PELATIHAN PENGGUNAAN GOOGLE WRKSPACE DENGAN MENGGUNAKAN SMARTPHONE UNTUK SISWA SMP NEGERI 25 KOTA JAMBI

Penulis

  • Nurhayati Universitas Dinamika Bangsa
  • Yulia Arvita
  • Manja Purnasari
  • Yessi Hartiwi

DOI:

https://doi.org/10.33998/jpmu.2023.2.1.737

Kata Kunci:

Pelatihan, google workspace, smartphone

Abstrak

Pada saat pandemi saat ini siswa di tuntut untuk bisa melaksanakan pembelajaran daring melalui media teknologi di rumah. Teknologi yang bisa di gunakan siswa dalam proses belajaran salah satu satu nya mayoritas siswa miliki adalah smartphone. Google workspace adalah salah satu aplikasi di smartphone yang bisa didownload dengan gratis.dan ini juga merupakan salah satu fasilitas yang digunakan dalam proses pembelajaran. Google workspace ini banyak jenis nya salah satu nya adalah google doc yang digunakan dalam proses pembelajaran. Tujuan di adakanya PKM ini adalah untuk memberikan sosialisasi dan pelatihan mengenai google doc yang merupakan salah satu solusi untuk mengerjakan tugas dari rumah selama proses pembelajaran daring lewat sarana smartphone. sehingga di harapkan siswa – siswa di SMP Negeri 25 Kota Jambi pada saat pandemi tetap dapat mengikuti pelajaran dan dapat membuat tugas sekolah dengan menggunakan smartphone.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

D. Novita and A. R. Hutasuhut, “Plus Minus Penggunaan Aplikasi-Aplikasi Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19,” Unimed Medan, no. June, 2020.

Y. N. DS, H. Harmawati, and R. Maulana, “Analisis Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19 di Sekolah Dasar,” J. Basicedu, vol. 6, no. 1, 2022, doi: 10.31004/basicedu.v6i1.2022.

S. U. Aslammiyah, S., & Harsono, “Smartphone Sebagai Media Pembelajaran Siswa Sekolah Dasar Desa Tloboe,” 2021.

D. . Maulana, “Pelatihan Pemanfaatan Google Apps for Education Bagi Guru - Guru di MGMP Matematika SMA Kabupaten dan Kota Kedir,” SELAPARANG, vol. 4, no. 1, pp. 1390–1396, Nov. 2018.

Malalina & Yeni and R.F, “Pelatihan Google Classroom untuk Mengoptimalisasi Proses Pembelajaran di FKIP Univeristas Tamansiswa Palembang.,” cemerlang, vol. 1, no. 1, pp. 58–70, 2018.

F. Mayasari et al., “PELATIHAN KOMUNIKASI EFEKTIF MEDIA PEMBELAJARAN GOOGLE CLASSROOM BAGI GURU MAN 2 MODEL PEKANBARU,” J. Pengabdi. UntukMu NegeRI, vol. 3, no. 1, 2019, doi: 10.37859/jpumri.v3i1.1155.

B. Kurniawan, A. Purnomo, and . I., “Pelatihan Penggunaan Aplikasi Google Classroom Sebagai Upaya Peningkatan Pembelajaran Online Bagi Guru Matapelajaran IPS MTs Di Kota Malang,” Int. J. Community Serv. Learn., vol. 4, no. 1, 2020, doi: 10.23887/ijcsl.v4i1.22236.

N. L. S. Leba, S. M. R., & Habeahan, “PELATIHAN MODEL PEMBELAJARAN JARAK JAUH BERBASIS GOOGLE FORM SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN Universitas Musamus merauke,” KOMMAS, vol. 1, no. 2, pp. 42–46, 2020.

A. U. Hamdani, L. Suryadi, K. Harsanto, and ..., “Pelatihan Penggunaan Google Class Room Untuk Menunjang Kegiatan Belajar Bagi Guru Smk Muhammadiyah 9 Jakarta,” Ikra-Ith …, vol. 3, no. 1, 2020.

google, Professional development handbook. 2010.

S. Saifullah and B. M. Akbar, “PELATIHAN E-LEARNING MENGGUNAKAN GOOGLE CLASSROOM BAGI GURU MA RADEN FATAH PRAMBANAN,” GERVASI J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 4, no. 1, 2020, doi: 10.31571/gervasi.v4i1.1680.

B. Marlina, “Pemanfaatan Google Workspace For Education pada Pembelajaran Daring,” Pros. Semin. Nas. Pendidik. Progr. Pascasarj. Univ. PGRI Palembang, 2021.

S. Fathimah, S. Sidik, and R. Rahman, “GOOGLE DOCS SEBAGAI SOLUSI PENGERJAAN TUGAS KELOMPOK DALAM PEMBELAJARAN DARING DI TENGAH PANDEMI COVID 19,” JISIP (Jurnal Ilmu Sos. dan Pendidikan), vol. 4, no. 3, 2020, doi: 10.36312/jisip.v4i3.1207.

K. Dharmawan, Y. Ramona, N. Rupiasih, and D. P. E. Nilakusmawati, “Pemanfaatan Aplikasi Google Docs Sebagai Media Pembinaan Karya Ilmiah Remaja,” Pros. Semin. Nas. Ilmu Komput. dan Teknol. Inf., no. October, 2015.

M. Nafis, “Implemantasi Google Spreadsheets Dan Facebook Pixel Pada Website Penjualan Produk Lokal,” SINTAK, pp. 560–566, 2018.

F. Al Anshori and S. Syam, “Pengaruh Penggunaan Aplikasi Google Slide Terhadap Minat Bertanya Mahasiswa Pendidikan Biologi,” J. Pendidik. Biol., vol. 3, no. 2, 2018.

I. Muzdaliifah, Dian Rianita, and Elvira Asril, “SOSIALISASI PENERAPAN GOOGLE FORMS SEBAGAI ALAT PENILAIAN PEMBELAJARAN DI SDN 117 PEKANBARU,” Din. J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 5, no. 4, 2021, doi: 10.31849/dinamisia.v5i4.7594

Unduhan

Diterbitkan

2023-04-30

Abstract views:

69

PDF Download:

195

DOI:

10.33998/jpmu.2023.2.1.737

Dimension Badge: