Penerapan Data Mining Untuk Rekomendasi Bidang Studi Menggunakan Algoritma K-Medoids Pada SMA N 9 Kota Jambi

Penulis

  • Amalinda Gustirani Universitas Dinamika Bangsa
  • Jasmir Universitas Dinamika Bangsa
  • Fachruddin Universitas Dinamika Bangsa

Kata Kunci:

Pendidikan, Data Mining, K-Medoids, RapidMiner, Studi

Abstrak

Pendidikan adalah proses yang mengembangkan seseorang dalam hal cara berpikir, perilaku, kepribadian, bahasa, dan perannya  dalam  masyarakat. Penelitian ini bertujuan  menerapkan data mining dalam merekomendasikan bidang studi di perguruan tinggi dengan menggunakan algoritma K-Medoids. Dari penelitian yang dilakukan peneliti merekomendasikan 8 cluster, yang di hitung secara manual dan menggunakan RapidMiner. Hasil yang didapatkan secara manual pada cluster 1 terdapat 11 siswa yang masuk Bidang Pertanian dan Peternakan, cluster 2 terdapat 65 siswa yang masuk Bidang Olahraga, cluster 3 terdapat 29 siswa  yang masuk Bidang Kesehatan, cluster 4 terdapat 7 siswa  yang masuk Bidang Saintek, cluster 5 terdapat 30 siswa  yang masuk Bidang Pendidikan, cluster 6 terdapat 39 siswa  yang masuk Bidang Ekonomi, cluster 7 terdapat 17 siswa yang masuk Bidang Agama, cluster 8 terdapat 27 siswa  yang masuk Bidang Seni. Sedangkan menggunakan RapidMiner pada cluster 1 terdapat 32 siswa,  cluster 2 terdapat 36 siswa, cluster 3 terdapat 26 siswa, cluster 4 terdapat 17 siswa, cluster 5 terdapat 30 siswa, cluster 6 terdapat 31 siswa, cluster 7 terdapat 39 siswa, cluster 8 terdapat 14 siswa. Hasil dari penerapan algoritma K-Medoids diharapkan dapat membantu siswa dalam menentukan bidang studi di perguruan tinggi.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

A. O. Safitri, V. D. Yunianti, and D. Rostika, “Upaya Peningkatan Pendidikan Berkualitas di Indonesia: Analisis Pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs),” J. Basicedu, vol. 6, no. 4, pp. 7096–7106, 2022, doi: 10.31004/basicedu.v6i4.3296.

D. Shintia, M. Asbari, F. Khairunisa, and N. Azizah, “Rapor Pendidikan Indonesia: Quo Vadis Kualitas Pendidikan Indonesia?,” J. Inf. Syst. Manag., vol. 2, no. 6, pp. 18–21, 2023.

N. P. Hariani, “Pengelompokan Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia Menggunakan Metode Hirarki dan K-Medoidsss dengan Ukuran Jarak Modifikasi Data Campuran,” Asian J. Innov. Entrep., pp. 87–98, 2022.

PP, “UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 20 TAHUN 2003 TENTANG SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL,” pp. 1–7, 2003.

S. R. Silondae and S. Sutardi, “PENERAPAN ALGORITMA K-MEDOIDSSS DALAM PENENTUAN FAKTOR TERBESAR PEMILIHAN JURUSAN DI FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS HALU OLEO,” semanTIK, vol. 7, no. 1, pp. 43–50, 2021.

R. T. Aldisa, “Data Mining Penentuan Jurusan Siswa Menggunakan Metode Agglomerative Hierarchical Clustering (AHC,” J. Media Inform. Budidarma, vol. 7, no. 2, pp. 873–880, 2023.

J. Faran and R. T. Aldisa, “Penerapan Data Mining Untuk Penjurusan Kelas dengan Menggunakan Algoritma K-Medoidsss,” Build. Informatics, Technol. Sci., vol. 5, no. 2, pp. 543–552, 2023, doi: 10.47065/bits.v5i2.4313.

H. Sariangsah, W. Wanayumini, and R. Rosnelly, “Penentuan Kelas Menggunakan Algoritma K Medoidss Untuk Clustering Siswa Tunagrahita,” J. Media Inform. Budidarma, vol. 5, no. 1, p. 83, 2021, doi: 10.30865/mib.v5i1.2547.

A. D. Cipta, “Klasterisasi Perguruan Tinggi Swasta Berdasarkan Minat Siswa Menggunakan Metode K-Medoidsss,” J. Informatics Commun. Technol., vol. 4, no. 2, pp. 21–29, 2023, doi: 10.52661/j_ict.v4i2.116.

J. Faran and R. T. Aldisa, “Penerapan Data Mining Untuk Penjurusan Kelas dengan Menggunakan Algoritma K-Medoidsss,” Build. Informatics, Technol. Sci., vol. 5, no. 2, pp. 543–552, 2023.

B. Wira, A. E. Budianto, and A. S. Wiguna, “Implementasi Metode K-Medoidsss Clustering Untuk Mengetahui Pola Pemilihan Program Studi Mahasiwa Baru Tahun 2018 Di Universitas Kanjuruhan Malang,” RAINSTEK J. Terap. Sains Teknol., vol. 1, no. 3, pp. 53–68, 2019, doi: 10.21067/jtst.v1i3.3046.

J. Faran and R. T. Aldisa, “Perbandingan Algoritma K-Means dan K-Medoidsss Dalam Pengelompokan Kelas Untuk Mahasiswa Baru Program Magister,” J. Inf. Syst. Res., vol. 5, no. 2, pp. 509–519, 2024, doi: 10.47065/josh.v5i2.4753.

F. A. Sianturi, P. M. Hasuglan, A. Simangunsong, and B. Nandek, DATA MINING : Teori dan Aplikasi Weka, 1st ed. Medan: IOCS Publisher, 2019.

A. M. Siregar and A. Paspabhuana, DATA MINING: Pengolahan Data Menjadi Informasi dengan RapidMiner, 1st ed. Jakarta: CV. Kekata Group, 2017.

H. Rizqifaluthi and M. A. Yaqin, “Process mining Akademik Sekolah menggunakan RapidMiner,” MATICS J. Ilmu Komput. dan Teknol. Inf. (Journal Comput. Sci. Inf. Technol., vol. 10, no. 2, pp. 47–51, 2018.

F. Marisa, A. L. Maukar, and T. M. Akhriza, DATA MINING KONSEP DAN PENERAPANNYA, 1st ed. yogyakarta: CV. BUDI UTAMA, 2021.

A. Wanto et al., DATA MINING : Algoritma dan Implementasi, 1st ed. Medan: Yayasan Kita Menulis, 2020.

Unduhan

Diterbitkan

2024-09-30

Abstract views:

42

PDF Download:

26

Dimension Badge:

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 > >>