Perancangan Game First Person Shooter Sabagai Pengenalan Kampus Pada Mahasiswa di UNAMA Kota Jambi

Penulis

  • Fiqri ansyah Universitas Dinamika Bangsa
  • Agus Nugroho Universitas Dinamika Bangsa
  • Roby Setiawan Universitas Dinamika Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.33998/jakakom.2023.3.1.758

Abstrak

Universitas Dinamika Bangsa (UNAMA) adalah salah satu lembaga pendidikan perguruan tinggi komputer di provinsi Jambi yang bernaung di bawah Yayasan Dinamika Bangsa. Untuk mengenalkan fasilitas yang dimilki, UNAMA membuat banyak sekali media promosi dan informasi baik cetak maupun digital seperti brosur, poster, dan website, media sosial. Untuk melengkapi media informasi yang sudah ada, perlu di buat sebuah media baru yang memungkinkan mahasiswa maupun calon mahasiswa agar bisa menjelajahi kampus UNAMA secara virtual. Salah satu media yang tepat adalah melalui game first person shooter. Dan dalam penelitian ini menggunakan metode pengembangan sistem waterfall dan pemodelan sistem dengan use case diagram, activity diagram, serta alat pengembangan program yang diguankan blender, unity 3D

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

R. Andrea, T. Rija’i, dan K. Setiawan, “Membangun Game Goes To Wicida : Simulasi Pengenalan Kampus,” hal. 6, 2017.

A. Hidayat, “Ahmad Hidayat 1) , Faisal 2) 1, 2),” vol. 1, no. 1, hal. 1–9, 2019.

I. I. Purnomo, “Aplikasi Game Edukasi Lingkungan Agen P Vs Sampah Berbasis Android Mengunakan Construct 2,” Technol. J. Ilm., vol. 11, no. 2, hal. 86, 2020.

P. Irwandi, A. Erlansari, dan R. Effendi, “Perancangan Game First Person Shooter (Fps) ‘Boar Hunter’ Berbasis Virtual Reality,” J. Rekursif, vol. 4, no. 1, hal. 68–79, 2016.

A. R. E. Funny Farady Coastera, “Rancang Bangun Aplikasi Informasi Universitas Bengkulu Sebagai Panduan Pengenalan Kampus Menggunakan Metode Markerless Augmented Reality Berbasis Android,” J. Tek. Inform., vol. 7, no. 2, hal. 63–71, 2014.

Dedi Pramono, “Model Program Pengenalan Kampus Untuk Mengembangkan Kesiapan Karir Mahasiswa,” Pros. Semin. Nas. Pagelaran Pendidik. Dasar Nas. 2019, vol. 1, no. 1, hal. 308, 2019.

N. F. Ramadhanti, M. Lamada, dan R. Muhammad, “Pengembangan Aplikasi Game Edukasi 3D ‘Finding Geometry’ Berbasis Unity Sebagai Media Pembelajaran Bangun Ruang Matematika,” J. Mediat., vol. 4, no. 2, hal. 21–26, 2021.

K. Mulyono dan H. Al Fatta, “Pembuatan Game Labirin Dengan Menggunakan Blender 3D,” Data Manaj. dan Teknol. Inf., vol. 13, no. 2, hal. 27, 2012.

A. D. Jubaedi, “Pemodelan Gedung Universitas Serang Raya Berbasis Virtual Tour,” J. Ilm. NERO, vol. 3, no. 2, hal. 117–126, 2017.

B. Baihaqi, M. Maulinda, dan M. Ulfa, “Perancangan Animasi 3D Gedung Fakultas Teknik Universitas Serambi Mekkah Sebagai Media Informasi,” J. Nas. Komputasi dan Teknol. Inf., vol. 2, no. 1, hal. 79, 2019.

A. Darmawan, M. I. Wardhana, dan J. Samodra, “3D Game Design as an Introduction to the Malang State University Campus Environment Perancangan Game 3D sebagai Pengenalan Lingkungan Kampus Universitas Negeri Malang,” vol. 1, no. 10, hal. 1341–1357, 2021.

T. H. Pertanian dan T. Mesin, “MUHAMMADIYAH SIDOARJO MELALUI GAME,” vol. 2, no. 3, hal. 552–563, 2021.

A. Suryadi, “Perancangan Aplikasi Game Edukasi Menggunakan Model Waterfall,” J. Petik, vol. 3, no. 1, hal. 8, 2018.

Haviluddin, “Memahami Penggunaan UML ( Unified Modelling Language ),” Memahami Pengguna. UML (Unified Model. Lang., vol. 6, no. 1, hal. 1–15, 2011.

M. Tjahyadi, A. Sinsuw, V. Tulenan, dan S. Sentinuwo, “Prototipe Game Musik Bambu Menggunakan Engine Unity 3D,” J. Tek. Inform., vol. 4, no. 2, hal. 1–6, 2015.

T. A. Kurniawan, “Pemodelan Use Case (UML): Evaluasi Terhadap beberapa Kesalahan dalam Praktik,” J. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 5, no. 1, hal. 77, 2018.

N. Sopiah, “Penggunaan Metode Analisis Dan Rancangan Berorientasi Objek Pada Web Jurnal Ilmiah Terpadu,” semnasIF 2012, vol. 2012, no. semnasIF, hal. 188–195, 2012.

Unduhan

Diterbitkan

2023-04-30

Abstract views:

194

PDF Download:

151

DOI:

10.33998/jakakom.2023.3.1.758

Dimension Badge: