Analisis Dan Perancangan Sistem Electronic Customer Relationship Management (E-Crm) Pada Otoxpert Jambi
DOI:
https://doi.org/10.33998/jakakom.2025.5.2.2300Kata Kunci:
Analisis, : Perancangan, Customer Relationship Management, Website, UMLAbstrak
Otoxpert Jambi adalah salah satu perusahaan yang bergerak dibidang otomotif dengan fokus melakukan servis ringan atau quick service. Dimana pada sistem yang sedang berjalan terdapat beberapa masalah dalam memperoleh pelanggan baru, meningkatkan hubungan dengan pelanggan, dan mempertahankan pelanggan. Berdasarkan permasalahan yang ada di Otoxpert Jambi mememerlukan sebuah sistem Customer Relationship Management (CRM) berbasis web yang dapat membantu pihak Otoxpert Jambi maupun pelanggan dalam menjalin hubungan baik. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis hubungan layanan antara perusahaan dengan pelanggan dan merancang sistem Electronic Customer Relationship Management (E-CRM) berbasis web untuk menciptakan hubungan yang lebih baik antara perusahaan dengan pelanggan melalui fitur-fitur dalam website. Penulis melakukan perancangan yang berorientasi object mencakup use case diagram, activity diagram, class diagram, rancangan tampilan, tabel struktur database dan implementasi tampilan. Hasil penelitian ini adalah implementasi sistem E-CRM yang berbasis web yang mampu membantu menyelesaikan masalah-masalah yang terutama pada masalah layanan pelanggan ada pada Otoxpert Jambi sehingga E-CRM dapat berjalan dengan baik.
Unduhan
Referensi
W. M. Kifti dan W. Swaradana, “ANALISIS DAN PERANCANGAN E-MARKETING DENGAN KONSEP CUSTOMER RELATIONSHIP MANAJEMEN (CRM),” 2020.
R. Syabania dan N. Rosmawani, “Perancangan Aplikasi Customer Relationship Management ( Crm ) Pada Penjualan Barang Pre-Order Berbasis Website,” Rekayasa Informasi, vol. 10, no. 1, 2021.
Abdurohim dkk., CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT Strategi Pengembangan Pelanggan, 1 ed., vol. 1. Purbalingga: : EUREKA MEDIA AKSARA, DESEMBER 2022 ANGGOTA IKAPI JAWA TENGAH NO. 225/JTE/2021, 2022.
S. P. Pelanggan dkk., “CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT PENERBIT CV. EUREKA MEDIA AKSARA.”
A. Ibnu, “Rekayasa Perangkat Lunak Dengan Model Unified Process Studi Kasus: Sistem Informasi Journal,” Jurnal Pilar Nusa Mandiri, vol. 12, no. 1, 2022.
M. Z. Nurdianto dan E. Yulianingsih, “Sistem Informasi Penjualan Gazebo dan Rumah Kayu Berbasis Web Menggunakan Metode CRM (Customer Relationship Management),” JUPITER (Jurnal Penelitian Ilmu dan …, 2023.
S. Mulyani, “Metode Analisis dan Perancangan Sistem - Google Books,” 2020.
Y. Wahyudin dan D. N. Rahayu, “Analisis Metode Pengembangan Sistem Informasi Berbasis Website: A Literatur Review,” Jurnal Interkom: Jurnal Publikasi Ilmiah Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi, vol. 15, no. 3, 2020, doi: 10.35969/interkom.v15i3.74.
M. Susilo, “RANCANG BANGUN WEBSITE TOKO ONLINE MENGGUNAKAN METODE WATERFALL,” InfoTekJar (Jurnal Nasional Informatika dan Teknologi Jaringan), vol. 2, no. 2, hlm. 98–105, Mar 2018, doi: 10.30743/infotekjar.v2i2.171.
H. Larasati dkk., “ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PEMBELIAN GRC DENGAN METODE WATERFALL,” Jurnal Pilar Nusa Mandiri, vol. 13, no. 2, 2017.
S. Anardani, Perancangan Sistem Berorientasi Objek Dengan Pemodelan UML (Unified Modeling Language) Tools, no. Oktober. 2019.
D. E. Siswati, D. Sofiah, N. Iradawaty, dan N. Imamah, “CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT DAN IMPLEMENTASINYA PADA PERUSAHAAN KECIL PENERBIT CV.EUREKA MEDIA AKSARA.”
Ahmad Hidayat, “Perancangan dan Pengembangan Sistem Informasi,” Universitas Negeri Medan – Fakultas Ekonomi – Bisnis Digital, vol. 5, no. 2, 2020.
W. Yanto dan H. Mulyono, “Electronic Customer Relationship Management (E-CRM) Berbasis Web Pada Nada Salwa Tour & Travel Jambi,” 2022.
Munawar, “Analisis Perancangan Sistem Berbasis Objek dengan UML,” 2018.
Teguh Wahyono, “Sistem Informasi: Konsep Dasar, Analisis Desain dan Implementasi,” Yogyakarta: Graha Ilmu, hlm. 120, 2020.
H. Fuad, S. Sutarman, dan Y. Yayah, “Perancangan Sistem Infomasi Customer Relationship Management Pelayanan Berbasis Web di PT Sahabat Kreasi Muda,” JURNAL SISFOTEK GLOBAL, vol. 8, no. 1, Jun 2018, doi: 10.38101/sisfotek.v8i1.160.