Perancangan E-Commerce Produk Fashion Pada Gorgeous Butik Jambi Berbasis Web

Penulis

  • Nabila Humairo Universitas Dinamika Bangsa
  • Agus Nugroho Universitas Dinamika Bangsa
  • Roby Setiawan Universitas Dinamika Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.33998/jakakom.2023.3.1.778

Abstrak

Gorgeous Butik Jambi adalah sebuah toko yang menjual aneka fashion wanita yang lengkap dan up to date dengan alamat di Jl. Jend. A. Thalib, Pematang Sulur, Kec. Telanaipura, Kota Jambi. Saat ini kegiatan jual beli di Gorgeous Butik Jambi masih dilakukan dengan cara konvensional sehingga menyebabkan rendahnya jangkauan angka penjualan dan kurang informasi produk pada Gorgeous Butik Jambi. Konsumen biasanya berasal dari area sekitar toko saja, sehingga rendahnya angka penjualan dan kurangnya infomasi produk. Gorgeous Butik Jambi yang masih offline memerlukan modal yang lebih besar. Mulai dari menyediakan produk secara fisik, tempat, biaya sewa pembangunan serta pembayaran gaji karyawan, karena basis toko offline masih terbilang kurang informasi penjualan. Tujuan penelitian ini adalah untuk merancang E-commerce, produk fashion berbasis web yang mampu memberi solusi atas permasalahan yaitu persediaan, penjualan, pembelian, customer dan supplier pada Gorgeous Butik Jambi. Kerangka kerja penelitian tahapan yang akan dilakukan dalam penyelesaian masalah yaitu, melakukan identifikasi, pencarian informasi berdasarkan landasan teori, pengumpulan data dengan metode observasi dan wawancara serta menganalisis untuk mencari solusi atas permasalahan yang di hadapi Gorgeous Butik Jambi. Permodelan perancangan sistem informasi penjualan pada Gorgeous Butik Jambi menggunakan Metode UML (Unified Modeling Languange) yang terdiri dari Usecase diagram, Activity diagram dan Class diagram sehingga menghasilkan aplikasi pengolahan data yang diharapkan dapat mempermudah dalam pengolahan data maupun pembuatan laporan serta dapat memberikan kemudahan dalam melakukan transaksi pembelian produk secara online.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

S. Fachrurrazi, “Peramalan Penjualan Obat Menggunakan Metode Single Exponensial Smoothing Pada Toko Obat Bintang,” J. Techsi, Vol. 7, No. 1, Pp. 19–30, 2018.

S. H. Musa, “Evaluasi Sistem Pengendalian Manajemen Untuk Meningkatkan Kinerja Manajer Penjualan Pada Pt. Hasjrat Abadi Manado(New),” J. Ris. Ekon. Manajemen, Bisnis Dan Akunt., Vol. 1, No. 4, Pp. 1790–1798, 2018.

J. Wadoyo, Kreatif. Tanggerang: Program Studi Manajemen, 2017.

D. Y. Zai, Y. Novianto, And A. Sadikin, “Perancangan Penjualan Pada Toko Fuad Fashion Berbasis Web,” J. Process., Vol. 2, No. 3, Pp. 73–74, 2018.

Lena, M. Rosario, And X. Sika, “Perancangan Sistem Informasi Penjualan Pada Soel Fashion,” J. Process., Vol. 2, No. 2, Pp. 73–74, 2017.

T. Herdayati, D. Z. Abidin, And Hendrawan, “Rancangan Sistem Penjualan Pada Toko Qori Fashion Jambi,” J. Process., Vol. 1, No. 2, Pp. 105–112, 2019.

H. W. Tompodung, “Pembuatan Sistem Informasi Penjualan Tas Dengan Pesanan Khusus Henri Wilson Tompodung,” Vol. 2, No. 2, Pp. 1–16, 2020.

F. Irhamni, B. K. Khotimah, And B. D. Satoto, “Sistem Informasi E-Commerce Produk Unggulan,” Vol. 2, No. 3, Pp. 183–190, 2021.

L. Pujiastuti, Fatmasari, D. Monika, And Solikhun, Sistem Informasi Desa (Aplikasi Pengolahan Data Nokta Agama). Sumatra Utara: Yayasan Kita Menulis, 2021.

Y. Supardi, Semua Bisa Menjadi Programer Vb 2012 Case Study. Jakarta: Pt. Elex Media Koputindo, 2015.

H. Purnomo, Permodelan Dan Simulasi Untuk Pengelolaan Adaptif Seumber Daya Alam Dan Lingkungan. Bogor: Ipb Press, 2019.

Henderi, U. Rahardja, And E. Rahwanto, Uml Powered Design System Using Visual Paradigm. Malang: Literasi Nusantara Abadi, 2021.

D. Yendrianof, Romindo, A. N. Sari, And H. Tantriawan, Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi. Sumatra Utara: Yayasan Kita Menulis, 2022.

R. Destriana, S. M. Husein, N. Handayani, And A. T. P. Siswanto, Diagram Uml Dalam Membuat Aplikasi Android Firebase. Yogyakarta: Deepublish, 2021.

R. A. . Dan M. Shalahuddin, Rekayasa Perangkat Lunak. Bandung: Informatika Bandung, 2016.

A. Nugroho, Rekayasa Perangkat Lunak Berorientasi Objek Dengan Metode Usdp (Unified Software Development Process). Yogyakarta: Andi, 2016.

S. Mulyani, Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Manajemen Keuangan Daerah Notasi Pemodelan Unified Modeling Language (Uml). Bandung: Abdi Sistematika, 2017.

Indrajani, Database Design. Jakarta: Pt. Elex Media Koputindo, 2015

Unduhan

Diterbitkan

2023-04-30

Abstract views:

199

PDF Download:

115

DOI:

10.33998/jakakom.2023.3.1.778

Dimension Badge: