Pelatihan Bisnis Digital UMKM Desa Pijoan Untuk Meningkatkan Penjualan Online Dengan Linktree
DOI:
https://doi.org/10.33998/jpmu.2025.4.1.2168Kata Kunci:
UMKM, Linktree, pemasaran_online, visibilitas_produk, pelatihanAbstrak
Dalam era digital yang berkembang pesat, pelaku UMKM dihadapkan pada tantangan memanfaatkan berbagai platform digital secara efektif. Salah satu alat yang diperkenalkan dalam pelatihan ini adalah Linktree, yang memungkinkan pengintegrasian berbagai kanal pemasaran seperti media sosial, marketplace, dan website dalam satu tautan. Dengan Linktree, UMKM dapat mempermudah akses bagi konsumen ke berbagai platform penjualan mereka, sehingga meningkatkan visibilitas produk dan penjualan secara online. Pelatihan Bisnis Digital UMKM Desa Pijoan bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dalam memanfaatkan teknologi digital untuk meningkatkan penjualan produk secara online. Hasil dari pelatihan ini adalah peningkatan penjualan produk, serta pengurangan kerumitan akses bagi konsumen. Selain itu, kegiatan ini juga menghasilkan publikasi ilmiah di OJS JPMU (Jurnal Pengabdian Masyarakat Unama) sebagai bentuk kontribusi akademik dari program pengabdian masyarakat. Dengan pelatihan ini, diharapkan pelaku UMKM Desa Pijoan mampu bersaing secara lebih efektif di pasar digital yang semakin kompetitif.
Unduhan
Referensi
Anandah Amirah, S. (2023). Implementasi Digital Marketing Sebagai Strategi Dalam Meningkatkan Pemasaran UMKM madu lebah Klanceng. Journal of Community Service, 1(3), 198–204.
Dona, M., Aristana, W., Putu, N., Kherismawati, E., & Aristana, I. D. G. (2024). Pelatihan Media Sosial untuk Pengembangan Bisnis Usaha Keramik Pejaten. 1(1), 9–16.
Ginting, A. L., Sulistyowati, L., Hafa, F., & Widyawati, R. F. (2023). Strategi Pemasaran Digital Produk UMKM Paguyuban Kampung Bejo Dengan Aplikasi Linktree Dan Media Sos. JAPI (Jurnal Akses Pengabdian Indonesia), 8(2), 193–200. https://doi.org/10.33366/japi.v8i2.5041
Hariani, E., Widyawati, R. F., & Dewanti, A. A. (2022). Strategi Pemasaran Digital Produk UMKM di Kota Pasuruan dengan Aplikasi LINKTREE. Jurnal Pengabdian Masyarakat (Abdira), 2(3), 101–108. https://doi.org/10.31004/abdira.v2i3.170
Kshetri, A., & Jha, B. (2016). Online Purchase Intention: A Study of Automobile Sector in India. Review of Integrative Business and Economics Research, 5(3), 35. http://buscompress.com/journal-home.html
Kusuma Wijaya, B., Gede, I., Sudipa, I., Waas, D. V., & Santika, P. P. (2022). Journal of Intelligent Decision Support System (IDSS) Selection of Online Sales Platforms for MSMEs using the OCRA Method with ROC Weighting. Journal of Intelligent Decision Support System (IDSS), 5(4), 146–152.
Natania, A. T., & Dwijayanti, R. (2024). PEMANFAATAN PLATFORM DIGITAL SEBAGAI SARANA PEMASARAN BAGI UMKM. Jurnal Pendidikan Tata Niaga, 12(1), 1–8.
Oktaviani, F., & Rustandi, dan D. (2018). Implementasi Digital Marketing dalam Membangun Brand Awareness. Proceedings of the 2017 International Conference On Smart Technology for Smart Nation, SmartTechCon 2017, 3(1), 1514–1518. https://doi.org/10.1109/SmartTechCon.2017.8358617
Paramitasari, N. (2023). Penerapan Umkm Go Digital Pada Usaha Dapoer Bunda Di Desa Sukanegara. Jurnal Publika Pengabdian Masyarakat, 5(1), 32–40. https://doi.org/10.30873/jppm.v5i1.3784
Pinem, A. P. R., Pungkasanti, P. T., & Aprinta, G. (2024). Mengatasi Hambatan Literasi Digital: Strategi Pemasaran Digital bagi Pelaku UMKM Desa Truko. Jurnal Surya Masyarakat, 6(2), 251. https://doi.org/10.26714/jsm.6.2.2024.251-256
Purnama, I. (2020). Pengaruh Promosi Online Dan Endorserment Selebgram. Islamic Economic Journal, 1(2), 14–20.
Rusiyati, S., Basudani, W. A., Mulyadi, H., Abdullah, M., Rofingi, M., & Febrianto, F. (2022). Marketing 4.0 di Ekonomi Digital dengan Pemanfaatan Linktree Bagi Pelajar Panti Sosial Asuhan Anak Putra Setia Pada Yayasan Rukun Istri Sejahtera. Jurnal Abdimas Ekonomi Dan Bisnis, 2(1), 57–64. https://doi.org/10.31294/abdiekbis.v2i1.1268
Sentoso, A., Lady, Lady, Christini, J., Sandra, N., Clarissa, F., Tina, T., & Vivianti, W. (2023). Pengaplikasian Alat Pemasaran Digital Terhadap Umkm Nuruto. Jurnal Ilmu Manajemen Saburai (JIMS), 9(1), 67–74. https://doi.org/10.24967/jims.v9i1.2278
Supriyanto, S., Farihanto, M. N., & Handoko, S. (2018). Pemberdayaan Kelompok Pengelola Umkm Dengan Keterampilan Go Online Untuk Meningkatkan Kualitas Pengelolaan. Jurnal Pemberdayaan: Publikasi Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 305–314. https://doi.org/10.12928/jp.v2i2.387
Woelandari, D. S., & Setyawati, N. W. (2019). Digital Dengan Menggunakan Media Sosial Facebook Dan Instagram Bagi Industri Rumahan Di. Seminar Santika, September, 62–67.