Pelatihan Inovasi Pembelajaran Berbasis Augmented Reality dan Inovasi Produk Digital pada Ponpes Tahfidz Satu Quran Jambi
DOI:
https://doi.org/10.33998/jpmu.2025.4.1.2165Kata Kunci:
Konten, AR, Teknologi, Unit_Usaha, DigitalAbstrak
Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di Pondok Pesantren Tahfidz Satu Quran Jambi melalui pelatihan Augmented Reality (AR) sebagai inovasi dalam metode pengajaran. Teknologi AR memungkinkan visualisasi interaktif, terutama dalam materi keagamaan seperti pengurusan jenazah, sehingga lebih mudah dipahami. Selain sebagai media pembelajaran, AR juga memiliki potensi dalam pengembangan inovasi produk digital yang dapat dimanfaatkan dalam wirausaha berbasis teknologi. Dengan pemanfaatan aplikasi AR dan konten edukatif digital, pesantren dapat meningkatkan efisiensi pengelolaan pendidikan sekaligus menciptakan peluang bisnis digital bagi santri. Pelatihan ini memberikan pengetahuan dasar dan keterampilan praktis bagi pengajar dan santri dalam memanfaatkan AR, serta membekali mereka dengan wawasan tentang penerapan teknologi digital dalam berbagai unit usaha pesantren. Diharapkan pengajar dapat mengintegrasikan teknologi ini dalam pembelajaran, menciptakan pengalaman belajar yang lebih menarik, serta membuka peluang inovasi produk digital yang mendukung kemandirian pesantren dan santri dalam menghadapi tantangan era digital
Unduhan
Referensi
Abdullah, S., & Noor, I. (2024). Penerapan Teknologi Augmented Reality Dalam Pembelajaran Agama Islam. Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 9(204), 1851–1862.
Agustian, N., & Salsabila, U. H. (2021). Peran Teknologi Pendidikan dalam Pembelajaran. Islamika, 3(1), 123–133. https://doi.org/10.36088/islamika.v3i1.1047
Alfitriani, N., Maula, W. A., & Hadiapurwa, A. (2021). Penggunaan Media Augmented Reality dalam Pembelajaran Mengenal Bentuk Rupa Bumi. Jurnal Penelitian Pendidikan, 38(1), 30–38. https://doi.org/10.15294/jpp.v38i1.30698
Bahani, F. N., & Kholid, M. H. (2024). Pendidikan dan Teknologi: Optimalkan Pembelajaran di Era Digital. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 5(3), 2835–2839. https://doi.org/10.54373/imeij.v5i3.1141
Chastanti, I., Layyinnati, I., Srimulat, F. E., Fiqri, C. I., Syafriyeti, R., Afriani, D. T., Ernawati, E., & Jannah, N. (2017). Inovasi Pembelajarana dan Pendidikan Teknologi untuk Peningkatan Kualitas Pendidikan. In Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952. http://repo.iain-tulungagung.ac.id/5510/5/BAB 2.pdf
Endarto, I. A., & Martadi. (2022). Analisis Potensi Implementasi Metaverse Pada Media Edukasi Interaktif. Jurnal Barik, 4(1), 37–51. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JDKV/
Fatimah, S., Salsabila, D., Amalia, U., & Nazhif, M. A. (2024). Eksplorasi Pandangan Siswa terhadap Penggunaan Teknologi dalam Proses Pembelajaran di Era Digital. Edukasi Elita: Jurnal Inovasi Pendidikan, 1(3), 96–104.
Kuswinardi, J. W., Rachman, A., Taswin, M. Z., Pitra, D. H., & Oktiawati, U. Y. (2023). Efektifitas Pemanfaatan Aplikasi Augmented Reality (AR) Dalam Pembelajaran Di Sma : Sebuah Tinjauan Sistematis. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 6(3), 556–563.
Maritsa, A., Hanifah Salsabila, U., Wafiq, M., Rahma Anindya, P., & Azhar Ma’shum, M. (2021). Pengaruh Teknologi Dalam Dunia Pendidikan. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 18(2), 91–100. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v18i2.303
Neli Maulidiyah. (2023). Pendidikan Karakter Melalui Peran Pesantren pada Era Globalisasi di Pondok Pesantren Attholibiyah Bumijawa Tegal. La-Tahzan: Jurnal Pendidikan Islam, 15(1), 16–40. https://doi.org/10.62490/latahzan.v15i1.379
Nistrina, K. (2021). Penerapan Augmented Reality dalam Media Pembelajaran. Jurnal Sistem Informasi, J-SIKA, 03(01), 1–6.
Purnama Sari, U., Mayadiana Suwarma, D., Endrawati Subroto, D., Putu Agus Dharma Hita, I., Studi PGMI, P., Tarbiyah, F., Al-Quraniyah Manna, S., Mulia, P., Ps Manna, K., & Bengkulu Selatan, K. (2024). Pengaruh Pemanfaatan Teknologi Augmented Reality terhadap Tingkat Ketertarikan Belajar Siswa dalam Penyampaian Materi Pembelajaran. Journal on Education, 06(03), 17672–17679.
Sinaga, W. M. B. B., & Firmansyah, A. (2024). Perubahan Paradigma Pendidikan di Era Digital. Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(4), 10. https://doi.org/10.47134/jtp.v1i4.492of Business and Social Science ,Vol.3 No.16, pp. 200-209.
Heriyadi, Listiana, E. dan Lay, Y.N. (2018). An Analysis of the Influence of Service Quality, Personal Selling and Complaint Handling and Trust on Customer Retention (Survey of Bank Harda International Savings Customers, Pontianak Branch). Volume 7 Number 2.
Kotler.P. (2008). Marketing Principles 2. Twelfth Edition. Jakarta : Erlangga.