PELATIHAN PEMBUATAN BAHAN AJAR INTERAKTIF MENGGUNAKAN QUIZIZZ UNTUK GURU - GURU SD NEGERI 108 / IV KOTA JAMBI

Penulis

  • Amroni Universitas Dinamika Bangsa
  • Beni Irawan Universitas Dinamika Bangsa
  • Willy Riyadi Universitas Dinamika Bangsa
  • Abdul Harris Universitas Dinamika Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.33998/jpmu.2022.1.2.137

Abstrak

Perkembangan Teknologi Informasi dan komunikasi mendorong pendidik (guru) agar dapat memanfaatkan aplikasi penunjang pembelajaran bahan ajar interaktif sehingga para siswa/i lebih tetarik dalam belajar. Quizizz adalah salah satu alternatif aplikasi media pembelajaran interaktif yang berbasis web serta dapat dimanfaatkan oleh para pendidik (guru) untuk membentuk kuis yang dapat dikerjakan secara online. SD Negeri 108 / IV Kota Jambi yang berada di Jl. Marsda Iswahyudi, Pasir Putih, Kec. Jambi Sel., Kota Jambi, 36139. Permasalahan utama yang dihadapi guru – guru di sekolah ini yaitu kurangnya pemahaman tentang pembuatan media belajar interaktif agar siswa/i tertarik dalam belajar serta mengasah kemampuan siswa/i di SD Negeri 108 / IV Kota Jambi. Sehingga diperlukan penyuluhan dalam bentuk Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) kepada guru – guru di SD Negeri 108 / IV Kota Jambi dengan tema “Pelatihan Pembuatan Pembuatan Bahan Ajar Interaktif Menggunakan Quizizz Untuk Guru – Guru SD Negeri 108 / IV Kota Jambi” agar para guru – guru  mampu membuat media belajar interaktif dengan Ms. Office dan Quizizz.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

R. K. Ningtyas and E. Syaodih, “The Utilization of Quizizz Learning Media for Learning Basic Education,” 3rd Int. Conf. Elem. Educ. (ICEE 2020), vol. 3, no. 1, pp. 112–118, 2020.

T. M. Lim and M. M. Yunus, “Teachers’ perception towards the use of Quizizz in the teaching and learning of English: A systematic review,” Sustain., vol. 13, no. 11, 2021, doi: 10.3390/su13116436.

N. Amaliyah and L. R. Handayani, “ The Use of Application Namely Quizizz in Elementary School Student's Outcomes ,” Proc. 1st Annu. Int. Conf. Nat. Soc. Sci. Educ. (ICNSSE 2020), vol. 547, no. Icnsse 2020, pp. 42–48, 2021, doi: 10.2991/assehr.k.210430.007.

W. Utari et al., “Pelatihan Pemanfaatan Aplikasi Quizizz Bagi Guru SDN 9 Nagrikaler Purwakarta untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Matematis Siswa,” Indones. J. Community Serv. Eng. Educ., vol. 1, no. 2, pp. 142–152, 2021, [Online]. Available: https://ejournal.upi.edu/index.php/IJOCSEE/article/view/34194

N. Dwinta and Sapriya, “The Role of Media Quizizz in Civics Learning to Increase Learning Motivation for Elementary School Students,” 3rd Int. Conf. Elem. Educ. (ICEE 2020), vol. 3, no. 1, pp. 194–198, 2020.

S. Handayani, S. Masfuah, and L. Kironoratri, “EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Analisis Kemampuan Komunikasi Siswa dalam Pembelajaran Daring Siswa Sekolah Dasar,” Edukatif J. Ilmu Pendidik., vol. 3, no. 5, pp. 2240–2246, 2021.

N. Fazriyah, C. Cartono, and R. M. Awangga, “Pelatihan Aplikasi Pembelajaran Quizizz di Sekolah Dasar Kota Bandung,” ETHOS J. Penelit. dan Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 8, no. 2, pp. 199–204, 2020, doi: 10.29313/ethos.v8i2.5429.

Unduhan

Diterbitkan

2022-10-30

Abstract views:

57

PDF Download:

93

DOI:

10.33998/jpmu.2022.1.2.137

Dimension Badge:

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama