Workshop Dampak Perkembangan Teknologi Informasi Dalam Masa Pandemic Covid 19 Di Indonesia

Workshop Dampak Perkembangan Teknologi Informasi Dalam Masa Pandemic Covid 19

Penulis

  • Hendri Hendri Universitas Dinamika Bangsa
  • Despita Meisak Universitas Dinamika Bangsa
  • Silvia Rianti Universitas Dinamika Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.33998/jpmu.2022.1.2.75

Kata Kunci:

Dampak, Teknologi Informasi, Edmodo

Abstrak

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan pada Sekolah SMK N 2 Kota Jambi untuk memberikan pengetahuan kepada Guru dan siswa, tentang dalam rangka untuk memutus rantai penyebaran virus Covid-19, Perkembangan kecanggihan teknologi informasi yang semakin pesat merupakan aspek yang dapat dimanfaatkan untuk membantu memutus rantai penyebaran virus Covid-19. Perkembangan teknologi memberikan kemudahan dari berbagai sisi, salah satunya dapat digunakan untuk kegiatan pembelajaran secara online dengan menggunakan aplikasi Edmodo di Indonesia.  Namun, selain memberikan kemudahan juga memberikan dampak negatif dari perkembangan kecanggihan teknologi informasi tersebut seperti pencemaran nama baik melalui media sosial, penipuan online, perjudian online, dan bahkan digunakan sebagai sarana untuk memecah belah Suku Agama Ras dan Antar Golongan (SARA). Metode yang dipakai dalam kegiatan ini seperti pelatihan dengan langkah-langkah sebagai berikut 1) Memperkenalkan penerapan aplikasi edmodo sebagai media pembelajaran online Sebagai salah satu dampak positif di masa pandemic 2) Memperkenalkan dampak negatif yang timbul dari penyalahgunaan teknologi informasi 3) Evaluasi

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

A. Pane anzd M. Darwis Dasopang, “Belajar Dan Pembelajaran,” FITRAHJurnal Kaji. Ilmu-ilmu Keislam., vol.3, no. 2, p.333, 2017.

M. S. Hanafy, “Konsep Belajar Dan Pembelajaran,” Lentera Pendidik. J. Ilmu Tarb. dan Kegur., vol.17, no. 1, pp.66–79, 2014.

S. Wina, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Kencana, Jakarta, 2010.

A. Sadikin and A. Hamidah, “Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19,” Biodik, vol.6, no. 2, pp.109–119, 2020.

“Surat Keputusan Wali Kota Jambi Nomor 245 Tahun 2020,” https://jambikota.go.id/new/wp-content/uploads/SK-Penetapan-Pelaksanaan-Relaksasi-di-Bidang-Pendidikan-Tahun-2020-2021.pdf. .

M. I. Prof. Dr. F. Ridwan Sanjaya, 21 Refleksi Pembelajaran Daring di Masa Darurat. 2020.

M. T. Yanti, E. Kuntarto, and A. R. Kurniawan, “Pemanfaatan Portal Rumah Belajar Kemendikbud Sebagai Model Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar,” Adi Widya J. Pendidik. dasar, vol.10, no. 1, pp.61–68, 2020.

S. Mustafa, “Belajar dari Rumah melalui Pembelajaran Jarak Jauh di SMA,” p.6, 2020.

R. Ahmed, “Effects of online education on encoding and decoding process of students and teachers,” MCCSIS 2018 - Multi Conf. Comput. Sci. Inf. Syst. Proc. Int. Conf. e-Learning 2018, vol.2018-July, pp.42–48, 2018.

H. Putria, L. H. Maula, and D. A. Uswatun, “Analisis Proses Pembelajaran dalam Jaringan (DARING) Masa Pandemi Covid- 19 Pada Guru Sekolah Dasar,” J. Basicedu, vol.4, no. 4, pp.861–870, 2020.

T. Harjanto and D. S. E. W. Sumunar, “Tantangan dan Peluang Pembelajaran dalam Jaringan: Studi Kasus Implementas Elok (E-Learning: Open for Knowledge Sharing) pada Mahasiswa Profesi Ners,” J. Keperawatan Respati Yogyakarta, vol.5, no. 1, p.24, 2018.

