Perancangan Aplikasi Game Edukasi Matematika Untuk Anak SD Menggunakan Metode Permainan Quiz Interaktif

Penulis

  • Dimas Prastyo Aji Universitas Dinamika Bangsa
  • Agus Nugroho Universitas Dinamika Bangsa
  • Roby Setiawan Universitas Dinamika Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.33998/jakakom.2024.4.1.1463

Kata Kunci:

Perancangan, Game, Edukasi, Matematika

Abstrak

Game telah menjadi sebuah sarana hiburan berbasis multimedia yang paling banyak diminati masyarakat terutama kalangan anak yang berusia muda saat ini. Inilah faktor yang mendorong banyak pengembang game berinovasi dengan produk-produk game yang memberikan impact positif bagi para peminatnya. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan kontribusi dalam dunia game, khususnya game yang bersifat edukatif bagi anak yang sekolah pada sekolah dasar. Sisi edukatif dalam game ini berupa pembelajaran quiz mata pelajaran matematika yang simple dan menarik. Dalam game ini pemain dapat menikmati permainan quiz yang berbasiskan platform android yang sekaligus menambah pengetahuan dan pembelajaran berhitung dengan menjawab soal-soal pertanyaan yang ada dalam permainan game edukasi tersebut. Skor akan didapatkan berdasarkan jumlah jawaban yang benar. Game ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan belajar anak khususnya siswa sekolah dasar kelas 1 sampai 3 serta meningkatkan pemahaman tentang cara penghitungan matematika. Hasil yang diperolah dalam penelitian ini adalah game interaktif dan menarik yang mampu membantu siswa meningkatkan pemahaman dan mengurangi kejenuhan dalam pembelajaran matematika.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Meryansumayeka, “PENGEMBANGAN KUIS INTERAKTIF BERBASIS E-LEARNING DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI WONDERSHARE QUIZ CREATOR PADA MATA KULIAH BELAJAR DAN PEMBELAJARAN MTK,” Journal Pendidikan Matematika, Vol. %1 dari %2Volume 12, No. 1, Januari 2018, pp. 29-42, no. 1, p. 33, Januari 2018.

Y. Z. (1635106130), “MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA DAERAH MELALUI GAME INTERAKSI TEBAK KATA,” vol. UNIVERSITAS ISLAM RIAU PEKANBARU, p. 13, 2021..

F. Khan and A. A. Rismayadi, “Perancangan Permainan Pembelajaran Matematika Menggunakan Construct 2 Di Sdn 2 Cibunigeulis Kota Tasikmalaya,” Permainan Pembelajaran Mat. Menggunakan Constr. 2 Di Sdn 2 Cibunigeulis Kota Tasikmalaya, vol. 01, no. 01, pp. 1–6, 2020, [Online]. Available: http://eprosiding.ars.ac.id/index.php/psi/article/view/236/127

Rundell, M. (2007). Macmilian english dictionary for advanced learners (elt dictionaries series). London: Macmilian Education., Vol. 2, No. 1, Pp. 12–17.

Sukardi, S. (2012). Evaluasi Pendidikan Prinsip & Operasionalnya. Jakarta: PT Bumi Aksara..,p.1-4, 2012.

P. Angwarmasse and W. Wahyudi, “Pengembangan game edukasi labirin matematika untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VI sekolah dasar,” J. Educ. J. Pendidik. Indones., vol. 7, no. 1, p. 46, Aug. 2021, doi: 10.29210/120212953.

M. Yunus, I. F. Astuti, and D. M. Khairina, “GAME EDUKASI MATEMATIKA UNTUK SEKOLAH DASAR,” J. Inform. Mulawarman, vol. 10, no. 2, p. 59, 2015.

I. L. Nur’aini, E. Harahap, F. H. Badruzzaman, and D. Darmawan, “Pembelajaran Matematika Geometri Secara Realistis Dengan GeoGebra,” Matematika, vol. 16, no. 2, pp. 1–6, 2017, doi: 10.29313/jmtm.v16i2.3900.

Roger S. Pressman, Rekayasa Perangkat Lunak – Buku Satu, Pendekatan Praktisi (Edisi 7). Yogyakarta: Andi, 2020.

K. Setiawan, E. Retnoningsih, Herlawati, and E. Retnoningsih, “Sistem Informasi Persediaan, Pembelian, dan Penjualan Barang Pada CV Evee Store Cileungsi,” J. Mhs. Bina Insa., vol. 2, no. 1, pp. 25–36, 2017.

R. A. Sukamto and M. Shalahuddin, Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika Bandung, 2018.

Mustaqbal, M. S., Firdaus, R. F., & Rahmadi, H. (2015). Pengujian Aplikasi Menggunakan Black Box Testing Boundary Value Analysis (Studi Kasus : Apilkasi Prediksi Kelulusan SNMPTN). Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Terapan, 1(3), 31-36.

D. Rusdianto et al., “Perancangan Sistem Informasi Persediaan Obat Berbasis Web,” vol. 02, no. Mdd, pp. 21–27, 2020.

E. W. F. and T. Mahdiati, “Rancang Bangun Sistem Informasi Permintaan Atk Berbasis Intranet (Studi Kasus: Kejaksaan Negeri Rangkasbitung),” vol. 6, no. August, p. 128, 2016.

Munawar, Analisis perancangan sistem berorientasi objek dengan UML(Unified Modeling Language). Bandung: Informatika Bandung, 2018.

Raden Budirto Hadiprakoso, Rekayasa Perangkat Lunak. Rbh, 2021.

Sari Riri Fitri And Ardiati Utami S, Rekayasa Perangkat Lunak Berorientasi Objek. Yogyakarta: Andi, 2021.

Unduhan

Diterbitkan

2024-04-30

Abstract views:

227

PDF Download:

107

DOI:

10.33998/jakakom.2024.4.1.1463

Dimension Badge: