Perancangan UI/UX Fitur Free Trial Pada Aplikasi Netflix Dengan Metode Design Thinking Proyek Kampus Merdeka Mitra PT. Zona Edukasi Nusantara (ZENIUS)
DOI:
https://doi.org/10.33998/jakakom.2024.4.1.1470Kata Kunci:
Free trial, Netflix, User Interface, User Experience, Design thinkingAbstrak
Netflix merupakan aplikasi streaming vidio on-demand yang sangat popular di kalangan masyarakat. Namun, tidak sedikit jumlah pengguna baru yang merasa dirugikan dengan kebijakan harus berlangganan terlebih dahulu sebelum dapat mengakses aplikasi. Maka dari itu penulis mempunyai gagasan untuk membuat rancangan desain User Interface dan User Experience fitur free trial pada aplikasi Netflix.
Dalam rancangan ini penulis menggunakan metode Design Thinking yang banyak digunakan UI/UX Designer untuk merancang sebuah aplikasi. Selama pembuatan peulis dibantu oleh Mentor untuk desain dan perapannya. Dan hasilnya penulis telah berhasil membuat rancangan desain yang selanjutnya dapat diimplementasikan oleh pihak Netflix.
Unduhan
Referensi
Zenius.net 2022, About. Diakses pada 28 Mei 2023, https://www.zenius.net/about/
Zenpro.id 2022, Kampus Merdeka. Diakses pada 28 Mei 2023, https://zenpro.id/kampusmerdeka
Kemendikbud. 2020. Buku Panduan Merdeka Belajar – Kampus Merdeka.Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Kemdikbud RI
Anggreini D, Yanuar T, “PERNGARUH SIKAP TERHADAP FREE TRIAL DAN PRICE DISCOUNT TERHADAP INTENSITAS MENDAFTAR DENGAN MODERASI BRAND IMAGE”, 2017
Wikipedia, Netflix, 2023, https://id.wikipedia.org/wiki/Netflix
A. S. Wahyuni and A. O. . Dewi, “Persepsi Pemustaka Terhadap Desain Antarmuka Pengguna (User Interface) Aplikasi Perpustakaan Digital
M. B. Wiryawan, “User Experience (Ux) sebagai Bagian dari Pemikiran Desain dalam Pendidikan Tinggi Desain Komunikasi Visual,” Humaniora, vol. 2, no. 2, p. 1158, 2011.
Ni Luh Putri, “Evaluasi Aspek, Usability Pada Aplikasi Simalu Menggunakan Metode Usability Testing” Vol.7, No.2, 2019.
Kesuma F, ”PERANCANGAN USER EXPERIENCE APLIKASI PESAN ANTAR DALAM KOTA MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING (STUDI KASUS: KOTA BANDAR LAMPUNG), Vol. 3, No. 2, 2022
Syarif M, “PENERAPAN USER CENTERED DESIGN (UCD) PADA WIREFRAME DESAIN USER INTERFACE DAN USER EXPERIENCE APLIKASI SINOPSIS FILM”, Vol. 2, No. 1, 2022.
T. H. Maria, Wireframe: 3 elemen dan bedanya dengan mockup dan prototype, 2022, https://www.ekrut.com/media/wireframe-adalah
P. Roger S. Pressman, Rekayasa Perangkat Lunak pendekatan praktisi. KOTA MAKASSAR: ANDI, 2012.