Pelatihan penggunaan ChatGPT guna peningkatan kompetensi guru dalam era digitalisasi pada MGMP Bahasa Inggris kota Jambi
DOI:
https://doi.org/10.33998/jpmu.2025.4.1.2163Kata Kunci:
ChatGPT, Era digitalisasi, Keceradasan buatanAbstrak
Era digitalisasi ditandai dengan kecanggihan teknologi AI (artifial Inteligence) yang menguasai seluruh aspek kehidupan, apalagi pencarian informasi berada diujung jari, berkat adanya ChatGPT yang merupakan Bahasa generatif menggunakan deep learning. ChatGPT belakangan ini telah marak diperbincangkan di dunia Pendidikan, karena semua lapisan usia baik siswa sekolah, guru bahkan dosen telah menggunakannya untuk mempermudah urusan mereka namun mungkin masih sebatas melakukan pencarian data yang dibutuhkan. Padahal ChatGPT dapat melakukan lebih dari itu, misalnya untuk menyusun bahan ajar, namun berdasarkan survei kelapangan banyak dari guru yang belum mengerti cara memanfaatkannya dalam menulis. Untuk itu kegiatan PKM kali ini pesertanya adalah Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Inggris di Kota Jambi yang menggunakan tempat di SMP Negeri 10 Kota Jambi, dikarenakan setiap minggu khususnya hari Jumat selalu diadakan MGMP Bahasa Inggris di sana. Sehingga, pengabdian ini bertujuan memberikan pengetahuan dan pelatihan penggunaan ChatGPT untuk menunjang dan mempermudah kegiatan guru dalam melakukan pengajaran. Metode pelaksanaan untuk kegiatan PKM adalah : (1) Melakukan pengenalan ChatGPT, (2) Praktek bagaimana cara melakukan pencarian data yang dibutuhkan (3) Praktek cara Menyusun bahan ajar mata pelajaran (4) Evaluasi
Unduhan
Referensi
Fajrillah, J. Amadi, M. Handri, J. Hasan, S. Hasyim, and Juliani, “Penggunaan ChatGPT dan Validasi Terhadap Informasi,” Communnity Development Journal, vol. 4, no. 6, 2023.
M. Sony Maulana, Nurmalasari, S. Rheno Widianto, S. D. Ayu Safitri, and R. Maulana, “Tantangan Penggunaan ChatGPT dalam Pendidikan Ditinjau dari Sudut Pandang Moral,” JOTIKA, vol. 5, no. 1, pp. 456–463, Feb. 2023, doi: 10.31004/edukatif.v5i1.4779.
A. Hidayat et al., “PENGGUNAAN CHATGPT & DUO LINGO UNTUK MENCIPTAKAN PENGALAMAN BELAJAR KEISLAMAN YANG MENARIK BAGI ANAK ANAK PANTI ASUHAN BUDI UTOMO KOTA METRO,” SinarSangSurya, vol. 7, no. 2, 2023.
A. Danny Agus W, Michael, M. Rizky Pribadi, and K. Kunci, “Pengoptimalan Penggunaan dan Fungsi ChatGPT Pada Anak Muda Gereja St.Petrus Palembang,” WelfareJurnalPengabdianMasyarakat, vol. 1, no. 3, 2023, [Online]. Available: https://jurnalfebi.iainkediri.ac.id/index.php/Welfare
S. L. Rosa, A. Yulianti, Sapitri, and R. A. Putri, “PENERAPAN TEKNOLOGI ARTIFICIAL INTELLIGENCE (CHATGPT) PADA PENDIDIKAN DASAR DI RIAU,” JurnalPengabdianMasyarakatdanPenerapanIlmuPengetahuan, vol. 4, no. 2, 2023.
I. Djafar, Marsa, and A. Bahtiar, “PKM MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS CHATGPT DI MTS NEGERI 4 BULUKUMBA,” Indonesian Collaboration Journal of Community Services, vol. 4, no. 1, 2024, doi: 10.53067/icjcs.v4i1.
M. Burhanudin, Q. Ayu Neina, R. Anugrah Rizkiansyah, Y. Sagita, and A. Nilam Sekar Ayu, “Peningkatan Broad Based Learning Melalui ChatGpt sebagai Sumber Belajar Berbasis Artificial Intelligence di SMP N 9 Salatiga,” Jurnal Implementasi, vol. 4, no. 1, pp. 116–120, 2024, [Online]. Available: http://jurnalilmiah.org/journal/index.php/ji/index
I. Adiputra Pardosi, Hardi, S. Jurnalis Pipin, Tanti, and William, “Implementasi smart learning menggunakan ChatGPT pada SMAS Bodhicitta Medan,” Selaparang : Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, vol. 8, no. 2, 2024.
M. Ekadjaja, C. Tjandra Bravo, and Valentina, “PELATIHAN SIAP MENGHADAPI TRANSFORMASI DIGITAL: PEMANFAATAN CHAT GPT UNTUK PELAJAR,” JurnalBaktiMasyarakatIndonesia, vol. 7, no. 1, pp. 11–17, 2024.
A. Harmin, D. Moeis, and N. Usman, “SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan Pelatihan pemanfaatan chatGPT untuk efektivitas belajar dan penyelesaian tugas akademis siswa-siswi di SMK Muhammadiyah 3 Makassar,” JurnalPengabdianMasyarakatBerkemajuan, vol. 8, no. 1, 2024