PELATIHAN MULTIMEDIA (EDITING VIDEO) UNTUK MENGEMBANGKAN MEDIA PEMBELAJARAN BAGI GURU SMAN 12 KOTA JAMBI
DOI:
https://doi.org/10.33998/jpmu.2022.1.2.93Kata Kunci:
Pelatihan, Multimedia, Media Pembelajaran,Abstrak
Teknologi bagi dunia pendidikan sangatlah penting, karna teknologi sangat dimanfaatkan bagi pihak sekolah untuk menunjang pembelajaran sehingga dapat tercapainya tujuan pembelajaran ke anak didik. Seperti yang kita ketahui pada masa pandemic covid 19 ini, lembaga pendidikan diharuskan melakukan pembelajaran melalui daring/online atau pun blended learning. Guru dituntut harus dapat berinovasi dalam membuat media pembelajaran agar apa yang di sampaikan dapat dipahami siswa dengan baik, Pada SMA N 12 Kota Jambi, berlokasi Jln Kapten A Bakarudin Kel Beliung Kec. Alam Barajo Kota jambi yang mana guru-guru nya pun dituntun untuk dapat berinovasi dalam mengembangkan media pembelajaran, maka diperlukan teknologi untuk menunjang pembelajaran. Maka dari uraian permasalahan tersebut Peneliti akan mengadakan “Pelatihan multimedia (editing video) untuk mengembangkan media pembelajaran bagi guru SMA N 12 Kota Jambi” diharapkan dengan kegiatan pelatihan yang akan di berikan dapat membantu guru-guru dalam membuat video media pembelajaran yang menarik dan interaktif.
Unduhan
Referensi
H. Khaira, “Prosiding Seminar Nasional PBSI-III Tahun 2020 Tema: Inovasi Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Guna Mendukung Merdeka Belajar pada Era Revolusi Industry 4.0 dan Society Pemanfaatan Aplikasi Kinemaster Sebagai Media Pembelajaran Berbasis ICT.”
S. & Hariyanto, Belajar Dan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2017.
A. Arwin, Y. Yunisrul, and Z. Zuardi, “Learning Make A Match Using Prezi in Elementary School in Industry 4.0,” vol. 382, no. Icet, pp. 426–429, 2019, doi: 10.2991/icet-19.2019.107.
Selvi, Y. Destania, N. Masyita Ariani, and M. Syofiana, “Empowerment) Kinemaster Workshop For Teacher To Improve The Quality Of Learning Video,” J. Empower., vol. 2, no. 2, 2021, [Online]. Available: https://jurnal.unsur.ac.id/index.php/JE.
W. E. Putri, A. Mudinillah, I. Negeri Batusangkar, S. Tinggi, A. Islam, and A.-H. Pariangan Batusangkar, “Edustream: Jurnal Pendidikan Dasar Penggunaan Aplikasi Kinemaster Sebagai Media Pembelajaran IPS Kelas III SD Muhammadiyah Rambah Pada Masa Pandemi Covid 19.”
V. Amelia, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Kinemaster Pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas III SD Negeri 36 Koto Panjang.”
Daryanto, Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media, 2016.
D. & R. Rusman, Kurniawan, Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta: Rajawali Pers, 2015.
U. Rahmi and A. Hidayati, “Pelatihan E-Learning untuk Mengintegrasikan TIK dalam Pembelajaran bagi Guru-guru SMA The Training of E-Learning as ICT Integration in Instructional for Senior High School Teachers,” Panrita Abdi J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 4, no. 1, pp. 34–41, 2020, [Online]. Available: http://journal.unhas.ac.id/index.php/panritaabdi.
N. P. S. R. D. Adnyana Putu Budi, Desak Made Citrawathi, “Efektifitas Pelatihan Pembuatan Flipped Classroom Video dengan Smartphone dan Aplikasi Kinemaster (Program PKM),” 2020, pp. 1758–1765.
P. Studi et al., “Pemanfaatan Kinemaster Sebagai Aplikasi Pembuatan Iklan Video Bagi Pengelola dan Pendidik PKBM Arif Handoko,” 2021.
Loneli Costaner, “Pelatihan Keterampilan membuat Informasi Berbasis Video Digital Pada Ikatan Remaja Mesjid,” Din. J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 5, no. 4, Aug. 2021, doi: 10.31849/dinamisia.v5i4.7253.
E. Indriani and T. R. Pangaribuan, “Efektifitas Penggunaan Media Kinemaster Terhadap Kemampuan Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas VII SMP Swasta Muhammadiyah 05 Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020.”
A. Widiyono, Penerapan Aplikasi Kinemaster dalam Pembelajaran IPA melalui LMS pada Mahasiswa Prodi PGSD. .
L. Sharon, E. Smaldino., Deborah and D. R. Lowther., & James, Instructional Technology & Media For Learning: Teknologi Pembelajaran dan Media untuk Belajar. Jakarta: Prenada Media., 2014.