Sistem Informasi Adminstrasi Penggajian Berbasis Web Pada Institut Agama Islam An-Nadwah Kuala Tungkal

Penulis

  • Agus Khairuddin Universitas Dinamika Bangsa
  • Beni Purnama Universitas Dinamika Bangsa
  • Joni Devitra Universitas Dinamika Bangsa

Kata Kunci:

Sistem Informasi, Administrasi, Penggajian, UML, Prototype

Abstrak

Abstrak Berkembangya kemajuan teknologi memicu suatu mekanisme sistem yang baru dalam kehidupan, dari kehidupan bermula hingga berakhir, kebiasaan hidup ini lebih dikenal dengan e-life, yang artinya eleketronik yang mempengarui berbagai keinginan dan kebutuhan untuk bertahan hidup. Sistem administrasi penggajian yang sedang berjalanan pada Institut Agama Islam An-Nadwah Kuala Tungkal walaupun sudah menggunakan sistem office seperti excel namun masih tergolong konvesional, terlihat pada pengelolaannya masih menggunakan buku agenda dan penyampaian slip penggajian yang hanya menggunakan potongan screenshot data pada excel, sehingga menimbulkan kesalahan dan pengurangan pemberian upah pada karyawan. Hal inilah yang mendorong peniti untuk melakukan penelitian dengan tujuan menganalisis dan merancang sistem informasi administrasi penggajian berbasis web dengan menggunakan metode unified modeling languange (UML) serta merancang prototype sistem yang diharapkan dapat menyelesaikan permasalahan yang terjadi pada sistem penggajian yang dijalankan saat ini. Perancangan sistem administrasi penggajian berbasis web ini menghasilkan sebuah rancangan sistem informasi berupa protype untuk mempermudah, merapikan sistem penggajian dan tentunya menjawab permasalahan dalam merealisasikan kegiatan penggajian untuk karyawan.

Kata Kunci: Sistem Informasi, Administrasi, Penggajian, UML, Prototype

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

W. Wardiana et al., “Perkembangan Teknologi Informasi di Indonesia * ).”

Hariyanto & Aulia, Risma Nurul.(2021) Perancangan Sistem Informasi Penggajian Karyawan Pt. Perentjana Djaja Jakarta Selatan Berbasis Java. In: Semnas Ristek (Seminar Nasional Riset dan Inovasi Teknologi)

Indyah Hartami Santi. 2020. Analisa Perancanga Sistem. Jawa Tengah. NEM- Anggota

Ikapi. “document (1)”.

M. Halimah, “Konsep dan Ruang Lingkup Administrasi Perkantoran.”

C. Mutia and J. Devitra, “Sistem Informasi Penggajian Berbasis Web Pada PT. Rudi Agung Agralaksana,” 2023.

A. M. Nurul Aksa, “Jurnal Ilmiah Sistem Informasi dan Teknik Informatika ‘JISTI’ SISTEM INFORMASI PENGELOLAAN ADMINISTRASI DAN PENGGAJIAN PEGAWAI PADA KANTOR WILAYAH KEMENTRIAN AGAMA KABUPATEN SOPPENG.”

R. Destriana et al., Diagram UML Dalam Membuat Aplikasi Android Firebase" Studi Kasus Aplikasi Bank Sampah". Deepublish, 2021.

B. Fitriani, T. Angraini, Y. Hadi Guna Putra, S. Informasi, S. Pontianak Jl Merdeka Barat No, and P. Kalimantan Barat, “Seminar Nasional Sistem Informasi dan Teknologi Informasi 2018 SENSITEK 2018 STMIK Pontianak,” 2018.

O. : Yati and S. Mulyali, “KONSEP SISTEM INFORMASI.”

N. Y. Arifin et al., Analisa Perancangan Sistem Informasi. Cendikia Mulia Mandiri, 2022.

N. Ahmad et al., Analisa & Perancangan Sistem Informasi Berorientasi Objek. Penerbit Widina, 2022.

“referensi 01-jurnal-informatika-mulawarman-feb-2011”.

R. S. Astuti, H. Warsono, and Abd. Rachim, Collaborative governance : dalam perspektif administrasi publik.

Laudon, Kenneth C;& Laudon, Jane P. 2012.Management Information Systems (Managing The Digital Firm). Twelfth Edition. United States of America : Pearson Education Inc

Lasimin, L. (2020). Sistem Informasi Penggajian PT. Kalisha Utama Ghani Cilacap Menggunakan Framework Laravel. INFORMATION MANAGEMENT Mujiati, H.

Ma'Mur, Muhammad; LIA, Lita; HAFIZ, Aliy. (2019). Metode Extreme Programming DalamMembangun Aplikasi Kos-Kosan Di Kota Bandar Lampung Berbasis Web. Jurnal Cendikia

Pressman, Roger S. 2010. Software Engineering : A Practitioner’s Approach. Fifth Edition. New York : McGraw Hill.

Purnomo & Andi. (2016). Hubungan Kenaikan Nilai Upah Minimum Regional (UMR) dengan Nilai Upah Pekerjaan Borong dalam Kegiatan Konstruksi Bangunan Gedung. Teknisia

O’Brien, J.A. & Markas, G.M, 2010. Introduction to Information System, 15 th Ed, McGraw-Hill/Irwin, New York.

Unduhan

Diterbitkan

2024-09-30

Abstract views:

4

PDF Download:

0

Dimension Badge: