Perancangan Aplikasi Pembelajaran Dasar Bahasa Jepang Berbasis Android Dengan Implementasi Algoritma Fisher-Yates Shuffle

Penulis

  • Reyca Liani Chandra Universitas Dinamika Bangsa
  • Beny Beny Universitas Dinamika Bangsa
  • Agus Nugroho Universitas Dinamika Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.33998/jakakom.2023.3.1.718

Abstrak

The ability of a foreign language is a distinct advantage for an individual. One of the most popular foreign languages is Japanese. Based on a questionnaire that has been conducted to 44 respondents, 65.9% have an interest in learning Japanese for various reasons. Then 93.8% stated that the Japanese language learning media was not enough. This application contains basic Japanese material such as katakana, hiragana, kanji, and grammar material that is equipped with questions that can be done by the user. This application is made by implementing the Fisher-Yates Shuffle algorithm which is used to randomize the questions contained in this application. So that users can work on questions repeatedly.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

W. Danasasmita, “Guru Bahasa Jepang di Indonesia: Peluang dan Tantangan,” Tersedia pada http//www. Acad. edu/6127417 …, pp. 1–15, 2019, [Online]. Available: https://www.academia.edu/download/33028751/Artikel_Gr_B.Jepang.pdf.

A. Isyam, “Strategi-Strategi Belajar Bahasa Asing,” Ling. Didakt. J. Bhs. dan Pembelajaran Bhs., vol. 4, no. 2, p. 86, 2011, doi: 10.24036/ld.v4i2.1259.

T. Nurrita, “Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa,” J. Phys. Conf. Ser., vol. 1321, no. 2, pp. 171–187, 2019, doi: 10.1088/1742-6596/1321/2/022099.

M. A. Hasan, S. Supriadi, and Z. Zamzami, “Implementasi Algoritma Fisher-Yates Untuk Mengacak Soal Ujian Online Penerimaan Mahasiswa Baru (Studi Kasus : Universitas Lancang Kuning Riau),” J. Nas. Teknol. dan Sist. Inf., vol. 3, no. 2, pp. 291–298, 2017, doi: 10.25077/teknosi.v3i2.2017.291-298.

T. Listyorini and A. Widodo, “Perancangan Mobile Learning Mata Kuliah Sistem Operasi Berbasis Android,” Simetris J. Tek. Mesin, Elektro dan Ilmu Komput., vol. 3, no. 1, p. 25, 2013, doi: 10.24176/simet.v3i1.85.

O. Alexander and U. Suprihadi, Tutorial Membuat Aplikasi Sederhana Menggunakan Android Studio. Bandung: Penerbit MEdia Sains Indonesia, 2021.

Jubilee Enterprise, Pengantar Pemrograman Kotlin. Elex Media Komputindo, 2021.

R. Fitria Purnomo, O. W.Purbo, and R. A. Aziz, Firebase Membangun Aplikasi Berbasis Android. Yogyakarta: ANDI, 2020.

N. Septian Husni and M. Alam Syah, Membangun Ojek Online Menggunakan Firebase - UDACODING. UDACODING, 2019.

R. J. Tungga and F. Amin, “Aplikasi Bahasa Jepang Untuk Turis Indonesia Yang Ada Di Jepang,” pp. 978–979, 2020.

T. Sugihartono and R. R. Chrisna Putra, “Penerapan Algoritma Fisher Yates untuk Pengacakan Soal Pada Sistem Ujian Kompetisi Wartawan,” Infotek J. Inform. dan Teknol., vol. 4, no. 2, pp. 238–248, 2021, doi: 10.29408/jit.v4i2.3635.

G. Akbar and M. Linda, “Aplikasi pembelajaran trigonometri berbasis android menggunakan algoritma fisher yates shuffle,” J. Tek. Komput., vol. III, no. 2, pp. 114–119, 2017.

R. Priantama and Y. Priandani, “Implementasi Algoritma Fisher Yates Untuk Pengacakan Soal Pada Aplikasi Mobile Learning Kuis Fiqih Berbasis Android,” Nuansa Inform., vol. 13, no. 2, p. 40, 2019, doi: 10.25134/nuansa.v13i2.1951.

A. Wijaya, Y. Apridiansyah, J. T. Informatika, and U. M. Bengkulu, “Penerapan Algortima Fisher Yates Shuflle Pada Media Pembelajaran Mapel Agama Islam Berbasis Android,” vol. 6, no. 1, 2020.

R. Susanto and A. Dara Andriana, “PERBANDINGAN MODEL WATERFALL DAN PROTOTYPING UNTUK PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI,” 2016, [Online]. Available: https://repository.unikom.ac.id/30459/.

D. N. Seputro and H. Syaputra, “Perangkat Lunak Try Out Ujian Semester Berbasis Web Menggunakan Algoritma Fisher-Yates Shuffle.”

A. Farisi, “Analisis Perbandingan Algoritma Fisher Yates Shuffle dan Naive Shuffle,” pp. 1–10, 2018.

Unduhan

Diterbitkan

2023-04-30

Abstract views:

225

PDF Download:

222

DOI:

10.33998/jakakom.2023.3.1.718

Dimension Badge: