Perancangan Sistem Informasi Penggajian Berbasis Web Pada PT Kiki Ratu Intan Express

Penulis

  • Lusiana Universitas Dinamika Bangsa
  • Agus Nugroho Universitas Dinamika Bangsa
  • Despita Meisak Universitas Dinamika Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.33998/jakakom.2023.3.2.1464

Kata Kunci:

Perancangan, Sistem Informasi, Penggajian, Web

Abstrak

- PT Kiki Ratu Intan Express adalah suatu layanan jasa yang bergerak di bidang ekspedisi. Sistem penggajian yang ada pada PT Kiki Ratu Intan Express masih menggunakan komputerisasi namun sederhana menggunakan Microsoft Excel. Pembuatan laporan yang dimana harus merekap dan mengecek kembali data apabila ada pembaharuan data dan juga kemungkinan adanya kehilangan data. Pemotongan pinjaman yang masih manual dengan menginput data pada saat akan melakukan penggajian. Untuk mencapai hasil yang baik maka perlu dilakukan pemeriksaan secara berulang - ulang, sehingga untuk mengelola dan membuat laporan penggajian menjadi lebih lama. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang suatu sistem informasi penggajian dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan DBMS MySQL. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan sistem waterfall (air terjun) dan menggunakan metode UML (Unified Modelling Language) dengan membuat pemodelan sistem seperti use case diagram, activity diagram, dan class diagram. Hasil dari penelitian ini adalah sistem yang dapat memberikan kemudahan bagi pengguna sistem dalam mengakses informasi - informasi yang dibutuhkan, memudahkan dalam mengelola data - data yang berkaitan dengan penggajian agar dapat mengurangi kesalahan perhitungan dalam pengolahan datanya serta dapat menyajikan suatu laporan dengan cepat dan lebih akurat sehingga menampilkan informasi secara lengkap.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Mulyadi dkk., “Sistem Informasi Penggajian Karyawan Berbasis Web Pada Badan Musyawarah Warga Delatinos Tangerang Selatan,” IJCIT (Indonesian Journal on Computer and Information Technology), vol. 4, hlm. 89–99, 2019.

D. E. Agrianto, “Perancangan Sistem Informasi Penggajian Pegawai Berbasis Web di Perusahaan Bumi Indo Mojokerto,” Thesis, Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum, 2015.

Veronica, “Perancangan Sistem Informasi Penggajian Karyawan Pada PT. Wahyu Perdana Persada,” Skripsi Tesis, Universitas Dinamika Bangsa , Jambi, 2020.

E. S. Munthe, “Perancangan Sistem Informasi Gaji Karyawan Pada CV. Anang Fahmi Jaya,” Skripsi Tesis, Universitas Dinamika Bangsa , Jambi, 2020.

A. Ghonzales, “Perancangan Sistem Informasi Penggajian Karyawan Pada PT. Tunas Utama Alumindo Jambi,” Skripsi Tesis, Universitas Dinamika Bangsa, Jambi, 2022.

C. Novita, “Analisis dan Perancangan Sistem Penggajian Karyawan Pada PT. Sumber Rezeki Tirta Jambi,” Skripsi Tesis, Universitas Dinamika Bangsa, Jambi, 2020.

D. Leonardo, “Perancangan Sistem Informasi Penggajian Karyawan Pada CV. Putra Mandiri Jambi,” Skripsi Tesis, Universitas Dinamika Bangsa, Jambi, 2020.

I. Sommerville, Software Engineering Tenth Edition. England: Pearson, 2016.

R. A. Sukamto dan M. Shalahuddin, Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek (Edisi Revisi). Bandung : Informatika, 2018.

M. Marini, “Prototype Sistem Informasi Administrasi Pengadaan Barang Dengan Teknologi RFID,” Sistem Informasi dan Manajemen Basis Data (SIMADA), vol. 2, no. 1, hlm. 1–14, 2019.

B. Unhelkar, Software Engineering With UML . Florida: Auerbach Publications : CRC PRESS, 2018.

Y. Heriyanto, “Perancangan Sistem Informasi Rental Mobil Berbasis Web Pada PT. APM Rent Car,” Jurnal Intra-Tech, vol. 2, no. 2, hlm. 64–77, 2018.

F. Suprapto, Rekayasa Perangkat Lunak. Jakarta: Lentera Ilmu Cendikia, 2018.

Fatmasari dan S. Sauda, “Pemodelan Unified Modeling Language Sistem Informasi Enterprise Resource Planning,” Jurnal Media Informatika Budidarma, vol. 4, hlm. 429–436, Apr 2020.

A. Hendini, “Pemodelan Uml Sistem Informasi Monitoring Penjualan Dan Stok Barang (Studi Kasus: Distro Zhezha Pontianak),” Jurnal Khatulistiwa Informatika, vol. 4, no. 2, hlm. 107–116, 2016.

Munawar, Analisis Perancangan Sistem Berorientasi Objek dengan UML (Unified Modelling Language). Bandung: Penerbit Informatika, 2018.

M. Destiningrum dan Q. J. Adrian, “Sistem Informasi Penjadwalan Dokter Berbasis Web Dengan Menggunakan Framework Codeigniter (Studi Kasus : Rumah Sakit Yukum Medical Centre),” Jurnal Teknoinfo, vol. 11, hlm. 30–37, 2017.

Unduhan

Diterbitkan

2023-09-30

Abstract views:

96

PDF Download:

70

DOI:

10.33998/jakakom.2023.3.2.1464

Dimension Badge:

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama