Analisis Pengaruh Kepuasan Pengguna Terhadap Portal Sipenmaru Universitas Muhammadiyah Jambi Menggunakan Metode EUCS Dan D&M

Penulis

  • Kiki Windia Arifta Universitas Dinamika Bangsa Jambi
  • Setiawan Assegaff Universitas Dinamika Bangsa Jambi
  • Nurhadi Universitas Dinamika Bangsa Jambi

DOI:

https://doi.org/10.33998/jakakom.2025.5.2.2344

Kata Kunci:

Kata kunci: Kepuasan pengguna, End-User Computing Satisfaction (EUCS), DeLone and McLean, PLS-SEM, Portal Sipenmaru

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kepuasan pengguna terhadap portal Sipenmaru Universitas Muhammadiyah Jambi dengan permasalahan yang sering terjadi yaitu seperti kesulitan akses portal, overload sistem, dan ketidakakuratan informasi. Masalah-masalah ini menunjukkan perlunya evaluasi mendalam terhadap kualitas sistem, informasi, dan layanan yang disediakan. Dengan mengadopsi model End-User Computing Satisfaction (EUCS) dan DeLone and McLean. Fokus utama penelitian ini adalah mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi kepuasan pengguna serta bagaimana kepuasan tersebut berdampak pada efektivitas penggunaan portal Sipenmaru. Model yang digunakan mencakup enam variabel utama, yaitu konten, akurasi, format, kemudahan penggunaan, ketepatan waktu, serta kepuasan pengguna yang terintegrasi dengan model keberhasilan sistem informasi DeLone and McLean. Sebagai bagian dari metodologi, kuesioner disebarkan kepada 210 responden, dan data yang terkumpul dianalisis menggunakan metode PLS-SEM dengan bantuan perangkat lunak SmartPLS. Faktor-faktor yang berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pengguna meliputi Accuracy, Format, Ease Of Use, Timeliness, Information Quality, Service Quality. Untuk meningkatkan kepuasan dan efektivitas penggunaan portal Sipenmaru, disarankan adanya optimalisasi sistem, peningkatan kualitas informasi, serta perbaikan layanan teknis secara berkala.

 

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

N. Fitriani, S. Astiti, dan R. N. S. Amriza, “Analisis Kepuasan Pengguna BIMA Menggunakan Integrasi Model EUCS Delone Mclean,” J. Inf. Syst. Res., vol. 4, no. 2, hal. 443–450, 2023, doi: 10.47065/josh.v4i2.2658.

Asti ratnasari, “ANALISIS KEPUASAN MAHASISWA TERHADAP KINERJA PORTAL UNIVERSITAS ALMA ATA MENGGUNAKAN PENDEKATAN END-USER COMPUTING SATISFACTION DAN DELONE AND MCLANE MODEL Asti,” vol. 1, no. 2, 2019.

N. Pramudibyo, “Analisis Kepuasan Pengguna Terhadap Aplikasi Redbus Dengan Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (Eucs),” J. Inform. Dan Tek. Elektro Terap., Vol. 12, No. 2, Hal. 1–12, 2024, Doi: 10.23960/Jitet.V12i2.4133.[

N. A. O. Saputri dan A. Alvin, “Pengukuran Tingkat Kepuasan Pengguna pada Portal Program Studi Sistem Informasi Bina Darma Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction,” J. Inf. Syst. Informatics, vol. 2, no. 1, hal. 154–162, 2020, doi: 10.33557/journalisi.v2i1.43. [4]

H. Hengky dan S. Satrianansyah, “Analisis Kepuasan Pengguna Terhadap Sistem E–Raport Menggunakan Metode EUCS dan Model Delone and McLean,” JURIKOM (Jurnal Ris. Komputer), vol. 9, no. 5, hal. 1487, 2022, doi: 10.30865/jurikom.v9i5.4906. [5]

N. Agustina Dan E. Sutinah, “Infotekjar : Jurnal Nasional Informatikadanteknologijaringan Model Delone Dan Mclean Untuk Menguji Kesuksesan Aplikasi Mobile Penerimaan Mahasiswa Baru,” J. Nas. Inform. Dan Teknol. Jar., Vol. 3, No. 2, Hal. 76–82, 2019

A. Astuti, “Evaluasi Tingkat Kepuasaan Pengguna Sistem Informasi Manajemen Persuratan Fakultas Dakwah Dan Ilmu Komunikasi (SIMPERDAKOM) Dengan Pendekatan End-User Computing Satisfaction (EUCS) Dan D&M IS Succes Model,” J. Econ. Perspect., Vol. 2, No. 1, Hal. 1–4, 2022.

G. Pujana, I. Made Ardwi Pradnyana, Dan I. Ketut Resika Artha, “Analisis Kepuasan Pengguna E-Rapor Menggunakan Metode End-User Computing Satisfaction (Eucs) Di Smp Negeri 1 Sukasada,” Kumpul. Artik. Mhs. Pendidik. Tek. Inform., Vol. 12, No. 1, Hal. 57–66, 2023, [Daring]. Tersedia Pada: Http://Ditpsmp.Kemdikbud.Go.Id/Erapor/ [8]

A. H. Khusna, Pengantar Analisis Real. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang, 2020. [Daring]. Tersedia Pada: Ummpress@Gmail.Com/Ummpress@Gmail.Com [9]

M. Taufiq, Analisis Sistem Informasi (Konsep, Metodologi Dan Pendekatan). Cv Ananta Vidya, 2023.[10]

M. Farhan Imanullah Akbar, “ANALISIS KEPUASAN PENGGUNA APLIKASI OVO MENGGUNAKAN METODE EUCS Dan Delone And Mclean,” Fak. Sains Teknol. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Hal. 1–23, 2019.[11]

M. Sami, “Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi M.Tix Menggunakan Model End User Computing Satisfaction (Eucs) Dan Delone And Mclean Muhammad,”

M. Farhan Imanullah Akbar, “ANALISIS KEPUASAN PENGGUNA APLIKASI OVO MENGGUNAKAN METODE EUCS Dan Delone And Mclean,” Fak. Sains Teknol. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta,

D. Y. Wijaya, Ahyar Muawwal, Dan Renny, “Analisis Kepuasan Pengguna Pada Learning Management System Classes Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction,” KHARISMA Tech, Vol. 16, No. 2, Hal. 111–126, 2021,

E. Wicaksono, E. M. Safitri, M. A. Sifaul Anam, Dan R. A. Bimantara, “Analisis Kepuasan Pengguna Pada Aplikasi Gojek Mengguanakn Pendekatan Metode Delone-Mclean,” Pros. Semin. Nas. Teknol. Dan Sist. Inf., Vol. 3, No. 1, Hal. 394–402, 2023,

H. Santoso, “ANALISIS KESUKSESAN WEBSITE SIAP PPDB ONLINE PROVINSI JAMBI DENGAN METODE DELONE AND,” 2021.

N. Ayu Nopitasari Dan D. Fatrianto Suyatno, “Analisis Kepuasan Pengguna Fitur Tiktok Shop Pada Aplikasi Tiktok 15Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS) Dan Delone And Mclean,” Jeisbi, Vol. 04,

Unduhan

Diterbitkan

2025-09-30

Abstract views:

0

PDF Download:

0

DOI:

10.33998/jakakom.2025.5.2.2344

Dimension Badge:

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>