N. B. Milman, “Distance Education,” J. D. B. T.-I. E. of the S. & B. S. (Second E. Wright, ed. Elsevier, Oxford, 2015, pp.567–570.

E. Kurtarto, “Keefektifan Model Pembelajaran Daring Dalam Perkuliahan Bahasa Indonesia Di Perguruan Tinggi,” J. Indones. Lang. Educ. Lit., vol.1, no. 2, pp.207–220, 2017.

W. He, G. Xu, and S. E. Kruck, “Online is education for the 21st century,” J. Inf. Syst. Educ., vol.2Akbar, S. (2021). Media Komunikasi dalam Mendukung Penyebarluasan Informasi Penanggulangan Pandemi Covid-19. Majalah Semi Ilmiah Populer Komunikasi Massa, 2(1), 73–82.

Engineering, J. H. U. C. F. S. S. A. (2022). Corona Virus. https://coronavirus.jhu.edu/data

Evin Yudhi Setyono. (2013). Pengaruh Penggunaan Media Jejaring Sosial Edmodo Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pada Topik Pembuatan Kurva-S Menggunakan Microsoft Excell. Soshum Jurnal Sosial Dan Humaniora, 3(1), 69–76.

Fatmawati, E. (2015). Technology Acceptance Model (TAM) untuk Menganalisis Sistem Informasi Perpustakaan. Iqra’: Jurnal Perpustakaan Dan Informasi, 9(1), 1–13. http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/iqra/article/view/66

Hidayat, B. D., Surono, A., & Hidayati, M. N. (2021). Ujaran Kebencian Pada Media Sosial Pada Saat Pandemi Covid-19 Studi Kasus Putusan No. 72/PID. SUS/2020/PT. DPS. Jurnal Magister Ilmu Hukum, 6(2), 23–44.

Kompas.com. (n.d.). Kejahatan Siber Di Indonesia Naik 4 Kali Lipat Selama Pandemi. Retrieved February 14, 2022, from https://tekno.kompas.com/read/2020/10/12/07020007/kejahatan-siber-di-indonesia-naik-4-kali-lipat-selama-pandemi

M.Pd, M. habibah. (n.d.). No Title. Retrieved February 14, 2022, from https://www.sman15-bdl.sch.id/2015/09/pengertian-teknologi-informasi-dan.html

Purwidiantoro, M. H., Kristanto, D. F., & Hadi, W. (2016). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Terhadap Usaha Kecil Menengah (UKM). AMIK Cipta Darma Surakarta, 1(1), 30–39. http://journal.amikomsolo.ac.id/index.php/ekacida/article/view/19/11

Soviani, S. (2011). Tingkat Penerimaan Media-Video Conference Dalam-Proses Pembelajaran Dengan Menggunakan Technology Accepted Model (TAM). PTIK ILKOM, 4(1).

Suartama, I. K. (2010). Kualitas Pembelajaran Pada Mata Kuliah Media. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 43(3), 253–262.

Susilo, A. Z., Iksan Prabowo, M., Taman, A., Pustikaningsih, A., & Samlawi, A. (2019). A comparative study of factors affecting user acceptance of go-pay and OVo as a feature of Fintech application. Procedia Computer Science, 161, 876–884. https://doi.org/10.1016/j.procs.2019.11.195

Sutabri. (2016). Sistem Informasi Manajemen. Andi.

Syafrida, S., & Hartati, R. (2020). Bersama Melawan Virus Covid 19 di Indonesia. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(6), 495–508. https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i6.15325

The Center for Systems Science and Engineering (CSSE) at JHU. (n.d.). Public Health. Retrieved February 14, 2022, from https://systems.jhu.edu/

Yoga, S. (2019). Perubahan Sosial Budaya Masyarakat Indonesia Dan Perkembangan Teknologi Komunikasi. Jurnal Al-Bayan, 24(1), 29–46. https://doi.org/10.22373/albayan.v24i1.3175

, no. 2, pp.101–105, 2014.

R. Andrianto Pangondian, P. Insap Santosa, and E. Nugroho, “Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Kesuksesan Pembelajaran Daring Dalam Revolusi Industri 4.0,” Sainteks 2019, pp.56–60, 2019.

Unduhan

Diterbitkan

2022-10-30

Abstract views:

174

PDF Download:

296

DOI:

10.33998/jpmu.2022.1.2.75

Dimension Badge:

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama