Menumbuhkan Jiwa Wirausaha Dibidang Bisnis Digital Bagi Santri Menggunakan Metode Digital Marketing Facebook Ads dan Market Place Shopee
DOI:
https://doi.org/10.33998/jpmu.2024.3.2.1749Kata Kunci:
Wirausaha, Bisnis, Digital_marketing, Market_PlaceAbstrak
Pondok Pesantren BIDAYATUL ULUM merupakan lembaga pendidikan agama yang berlokasi di desan tunas muda kec sekernan. Seiring perkembangan zaman di era serba digital ini pesantren dituntut untuk dapat beradabtasi dengan segala perubahan yang ada. Para santri dapat dibekali ilmu dan kemampuan yang beragam sesuai dengan perkembangan zaman tanpa harus membuang sistem pendidikan khasnya pesantren yaitu pendidikan agama. Pesantren mengajarkan santrinya untuk mandiri. Kemandirian merupakan awal dari pendidikan wirausaha artinya penting bagi santri untuk membangun ekonomi yang tertinggal, maka pesantren harus mendidik santri nya menjadi pengusaha. Agar dapat mencetak santri yang memiliki mental kemandirian secara ekonomi. Maka dari itu team mengadakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat untuk santi pondok pesantren BIDAYATUL ULUM dengan judul “Menumbuhkan jiwa wirausaha dibidang bisnis digital bagi santri menggunakan metode digital marketing facebook ads dan market place Shopee.
Unduhan
Referensi
Arifianto, E. Y., & Choiri, M. (2018). Pemanfaatan E-Commerce Dalam Pebelajaran Utilization of E-Commerce in Learning Small and. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(1), 77–85.
Deni Apriadi, A. Y. S. (2018). E-Commerce Berbasis Marketplace Dalam Upaya Mempersingkat Distribusi Penjualan Hasil Pertanian. Resti, 1(1), 19–25.
Dkk, N. D. meisak. A. F. S. R. (2023). Peningkatan Kompetensi Dan Produktifitas Siswa TEFA SMKS 2 PGRI Kota Jambi Berbasis Sablon Digital Dan Digital Marketing. Jurnal Budimas, 05(02), 1–8.
Hanung Eka Atmaja, D. M. V. (2021). Meningkatkan Minat Kewirausahaan Di Era Global Melalui E-Commerce. Jurnal Bisnis & Akuntansi Unsurya, 6(1), 57–66. https://doi.org/10.35968/jbau.v6i1.626
Hutagalung, D. D., Kom, M., Hanifurohman, C., Kom, S., Kom, M., Herdiansyah, R., Kom, S. K. M., & Baskhara, H. A. (n.d.). Pengenalan E Commerce untuk meningkatkan minat siswa-siswi pondok pesantren Daar El - Hikam Ciputat Dalam Berwirausaha. 339–349.
Megasari, D., & Hutagalung, D. D. (2023). Pengenalan Digital Marketing Kepada Santri Pesantren Tahfidz Quran As-Sholah Gunung Sindur Bogor. AMMA: Jurnal …, 2(5), 437–442. https://journal.mediapublikasi.id/index.php/amma/article/view/2887
Mumtaha, H. A., & Khoiri, H. A. (2019). Analisis Dampak Perkembangan Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0 Pada Perilaku Masyarakat Ekonomi (E-Commerce). JURNAL PILAR TEKNOLOGI : Jurnal Ilmiah Ilmu Ilmu Teknik, 4(2), 55–60. https://doi.org/10.33319/piltek.v4i2.39
Rakanita, A. M. (2019). Pemanfaatan E-Commerce Dalam Meningkatkan Daya Saing Umkm Di Desa Karangsari Kecamatan Karangtengah Kabupaten Demak. Jurnal Ekbis, 20(2), 1280. https://doi.org/10.30736/ekbis.v20i2.237
Rochaida, E. (2016). Dampak Pertumbuhan Penduduk Terhadap Pertumbuhan. Forum Ekonomi, 18(1), 14–24. http://journal.feb.unmul.ac.id/index.php/FORUMEKONOMI/article/download/42/40
Sinulingga, C. P., & Zuhrinal M. Nawawi. (2022). Pengaruh E-Commerce terhadap Minat Berwirausaha di Era Global Cahya. Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi Dan Manajemen (JIKEM), 2(1), 1611–1617.
Syamsul Arifin. (2020). Marketing Pendidikan :Strategi Dan Implementasi Pada Lembaga Pendidikan. Tadris : Jurnal Penelitian Dan Pemikiran Pendidikan Islam, 14(1), 112–123. https://doi.org/10.51675/jt.v14i1.75
Widiyawati, Y., Ningsih, C. D. S., Lestari, F., & Pramita, G. (2022). Analisis Pengaruh Belanja Online Terhadap Perilaku Perjalanan Belanja Dimasa Pandemi Covid-19. JICE (Journal of Infrastructural in Civil Engineering), 3(02), 25. https://doi.org/10.33365/jice.v3i02.2151