias, “Analisa Metodologi Ward & Peppard Dalam Penentuan Perencanaan Strategis SI/TI,”2017.

Unduhan

Diterbitkan

2023-04-30

Abstract views:

509

PDF Download:

552

DOI:

10.33998/jakakom.2023.3.1.803

Dimension Badge:

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>