Perancangan Sistem Informasi Persediaan Dan Penjualan Pada CV. Super Makmur Sentosa

Penulis

  • William Pranata Kusuma Universitas Dinamika Bangsa
  • Jasmir Universitas Dinamika Bangsa
  • Lies Aryani Universitas Dinamika Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.33998/jakakom.2023.3.2.1346

Kata Kunci:

perancangan, sistem informasi, persediaan, penjualan

Abstrak

  1. Super Makmur Sentosa merupakan suatu usaha yang bergerak dibidang penjualan mebel yang berlokasi di Kota Jambi. Selama ini proses pendataan masih menggunakan cara konvensional yang itu menggunakan kertas. Dengan sistem ini sering terjadi permasalahan yaitu dengan banyaknya data barang, kategori dan warna yang terlalu banyak menyebabkan sulit dalam proses pengontrolan persediaan barang yang dimiliki perusahaan, seringnya terjadi kesalahan dalam pencatatan dan perhitungan nota penjualan, persediaan barang yang sering mengalami selisih dikarenakan proses perhitungan persediaan barang yang masih dihitung secara manual yang menyebabkan terjadi kerugian. Sehingga diperlukannya suatu sistem informasi yang memberikan kemudahan dalam melakukan pencatatan dan pencarian data – data pada CV. Super Makmur Sentosa. Penelitian ini memiliki tahapan yaitu identifikasi masalah, pengumpulan data, analisis sistem, perancangan sistem, dan pembuatan laporan. Sehingga menghasilkan sistem yang dapat memberikan kemudahan dalam pengolahan data persediaan, penjualan, pencarian serta pembuatan laporan, mempermudah pengguna sistem dalam mengontrol data persediaan produk sehingga membantu CV. Super Makmur Sentosa dalam pengolahan data menjadi lebih baik dan teratur.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Jeperson Hutahaean. Konsep Sistem Informasi, Yogyakarta : CV. Budi Utama, 2014, Page. 13.

I Putu Agus Eka Pratama. Sistem Informasi dan Implementasi Teori & Konsep Sistem Informasi Disertai Berbagai Contoh Praktiknya Menggunakan Perangkat Lunak Open Source. Bandung :Informatika Bandung, 2014, Page 7.

Taufik Hidayat. Membuat Aplikasi Excel Untuk UKM. Bandung : Kreatif Industri Nusantara, Jakarta: PT. TransMedia, 2013, Page. 76.

Slamet Riyadi. Akuntansi Manajemen. Sidoarjo : Zifatama Publisher, 2017, Page. 107.

Stice, James D, Earl K.Stice, K.Fred Skousen, 2011, Akuntansi Keuangan Intermediate Accounting, Edisi Keenambelas. Diterjemahkan oleh Ali Akbar, Salemba Empat, Jakarta.

Indrajani. Database Desain (Case Study All in One). Jakarta : PT. Elex Media Kompurtindo, 2015, Page. 62.

Johnson Alvonco. Practical Communication Skill. Jakarta : PT. Elex Media Kompurtindo, 2014, Page. 235.

Rosa A. S., dan M. Shalahuddin., 2013, Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung : Informatika Bandung

Adi Nugroho., 2009, Rekayasa Perangkat Lunak Menggunakan UML dan Java. Yogyakarta : CV. Andi Offset

Sholiq., 2010, Analisis Dan Perancangan Berorientasi Obyek. Bandung : CV. Muara Indah

Prabowo Pudjo Widodo., dan Herlawati., 2011, Menggunakan UML – UML Secara Luas Diguankan Untuk Memodelkan Analisis & Desain Sistem Berorientasi Objek. Bandung : Informatika Bandung

Unduhan

Diterbitkan

2023-09-30

Abstract views:

74

PDF Download:

56

DOI:

10.33998/jakakom.2023.3.2.1346

Dimension Badge:

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>