PELATIHAN DIGITALISASI MARKETING WHATSAPP BUSINESS TOOLS PADA PELAKU UMKM KUBE MEGA BUANA DESA TANGKIT BARU

Penulis

  • Vivi Usmayanti Universitas Dinamika Bangsa
  • Laura Prasasti
  • Vira Aryati
  • Ani Sartika Ramadani

DOI:

https://doi.org/10.33998/jpmu.2023.2.1.806

Kata Kunci:

Pengelolaan Keuangan Keluarga, Pinjol Ilegal, UMKM

Abstrak

Pengelolaan keuangan keluarga (pribadi) juga sama pentingnya dengan pengelolaan keuangan usaha. Berawal dari pengelolaan keuangan pribadi menjadikan para pelaku UMKM mahir dan mudah dalam melakukan pengelolaan keuangan usahanya. Kebanyakan pelaku UMKM menerapkan manajemen uang saku dalam kehidupan sehari-hari tanpa memisahkan uang pribadi dan uang usahanya. Ketidaktepatan pengelolaan keuangan membuat maraknya pinjaman online Ilegal digandrungi dan ramai dipergunakan seakan menjadi alternatif solusi dari permasalahan pengelolaan keuangan. Banyaknya pinjaman online ilegal dengan berbagai syarat sederhana yang menawarkan solusi permasalahan hidup ditengah pandemi ini akan membuat para peminjamnya terjerat. Melalui PKM ini, pelaku UMKM dalam hal ini Kelompok Usaha Bersama (KUBE) Mega Buana akan diberikan pelatihan yang bertujuan untuk menambah pengetahuan tentang cara mengelola keuangan keluarga demi masa depan yang sejahtera dan waspada pinjaman online ilegal. Metode yang dipakai dalam kegiatan ini adalah: 1) pemberian materi mengenai pengelolaan keuangan keluarga, 2) pemberian materi mengenai waspada pinjaman online illegal, 3) simulasi games terkait materi, 4) praktek pengelolaan keuangan keluarga.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Abadi, R. R. dan T. W. (2016). Komunikasi Word of Mouth.

Abdurrahman, G., Oktavianto, H., Habibie, E. Y., & Hadiyatullah, A. W. (2020). Pelatihan Digital Marketing Pada UMKM Sebagai Penunjang Kegiatan Promosi Dan Pemasaran. Jurnal Pengabdian Masyarakat Manage, 1(2), 88–92. https://doi.org/10.32528/jpmm.v1i2.3981

Akmaludin, A., Cahyadi, C., & ... (2021). Pelatihan Pembuatan Design Digital Marketing bagi UMKM untuk Meningkatkan Wawasan dan Pendapatan Masyarakat Desa Cikarageman, Setu, Bekasi. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 6(2), 372–380.

Ashokkumar, J. (2021). Predicting Intention To Choose E-Shopping Using Theory of Reasoned Action Subjective To Covid 19 Pandemic. Academy of Marketing Studies Journal, 25(4), 1–16.

Budiman, J., & Agustiwi, W. (2022). Utilization Of Digital Marketing For Kaca Cipta Mandiri MSMEs. 2(1), 90–103.

Elizabeth, T., Alamsyah, D., & Yoannita, Y. (2022). Pelatihan Penggunaan Aplikasi WhatsApp Business Sebagai Media Pemasaran Online pada Toko CCTV Grosir Cabang Palembang. Fordicate, 1(2), 150–156. https://doi.org/10.35957/fordicate.v1i2.2409

Fanreza, R., & Shilvana, R. (2021). Melatih Pelaku Umkm Dalam Memanfaatan Digital Marketing Upaya Mengembangkan Usaha Berbasis Teknologi Di Dusun Vii Manunggal. Prosiding Seminar Nasional …, 2(1), 1179–1184.

Justitia, A., Werdiningsih, I., Effendy, F., & Taufik, T. (2021). Pelatihan dan Pendampingan Digital Marketing bagi UMKM Jasa Laundry menuju UMKM Go Digital. Jurnal Nasional Pengabdian Masyarakat, 2(2), 60–72. https://doi.org/10.47747/jnpm.v2i2.388

Marpaung, A. P., Hafiz, M. S., Koto, M., & Dari, W. (2021). Strategi Peningkatan Kapasitas Usaha Pada Umkm Melalui Digital Marketing. Prosiding Seminar Kewirausahaan, 2(1), 294–300.

McLaughlin, C., & Stephens, S. (2019). The theory of planned behavior: the social media intentions of SMEs. Irish Academy of Management, January, 1–30.

Noviana, I. P. T., & Darma, G. S. (2020). Exploring Digital Marketing Strategies During the New Normal Era in Enhancing the Use of Digital Payment. Jurnal Mantik, 4(3), 2257–2262.

Nurfaizal, Y., & Anwar, T. (2019). Manajemen Usaha dan Pelatihan Digital Marketing UMKM pada KUB Batik Pringmas Desa Papringan Banyumas. JPMB: Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Berkarakter , 2(2), 146–154.

Sasongko, D., Putri, I. R., Alfiani, V. N., Qiranti, S. D., Sari, R. S., & Allafa, P. E. (2020). Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM Makaroni Bajak Laut Kabupaten Temanggung. Jurnal Ilmiah Pangabdhi, 6(2), 92–96. https://doi.org/10.21107/pangabdhi.v6i2.7809

Suhardi, A. R., Marinda, V. S., Rohendra, T., Putra, I. G. S., & Budiawan, A. (2021). Pelatihan Digital Marketing Pada Umkm Binaan Kadin Jawa Barat Dalam Menghadapi Era New Normal. Jurnal Pengabdian Dharma Laksana, 3(2), 100. https://doi.org/10.32493/j.pdl.v3i2.8792

Usmayanti, V., & Sofyana, N. N. (2022). Opportunity and Challenges Msme for the Past 6 Years : a Systematic Review. 5(1), 8–12.

Unduhan

Diterbitkan

2023-04-30

Abstract views:

56

PDF Download:

59

DOI:

10.33998/jpmu.2023.2.1.806

Dimension Badge: