SOSIALISASI KEAMANAN, ETIKA, DAN LITERASI BAGI SISWA/I SMA NEGERI 4 KOTA JAMBI
DOI:
https://doi.org/10.33998/jpmu.2023.2.2.1404Abstrak
Ada banyak sekali manfaat dari media digital bagi siswa yang masuk kategori digital native terutama sebagai media komunikasi dan pembelajaran. Media sosial termasuk salah aplikasi komunikasi yang paling banyak digunakan dikalangan siswa. Selain memberikan efek positif, penyalah gunaan media sosial juga memiliki efek negatif seperti jarang bersosialisasi dan berinteraksi, malas belajar, penipuan, isu SARA, berita bohong (hoaks) serta perundungan dunia maya (cyberbullying) sebagai akibat dari kurangnya literasi digital olah pengguna internet. Ada banyak kasus penyalahgunaan dan keamanan internet dikalangan siswa akibat minimnya literasi digital. Selain itu, pentingnya keamanan digital berupa perlindungan data pribadi dan aset digital pada media online bagi siswa perlu disampaikan sejak dini karena mayoritas siswa memiliki sikap abai terhadap penipuan internet berupa tautan berbahaya (malicious links) serta penyalahgunaan privasi. SMA Negeri 4 Kota Jambi merupakan salah satu Sekolah Menengah Atas yang berlokasi di Jl. Ir. H. Juanda No.125, Kota Jambi, 36126. Permasalahan utama yang dihadapi pihak yaitu belum disosialisasikan nya literasi digital dan keamanan digital saat berselancar di dunia maya bagi para siswa/i sehingga di khawatirkan memberikan dampak yang kurang baik bagi minat dan konsentrasi belajar siswa/i SMA Negeri 4. Dengan adanya Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) diharapkan kepada siswa/i siswa/i mampu memahami tentang literasi digital guna menghindari penyalahgunaan media sosial dan sadar akan pentingnya keamanan saat berinternet.
Unduhan
Referensi
DAFTAR PUSTAKA
R. Yati, “Survei APJII Pengguna Internet di Indonesia Tembus 215 Juta Orang,” Bisnis.com, 2023.
N. I. Fatmawati, “Literasi Digital, Mendidik Anak Di Era Digital Bagi Orang Tua Milenial,” Madani Jurnal Politik dan Sosial Kemasyarakatan, vol. 11, no. 2, pp. 119–138, 2019.
R. R. Amalia, “Literasi Digital Pelajar SMA : Kemampuan Berkomunikasi dan Berpartisipasi Pelajar SMA Negeri di Daerah Istimewa Yogyakarta Melalui Internet,” Jurnal Studi Pemuda, vol. 4, no. 1, pp. 224–240, 2015, [Online]. Available: https://journal.ugm.ac.id/jurnalpemuda/article/view/36733
I. P. G. Sutisna, “Gerakan Literasi Digital Pada Masa Pandemi Covid-19,” STILISTIKA: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Seni, vol. 8, no. 2, pp. 268–283, 2020, doi: 10.5281/zenodo.3884420.
A. Asari, T. Kurniawan, S. Ansor, A. Bagus, and N. Rahma, “Kompetensi Literasi Digital Bagi Guru Dan Pelajar Di Lingkungan Sekolah Kabupaten Malang,” BIBLIOTIKA: Jurnal Kajian Perpustakaan dan Informasi, vol. 3, pp. 98–104, 2019.
L. Tysara, “Pengertian Literasi Digital adalah Cakap Teknologi, Informasi, dan Komunikasi,” liputan6.com, 2022. https://hot.liputan6.com/read/5017773/pengertian-literasi-digital-adalah-cakap-teknologi-informasi-dan-komunikasi (accessed Aug. 04, 2022).
S. Hidayanto and M. Rifaldi Akbar, “Webinar Manajemen Privasi dan Keamanan Digital di Era Internet untuk,” Jurnal Pengabdian Masyarakat, vol. 5, no. 1, pp. 15–28, 2022.
T. Setiawati, N. Rahman, and V. D. Agustini, “Pelatihan Literasi Media Digital dan Keamanan Data untuk Pelajar SMA Islam Al Fajar,” Journal of Servite, vol. 3, no. 2, p. 68, 2021, doi: 10.37535/102003220212.
Y. Fahrimal, “Netiquette: Etika Jejaring Sosial Generasi Milenial Dalam Media Sosial,” Jurnal Penelitian Pers dan Komunikasi Pembangunan, vol. 22, no. 1, pp. 69–78, 2018, doi: 10.46426/jp2kp.v22i1.82.
R. N. Whyuningratna and F. Ayuningtyas, “Edukasi Penggunaan Internet Dan Penerapan Etika Di Dunia Maya Oleh Remaja Di Tengah Pandemi Covid-19,” Jurnal Pasopati, vol. 4, no. 1, pp. 45–52, 2022, [Online]. Available: https://ejournal2.undip.ac.id/index.php/pasopati/article/view/13174