Perancangan sistem informasi penjualan produk thrift pada weststyle_jmb jambi berbasis web

Penulis

  • Ahmad sergi Wiranata Universitas Dinamika Bangsa
  • Agus Nugroho Universitas Dinamika Bangsa
  • Roby Setiawan Universitas Dinamika Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.33998/jakakom.2023.3.1.777

Abstrak

Weststyle_jmb adalah sebuah toko yang menjual aneka Thrift yang lengkap dan up to date penjualan produk dilakukan pada hari kamis dan minggu, yang beralamat di PT. Toko Ladang Swarnadwipa JL. Wali Songo RT.03 Kenali Besar, Kota Jambi. Sebelumnya pada Weststyle_jmb dalam mengelola data-datanya masih dengan cara konvensional, sehingga membutuhkan waktu yang lama dalam proses pengecekan, perhitungan, pembuatan laporan dan jangkauan ruang lingkup penjualan hanya di sekitar wilayah Weststyle_jmb Jambi sehingga kebanyakan pembeli adalah orang yang sama atau pelanggan tetap saja. Sulitnya mengukur tingkat produktivitas perusahaan karena data hasil transaksi tidak tersimpan dengan baik. Belum adanya bukti transaksi seperti bukti penjualan barang atau pembelian barang, sehingga terjadinya selisih atau kesalahan dalam pembuatan laporan penjualan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa sistem yang sedang berjalan, agar dapat mengatasi masalah-masalah yang dihadapi khususnya bagian penjualan produk Thrift pada Weststyle_jmb, dengan cara merancang sistem informasi penjualan produk Thrift Berbasis Web. Tahapan yang akan dilakukan dalam penyelesaian masalah yaitu, dengan cara mengamati, meneliti, dan mengkaji lebih dalam lagi masalah apa yang ada pada Weststyle_jmb Jambi. Langkah berikutnya adalah melakukan pencarian terhadap landasan teori yang diperoleh dari berbagai buku, pengumpulan data dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi, pembuatan laporan, serta menggunakan metode pengembangan sistem waterfall. Sehingga menghasilkan sistem informasi penjualan produk Thrift Pada Weststyle_jmb Berbasis Web.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

S. Fachrurrazi, “Peramalan Penjualan Obat Menggunakan Metode Single Exponensial Smoothing Pada Toko Obat Bintang,” J. Techsi, Vol. 7, No. 1, Pp. 19–30, 2022.

S. H. Musa, “Evaluasi Sistem Pengendalian Manajemen Untuk Meningkatkan Kinerja Manajer Penjualan Pada Pt. Hasjrat Abadi Manado(New),” J. Ris. Ekon. Manajemen, Bisnis Dan Akunt., Vol. 1, No. 4, Pp. 1790–1798, 2021.

J. Wadoyo, Kreatif. Tanggerang: Program Studi Manajemen, 2020.

D. Y. Zai, Y. Novianto, And A. Sadikin, “Perancangan Penjualan Pada Toko Fuad Fashion Berbasis Web,” J. Process., Vol. 2, No. 3, Pp. 73–74, 2018.

T. Herdayati, D. Z. Abidin, And Hendrawan, “Rancangan Sistem Penjualan Pada Toko Qori Fashion Jambi,” J. Process., Vol. 1, No. 2, Pp. 105–112, 2019.

H. W. Tompodung, “Pembuatan Sistem Informasi Penjualan Tas Dengan Pesanan Khusus Henri Wilson Tompodung,” Vol. 2, No. 2, Pp. 1–16, 2019.

F. Irhamni, B. K. Khotimah, And B. D. Satoto, “Sistem Informasi E-Commerce Produk Unggulan,” Vol. 2, No. 3, Pp. 183–190, 2018.

L. Pujiastuti, Fatmasari, D. Monika, And Solikhun, Sistem Informasi Desa (Aplikasi Pengolahan Data Nokta Agama). Sumatra Utara: Yayasan Kita Menulis, 2021.

Y. Supardi, Semua Bisa Menjadi Programer Vb 2012 Case Study. Jakarta: Pt. Elex Media Koputindo, 2021.

H. Purnomo, Permodelan Dan Simulasi Untuk Pengelolaan Adaptif Seumber Daya Alam Dan Lingkungan. Bogor: Ipb Press, 2019.

Henderi, U. Rahardja, And E. Rahwanto, Uml Powered Design System Using Visual Paradigm. Malang: Literasi Nusantara Abadi, 2021.

D. Yendrianof, Romindo, A. N. Sari, And H. Tantriawan, Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi. Sumatra Utara: Yayasan Kita Menulis, 2022.

R. Destriana, S. M. Husein, N. Handayani, And A. T. P. Siswanto, Diagram Uml Dalam Membuat Aplikasi Android Firebase. Yogyakarta: Deepublish, 2021.

R. A. . Dan M. Shalahuddin, Rekayasa Perangkat Lunak. Bandung: Informatika Bandung, 2018.

A. Nugroho, Rekayasa Perangkat Lunak Berorientasi Objek Dengan Metode Usdp (Unified Software Development Process). Yogyakarta: Andi, 2019.

S. Mulyani, Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Manajemen Keuangan Daerah Notasi Pemodelan Unified Modeling Language (Uml). Bandung: Abdi Sistematika, 2019.

Indrajani, Database Design. Jakarta: Pt. Elex Media Koputindo, 2018.

Unduhan

Diterbitkan

2023-04-30

Abstract views:

220

PDF Download:

356

DOI:

10.33998/jakakom.2023.3.1.777

Dimension Badge: