https://ejournal.unama.ac.id/index.php/jpmu/issue/feedJurnal Pengabdian Masyarakat UNAMA2025-05-22T00:00:00+08:00SuyantiSuyanti272@gmail.comOpen Journal Systems<h2>Jurnal Pengabdian Masyarakat UNAMA (JPMU)</h2> <div style="border: 1px solid #ddd; padding: 10px; background-color: #f2f2f2; text-align: left;">p-ISSN : 2829-8756(No. SK : 0005.28298756/K.4/SK.ISSN/2022.06)<br />e-ISSN : 2829-8527(No. SK : 0005.28298527/K.4/SK.ISSN/2022.05)<br />URL : http://ejournal.unama.ac.id/index.php/jpmu</div> <center> <p> </p> </center> <p class="default_cursor_cs" align="justify">Jurnal Pengabdian Masyarakat UNAMA (JPMU) merupakan Jurnal yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) UNAMA. Jurnal ini terbit dua kali dalam setahun yaitu pada bulan April dan Oktober. Misi dari Jurnal Pengabdian Masyarakat UNAMA (JPMU) adalah untuk menyebarluaskan, mengembangkan dan menfasilitasi hasil pengabdian masyarakat mengenai Ilmu bidang informatika dan manajemen, sebagai media bagi para dosen, guru, peneliti dan para praktisi dalam bidang teknologi informasi dari seluruh Indonesia. Dalam melakukan pertukaran informasi, Ilmu Komputer, Manajemen, Ekonomi dan bidang lainnya yang dilakukan perguruan tinggi dalam melakukan pengabdiannya kepada masyarakat dari seluruh Indonesia, dalam melakukan pertukaran informasi tentang hasil-hasil penelitian terbaru yang telah dilakukan tentang hasil-hasil penelitian terbaru yang telah dilakukan.</p>https://ejournal.unama.ac.id/index.php/jpmu/article/view/2182EDUKASI PENGAMANAN DATA PRIBADI BAGI KALANGAN SANTRI DI PONPES NURUL IMAN MUARO SEBAPO2025-03-12T12:00:00+08:00Benni Purnamabennip75@gmail.comKurniabudikbudiz@yahoo.comSharipuddinsharipuddin@unama.ac.idAhmad Husaeinhusaein@unama.ac.id<p>Revolusi industri 4.0 merupakan era disrupsi dimana terjadi transformasi cara kerja konvensional menjadi modern dengan pemanfaatan teknologi informasi. Salah satu teknologi informasi yang banyak digunakan adalah media sosial. Media sosial yang populer dikalangan para kalangan masyarakat adalah <em>facebook.</em> <em>Facebook </em>menawarkan sejumlah fasilitas, selain untuk jejaring pertemanan, sarana komunikasi, hiburan, dan berbagi informasi, <em>facebook </em>dapat digunakan untuk bisnis. Namun disisi lain ada isu keamanan, <em>facebook </em>dan media sosial lainnya, dapat menjadi platform kejahatan berinternet dengan memanfaatkan data pribadi yang ada pada pemilik perangkat atau media sosial. Penyalahgunaan data pribadi terjadi karena kurangnya pemahaman tentang data pribadi dan pengamanan data pribadi. Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan untuk memberikan wawasan tentang pentingnya pengamanan data pribadi kepada para santri di Ponpes Nurul Iman Muaro Sebapo. Metode yang disampaikan dalam sosialiasi ini melalui pemaparan materi, diskusi dan tanya jawab serta evaluasi dilakukan dengan cara pre test dan post test. Dari hasil post test yang diperoleh didapat bahwa pemahaman para santri mampu mengetahui apa itu data pribadi, bagaimana mengecek kebocoran data pribadi dan bagaimana cara mengatasinya dengan baik.</p>2025-04-30T00:00:00+08:00Hak Cipta (c) 2025 Jurnal Pengabdian Masyarakat UNAMAhttps://ejournal.unama.ac.id/index.php/jpmu/article/view/2157PELATIHAN A.I PROMPTING UNTUK PENINGKATAN KEMAMPUAN BELAJAR MANDIRI PADA SISWA-SISWI SMA NEGERI 4 MUARO JAMBI2025-03-12T11:53:49+08:00Feri Pebriantoferipebrianto27@gmail.comBenybeny@unama.ac.idHerti Yaniadeherti@unama.ac.idAbdul Rahima3m.nix@gmail.comAgus Siswantoagussiswanto@unama.ac.idPareza Alam Jusiaparezaalam@gmail.comCindy Paramithacindyprmth@gmail.com<p><span style="font-weight: 400;">Pelatihan kecerdasan buatan (AI) memiliki potensi besar dalam mendukung pembelajaran mandiri di kalangan siswa – siswi. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) berupa "Pelatihan AI Prompting untuk Peningkatan Kemampuan Belajar Mandiri pada Siswa-Siswi SMA Negeri 4 Muaro Jambi." Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan aplikasi AI serta memberikan keterampilan kepada siswa dalam merancang instruksi atau "prompt" yang jelas dan efektif untuk berinteraksi dengan AI, seperti ChatGPT dan Gemini AI. Dengan pelatihan ini, diharapkan siswa mampu memanfaatkan AI sebagai alat bantu dalam proses belajar, meningkatkan kemampuan belajar mandiri, dan memperluas akses mereka terhadap informasi yang relevan. Kegiatan ini direncanakan berlangsung selama enam bulan dengan target siswa SMA Negeri 4 Muaro Jambi, serta hasil luaran berupa peningkatan pemahaman siswa tentang AI.</span></p>2025-04-30T00:00:00+08:00Hak Cipta (c) 2025 Jurnal Pengabdian Masyarakat UNAMAhttps://ejournal.unama.ac.id/index.php/jpmu/article/view/2173Pelatihan Guru PAUD: Meningkatkan Media Pembelajaran Interaktif dengan Aplikasi Sketch.MetaDemolab2025-03-12T11:57:05+08:00Hendrihendri_boy94@yahoo.comGunardigunardi@unama.ac.idAbdul Hariskucing.kiri.kanan@gmail.comBeni Irawanbeben_delpiero@gmail.comRizki Maulanabeben_delpiero@gmail.com<p><em>Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) merupakan tahap penting dalam pembentukan karakter dan kemapuan dasar anak – anak. Pada masa ini, metode pembelajaran yang interaktif dan kreatif sangat diperlukan untuk merangsang imajinasi dan minat anak – anak. Seiring perkembangan teknologi, penggunaann media digital dapat menjadi Solusi dalam meningkatkan efektifitas pembelajaran. Pengabdian Kepada Masyarakat ini bertujuan untuk melaksanakan pelatihan bagi guru – guru PAUD di Kota Jambi, khususnya dalam penggunaan aplikasi Sketch.Metademolab sebagai media pembelajaran interaktif. Aplikasi ini memungkinkan pembuatan sketsa dan animasi sederhana yang dapat meningkatkan keterlibatan dan minat anak – anak dalam proses belajar. Selain itu pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan keterampilan guru dalam memanfaatkan teknologi digital untuk menciptakan lingkungan belajar yang kreatif dan imersif. Hasil dari pelatihan ini adalah peningkatan kemampuan guru dalam menciptakan media pembelajaran yang interaktif. </em></p>2025-04-30T00:00:00+08:00Hak Cipta (c) 2025 Jurnal Pengabdian Masyarakat UNAMAhttps://ejournal.unama.ac.id/index.php/jpmu/article/view/2088SOSIALISASI PEMANFAATAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI) DALAM PEMBELAJARAN PADA SISWA/I SMKN 9 MUARO JAMBI2025-03-12T12:05:23+08:00Manja Purnasarimanjapurnasari22@gmail.comYessi Hartiwiyessihartiwi26@gmail.comNurhayatinurhayatihalim75@gmail.comDwi Ayu Gusriyantiayumahadi29@gmail.comYulia Arvitayulia_arvita@yahoo.co.id<p>Dalam era digital saat ini, Artificial Intelligence (AI) telah mengemuka sebagai teknologi yang berpotensi besar untuk merevolusi sektor pendidikan dengan meningkatkan proses dan hasil pembelajaran. AI, dengan kemampuannya dalam personalisasi materi ajar dan analisis data, memungkinkan peningkatan efektivitas pengajaran dan pembelajaran. Di tengah tuntutan keterampilan abad ke-21, seperti berpikir kritis, kreativitas, dan kolaborasi, AI dapat berfungsi sebagai alat yang mendukung pengembangan keterampilan tersebut. Salah satu aplikasi AI yang menonjol adalah Chat GPT (Generative Pre-trained Transformer), yang menawarkan kemungkinan baru dalam interaksi antara manusia dan komputer serta akses informasi yang lebih luas, selain itu beberapa aplikasi AI yang dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran seperti, Khan Academy, Duolingo dan Canva. Namun, integrasi AI dalam pendidikan masih menghadapi tantangan, terutama terkait kurangnya pengetahuan dan pemahaman tentang teknologi ini di kalangan pendidik, siswa, dan orang tua. Tinjauan awal di SMK Negeri 9 Muaro Jambi menunjukkan bahwa belum ada sosialisasi mengenai pemanfaatan AI untuk pembelajaran. Untuk mengatasi hal ini, tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) merencanakan program edukasi bertema "Sosialisasi Pemanfaatan Artificial Intelligence (AI) Dalam Pembelajaran Pada Siswa/i SMK Negeri 9 Muaro Jambi" dengan tujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan siswa dalam menggunakan teknologi AI sebagai penunjang proses pembelajaran di sekolah.</p>2025-04-30T00:00:00+08:00Hak Cipta (c) 2025 Jurnal Pengabdian Masyarakat UNAMAhttps://ejournal.unama.ac.id/index.php/jpmu/article/view/2168Pelatihan Bisnis Digital UMKM Desa Pijoan Untuk Meningkatkan Penjualan Online Dengan Linktree2025-03-12T11:48:25+08:00Despita Meisakdespitam88@gmail.comRobby Setiawanroby.setiawan.jet@gmail.comM.Riza Pahlevirizapahlevi@gmail.comAgus Nugrohoagusnugroho0888@gmail.comEko AripWinantoekoaripwinanto@gmail.comAmronibh36be@gmail.com<p><em>Dalam era digital yang berkembang pesat, pelaku UMKM dihadapkan pada tantangan memanfaatkan berbagai platform digital secara efektif. Salah satu alat yang diperkenalkan dalam pelatihan ini adalah Linktree, yang memungkinkan pengintegrasian berbagai kanal pemasaran seperti media sosial, marketplace, dan website dalam satu tautan. Dengan Linktree, UMKM dapat mempermudah akses bagi konsumen ke berbagai platform penjualan mereka, sehingga meningkatkan visibilitas produk dan penjualan secara online. Pelatihan Bisnis Digital UMKM Desa Pijoan bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dalam memanfaatkan teknologi digital untuk meningkatkan penjualan produk secara online. Hasil dari pelatihan ini adalah peningkatan penjualan produk, serta pengurangan kerumitan akses bagi konsumen. Selain itu, kegiatan ini juga menghasilkan publikasi ilmiah di OJS JPMU (Jurnal Pengabdian Masyarakat Unama) sebagai bentuk kontribusi akademik dari program pengabdian masyarakat. Dengan pelatihan ini, diharapkan pelaku UMKM Desa Pijoan mampu bersaing secara lebih efektif di pasar digital yang semakin kompetitif.</em></p>2025-04-30T00:00:00+08:00Hak Cipta (c) 2025 Jurnal Pengabdian Masyarakat UNAMAhttps://ejournal.unama.ac.id/index.php/jpmu/article/view/2192MENINGKATAN LITERASI DIGITAL SISWA SMA MELALUI PELATIHAN DIGITAL SKILL DAN ETIKA DIGITAL UNTUK PENGGUNAAN TEKNOLOGI YANG BIJAK DAN PRODUKTIF2025-03-12T11:47:05+08:00chindra saputrachindrasaputra@gmail.comM. Irwan Bustamiirwan.sk05@gmail.comXaverius Sikamisterius_ius@yahoo.comAfrizal Nehemia Toscanyafrizalnehemia@gmail.comWahyu Nugrahawahyu.nugraha015@gmail.comRaka Jumersyah Pratamarakajumersyahpratama74222@gmail.com<p>Kemajuan teknologi digital telah membawa perubahan signifikan dalam berbagai aspek kehidupan, terutama di kalangan generasi muda. Literasi digital menjadi keterampilan penting yang harus dimiliki siswa untuk menghadapi era digital. Program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini bertujuan untuk meningkatkan literasi digital siswa SMA N 4 Tanjung Jabung Timur melalui pelatihan keterampilan digital dan etika digital. Pelatihan ini berfokus pada penguasaan teknologi kecerdasan buatan (AI) dan penerapan prinsip-prinsip etika dalam penggunaan teknologi. Program ini melibatkan 32 siswa kelas XII SMA N 4 Tanjung Jabung Timur dengan pendekatan teoritis dan praktis. Berdasarkan data, di Provinsi Jambi terdapat 440 SMA/SMK, namun hanya 12 sekolah yang telah mendapatkan program literasi digital. SMA N 4 Tanjung Jabung Timur termasuk salah satu sekolah yang baru pertama kali menerima pelatihan ini. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan pemahaman peserta mengenai konsep literasi digital, terutama dalam aspek keterampilan digital dan etika digital. Pelatihan ini diharapkan menjadi langkah awal untuk menjalin kerja sama berkelanjutan antara universitas dan sekolah dalam memperluas penyebaran literasi digital di wilayah Jambi.</p>2025-04-30T00:00:00+08:00Hak Cipta (c) 2025 Jurnal Pengabdian Masyarakat UNAMAhttps://ejournal.unama.ac.id/index.php/jpmu/article/view/2165Pelatihan Inovasi Pembelajaran Berbasis Augmented Reality dan Inovasi Produk Digital pada Ponpes Tahfidz Satu Quran Jambi2025-03-12T12:04:20+08:00Ali Sadikinnikidasilva@gmail.comNurhadinurhadi@unama.ac.idBeni Purnamabennipurnama@stikom_db.ac.idYessi Hartiwiyessihartiwi26@gmail.com<p><em>Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di Pondok Pesantren Tahfidz Satu Quran Jambi melalui pelatihan Augmented Reality (AR) sebagai inovasi dalam metode pengajaran. Teknologi AR memungkinkan visualisasi interaktif, terutama dalam materi keagamaan seperti pengurusan jenazah, sehingga lebih mudah dipahami. Selain sebagai media pembelajaran, AR juga memiliki potensi dalam pengembangan inovasi produk digital yang dapat dimanfaatkan dalam wirausaha berbasis teknologi. Dengan pemanfaatan aplikasi AR dan konten edukatif digital, pesantren dapat meningkatkan efisiensi pengelolaan pendidikan sekaligus menciptakan peluang bisnis digital bagi santri. Pelatihan ini memberikan pengetahuan dasar dan keterampilan praktis bagi pengajar dan santri dalam memanfaatkan AR, serta membekali mereka dengan wawasan tentang penerapan teknologi digital dalam berbagai unit usaha pesantren. Diharapkan pengajar dapat mengintegrasikan teknologi ini dalam pembelajaran, menciptakan pengalaman belajar yang lebih menarik, serta membuka peluang inovasi produk digital yang mendukung kemandirian pesantren dan santri dalam menghadapi tantangan era digital</em></p>2025-04-30T00:00:00+08:00Hak Cipta (c) 2025 Jurnal Pengabdian Masyarakat UNAMAhttps://ejournal.unama.ac.id/index.php/jpmu/article/view/2187Pelatihan Mengoptimalkan Penulisan Ilmiah dengan Open Knowledge Map dan Quillbot pada Himpunan Mahasiswa Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Jambi2025-03-12T11:55:36+08:00Silvia Rianti Agustinisilviarianti7@gmail.comHendrihendri_boy94@yahoo.comImelda Yoseimeldayose74@gmail.comLola Astrid Yoritalolayoritaastri@unama.ac.idLies Aryaniliesaryani6@gmail.comSyamsida Rozisyamsyida.rozi@gmail.com<p><em>Kemampuan menulis ilmiah dan melakukan riset yang efektif merupakan kompetensi penting bagi mahasiswa, terutama di Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Jambi. Namun, berbagai kendala seperti keterbatasan akses literatur, penyusunan kerangka penelitian, serta permasalahan tata bahasa dan penerjemahan sering menghambat proses akademik. Untuk mengatasi hal ini, diadakan pelatihan penggunaan Open Knowledge Map dan Quillbot guna meningkatkan keterampilan riset dan penulisan ilmiah mahasiswa. Open Knowledge Map membantu dalam pemetaan literatur, sementara Quillbot mendukung penyusunan kerangka penelitian, referensi, perbaikan tata bahasa, serta penerjemahan teks akademik. Hasil evaluasi pre-test dan post-test menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman dan keterampilan mahasiswa. Pelatihan ini tidak hanya meningkatkan kepercayaan diri mahasiswa dalam riset dan penulisan ilmiah, tetapi juga mendorong partisipasi mereka dalam forum akademik. Dengan keberhasilannya, model pelatihan ini berpotensi diterapkan di berbagai perguruan tinggi untuk mengembangkan keterampilan ilmiah mahasiswa.</em></p>2025-04-30T00:00:00+08:00Hak Cipta (c) 2025 Jurnal Pengabdian Masyarakat UNAMAhttps://ejournal.unama.ac.id/index.php/jpmu/article/view/2163Pelatihan penggunaan ChatGPT guna peningkatan kompetensi guru dalam era digitalisasi pada MGMP Bahasa Inggris kota Jambi2025-03-12T12:02:07+08:00Masgomasgowu@gmail.comNurhadinurhadi@unama.ac.idMerymerykat89@gmail.comLaura Prasastilauraprasasti28@gmail.com<p>Era digitalisasi ditandai dengan kecanggihan teknologi AI (artifial Inteligence) yang menguasai seluruh aspek kehidupan, apalagi pencarian informasi berada diujung jari, berkat adanya ChatGPT yang merupakan Bahasa generatif menggunakan deep learning. ChatGPT belakangan ini telah marak diperbincangkan di dunia Pendidikan, karena semua lapisan usia baik siswa sekolah, guru bahkan dosen telah menggunakannya untuk mempermudah urusan mereka namun mungkin masih sebatas melakukan pencarian data yang dibutuhkan. Padahal ChatGPT dapat melakukan lebih dari itu, misalnya untuk menyusun bahan ajar, namun berdasarkan survei kelapangan banyak dari guru yang belum mengerti cara memanfaatkannya dalam menulis. Untuk itu kegiatan PKM kali ini pesertanya adalah Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Inggris di Kota Jambi yang menggunakan tempat di SMP Negeri 10 Kota Jambi, dikarenakan setiap minggu khususnya hari Jumat selalu diadakan MGMP Bahasa Inggris di sana. Sehingga, pengabdian ini bertujuan memberikan pengetahuan dan pelatihan penggunaan ChatGPT untuk menunjang dan mempermudah kegiatan guru dalam melakukan pengajaran. Metode pelaksanaan untuk kegiatan PKM adalah : (1) Melakukan pengenalan ChatGPT, (2) Praktek bagaimana cara melakukan pencarian data yang dibutuhkan (3) Praktek cara Menyusun bahan ajar mata pelajaran (4) Evaluasi</p>2025-04-30T00:00:00+08:00Hak Cipta (c) 2025 Jurnal Pengabdian Masyarakat UNAMAhttps://ejournal.unama.ac.id/index.php/jpmu/article/view/2174Pelatihan games Mathematika berbasis Digital untuk siswa SD Excellent Mandiri Kota Jambi2025-03-12T12:06:32+08:00Beni Irawanbeben_delpiero@yahoo.co.idDespita Meisakdespitam88@gmail.comSilvia Riantisilviarianti7@gmail.comSyamsyida Rozisyamsyida.rozi@gmail.comFarid Ghais Ramahdanf2672251@gmail.comIcha Valentinaichavalentinanew@gmail.com<p><em>Perkembangan teknologi digital telah membuka peluang baru dalam metode pembelajaran, termasuk dalam pengajaran matematika di tingkat sekolah dasar. Proyek ini bertujuan untuk mengintegrasikan permainan matematika berbasis digital ke dalam proses pembelajaran di SD Excellent Mandiri Kota Jambi. Pelatihan ini dirancang untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep-konsep matematika, sekaligus menumbuhkan minat dan motivasi mereka melalui pendekatan yang interaktif dan menyenangkan. Metode yang digunakan dalam pelatihan ini melibatkan penggunaan aplikasi permainan digital yang disesuaikan dengan kurikulum matematika. Siswa dilatih untuk memainkan dan memecahkan masalah matematika yang disajikan dalam bentuk permainan, baik secara individu maupun dalam kelompok.Pelatihan ini diharapkan dapat menjadi model pembelajaran inovatif yang dapat diterapkan di sekolah-sekolah lain, guna meningkatkan kualitas pendidikan matematika dan mempersiapkan siswa untuk menghadapi tantangan di era digital.</em></p> <p><em> </em></p>2025-04-30T00:00:00+08:00Hak Cipta (c) 2025 Jurnal Pengabdian Masyarakat UNAMAhttps://ejournal.unama.ac.id/index.php/jpmu/article/view/2155PELATIHAN BUSINESS MODEL CANVAS BAGI SISWA SMAN 3 KOTA JAMBI DALAM MEMBANGUN BISNIS2025-03-12T12:01:02+08:00Irfan Hassandiirfanhassandi06@gmail.comMardianamardiana.rdn@gmail.comMelani Kadarmelanikadar@gmail.comEffiyaldieffiyaldi@unama.ac.id<p>Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertemakan Pelatihan <em>Business Model Canvas </em>bagi siswa SMAN 3 Kota Jambi untuk membangun bisnis. Kegiatan dilakukan di SMAN 3 Kota Jambi. Kegiatan diikuti oleh 32 siswa dari kelas X SMAN 3 Kota Jambi. Kegiatan pengabdian ini dilakukan pada hari rabu, 22 Januari 2025. Pengabdian ini berfokus untuk mengajarkan metode <em>Business Model Canvas</em> kepada siswa SMA sejak dini guna meningkatkan motivasi mereka untuk berwirausaha, Output yang didapatkan bahwa seluruh peserta merasa kegiatan pelatihan ini bermanfaat dan meningkatkan motivasi mereka untuk berbisnis dan juga menambah wawasan mereka tentang dunia bisnis.</p>2025-04-30T00:00:00+08:00Hak Cipta (c) 2025 Jurnal Pengabdian Masyarakat UNAMAhttps://ejournal.unama.ac.id/index.php/jpmu/article/view/2169Pelatihan Penentuan Harga Pokok Penjualan dan Pembukuan Keuangan Digital Pada Kelompok UMKM Desa Muaro Pijoan2025-03-12T11:58:34+08:00Ayu Feranikaayuferanika2@gmail.comYossinomitayossinomita.saputra@gmail.comMardianamardiana.rdn@gmail.comMaria Rosariodiamar_ros@yahoo.comGunardigun4rdi.sj@gmail.comErin Patresiaerinfatrisia06@gmail.comDwi Ananda Dstaridwieananda02@gmail.com<p><em>Desa Muaro Pijoan terletak di provinsi jambi kabupaten Muaro Jambi, kecamatan Jambi Luar Kota. Berdasarkan hasil survei yang telah dilakukan, pada potensi ekonomi desa, Desa Muaro Pijoan memiliki BUMDes yang kegiatannya dapat dilihat dari usaha yang dihasilkan masyarat desa tersebut yang memiliki nilai ekonomis. Kelompok UMKM Desa Muara Pijoan dinaungi langsung oleh BUMDes, namun pada praktiknya kelompok UMKM tersebut belum mengimplementasikan perhitungan harga pokok penjualan dalam menentukan harga jual, sehingga mengalami kesulitan dalam memperkirakan harga jual yang tepat, dan keuntungan yang maksimal. Selain itu, UMKM belum memiliki pencatatan keuangan yang sesuai dengan standar, sehingga kendala pendanaan, dan mengetahui informasi peningkatan/penurunan omset tidak dapat di monitoring secara berkala. Oleh karena itu, kegiatan ini dilaksanakan bertujuan memberikan solusi permasalahan yang dihadapi dengan memberikan pelatihan perhitungan HPP dan menyusun laporan keuangan digital kepada kelompok UMKM Desa Muaro Pijoan guna sebagai upaya penunjang dalam meningkatkan pemberdayaan ekonomi masyarakat desa</em><em>.</em></p>2025-04-30T00:00:00+08:00Hak Cipta (c) 2025 Jurnal Pengabdian Masyarakat UNAMAhttps://ejournal.unama.ac.id/index.php/jpmu/article/view/2015WORKSHOP NETIKET DAN KEAMANAN DIGITAL BAGI SISWA/I SMA NEGERI 8 KOTA JAMBI2025-03-12T12:07:32+08:00Willy Riyadiwriyadi5@gmail.comFachruddinfachruddin.stikom@gmail.comKurniabudikbudiz@yahoo.com<p><em>Internet telah menyatu erat dengan gaya hidup modern, khususnya bagi kaum muda, Sebagai media yang kaya akan informasi, hiburan, dan sarana komunikasi, internet telah merubah cara kita belajar, bekerja, dan berinteraksi. Di Indonesia berdasarkan Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), penetrasi internet terus meningkat secara signifikan, Fakta ini memperlihatkan adanya ketergantungan yang semakin meningkat pada teknologi digital di tengah masyarakat. Dalam era digital yang semakin kompleks, keamanan digital dan netiket (net etiquette) menjadi isu yang sangat relevan. Hal ini juga sejalan dengan beberapa regulasi yang berlaku di Indonesia, di antaranya Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE) serta Undang-Undang Nomor 27 Tahun 2022 tentang Perlindungan Data Pribadi (UU PDP). SMA Negeri 8 Kota Jambi bertempat di Jl. Marsda Surya Dharma Km. 8, Kenali Asam Bawah, Kec. Kota Baru, Kota Jambi, menghadapi tantangan dalam hal kurangnya sosialisasi netiket (net etiquette) berupa aturan sopan santun, etika dan tata krama dalam penggunaan media sosial serta teknik melindungi serta menghindari penyalahgunaan data pribadi saat terhubung ke dunia maya. Workshop ini menjadi upaya konkret dalam mewujudkan siswa menjadi warga digital yang bertanggung jawab dan mampu memanfaatkan teknologi secara bijak.</em></p>2025-04-30T00:00:00+08:00Hak Cipta (c) 2025 Jurnal Pengabdian Masyarakat UNAMAhttps://ejournal.unama.ac.id/index.php/jpmu/article/view/2166PELATIHAN DESIGN UI/UX MENGGUNAKAN TOOL PENPOT PADA SISWA SMK DHARMA BHAKTI 4 KOTA JAMBI2025-03-12T11:49:38+08:00Nurhayatinurhayatihalim75@gmail.comZulfi karmanzulfikarman04@gmail.comChandy Ophelia SChandyophelia94@gmail.comManja Purnasaripurnasari1405@gmail.comSiska Nurul Marwiyahsiskanurulmarwiyah@gmail.com<p>Pelatihan UI/UX menggunakan tool Penpot bertujuan untuk membekali peserta dengan keterampilan desain antarmuka dan pengalaman pengguna yang efektif dengan memanfaatkan perangkat lunak sumber terbuka Penpot. Pelatihan ini meliputi pengenalan dasar-dasar UI/UX, konsep desain, serta aplikasi praktis menggunakan Penpot. Dengan Penpot, peserta akan mempelajari cara membuat wireframe, prototipe, dan desain visual yang responsif. Fokus pelatihan juga mencakup teknik kolaborasi dan feedback iteratif, serta bagaimana memanfaatkan fitur-fitur Penpot untuk meningkatkan efisiensi dan kreativitas dalam proses desain. Di akhir pelatihan, peserta diharapkan memiliki pemahaman mendalam tentang prinsip-prinsip UI/UX dan kemampuan praktis untuk menerapkannya dalam proyek desain menggunakan Penpot.</p>2025-04-30T00:00:00+08:00Hak Cipta (c) 2025 Jurnal Pengabdian Masyarakat UNAMAhttps://ejournal.unama.ac.id/index.php/jpmu/article/view/2191MENINGKATKAN PEMAHAMAN BIJAK BERMEDIA SOSIAL MELALUI LITERASI DIGITAL DAN NETIKET BAGI SISWA/I SMA IT AN-NAHL KOTA JAMBI2025-03-12T11:52:11+08:00Imam Rofi'iimam.sate18@gmail.comDwi Ayu Gusriyantiayumahadi29@gmail.comLazuardi Yudha Pradanayudhalazuardi77@gmail.comsurutosurotorubiso@gmail.comelvi yantielvote92@gmail.com<p><em>Penggunaan media sosial di sekolah semakin meningkat di era digital, lebih fokus pada penggunaan media sosial dengan antusias. Literasi digital dan jaringan menjadi kunci untuk menciptakan lingkungan online yang sehat dan positif. Memahami etika dan risiko media sosial, seperti pelecehan, penindasan maya, dan masalah privasi, menjadikan program literasi digital penting bagi siswa. Program "Meningkatkan Kesadaran Media Sosial melalui Literasi dan Jaringan Digital" bertujuan untuk membekali siswa dengan pengetahuan tentang rumah dan penggunaan media sosial, serta untuk memitigasi risiko. Program tersebut meliputi lokakarya, simulasi, dan diskusi interaktif untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang media sosial dan mendorong partisipasi aktif dalam penggunaan media sosial di lingkungan sekolah. Hasilnya menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam pengetahuan siswa tentang literasi digital dan jaringan, dengan tes standar menunjukkan peningkatan sebesar 90,8%. Hal ini menandakan bahwa siswa tidak hanya memahami teori tetapi dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari di dunia digital. Keberhasilan program ini menunjukkan bahwa program ini meningkatkan kesadaran siswa terhadap rumah media sosial dan mendorong interaksi yang lebih bermakna di dunia digital. Dengan demikian, hal ini dapat memberikan dampak positif dalam menciptakan lingkungan digital yang lebih sehat dan aman serta mendorong sekolah untuk mengembangkan individu muda yang antusias dalam media sosial.</em></p>2025-04-30T00:00:00+08:00Hak Cipta (c) 2025 Jurnal Pengabdian Masyarakat UNAMAhttps://ejournal.unama.ac.id/index.php/jpmu/article/view/2164PELATIHAN PEMBUATAN BAHAN AJAR MENGGUNAKAN CANVA BAGI GURU SMA NEGERI 2 BATANGHARI2025-03-12T11:45:53+08:00Suyantisuyanti272@gmail.comLola Yorita Astriastrilolayorita@gmail.com<p><em>Perkembangan Di era digital ini, perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah mengubah cara kita belajar dan mengajar. Guru dihadapkan pada tantangan untuk merancang materi pembelajaran yang tidak hanya informatif, tetapi juga menarik dan interaktif. Salah satu alat yang dapat membantu dalam pembuatan bahan ajar adalah Canva. Canva merupakan aplikasi berbasis web dan mobile yang memudahkan pengguna dalam membuat konten visual tanpa memerlukan keahlian desain grafis yang tinggi. SMA Negeri 2 Batanghari memiliki banyak guru yang masih mengalami kesulitan dalam membuat bahan ajar berbasis IT. Oleh karena itu, pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan guru dalam menggunakan Canva sebagai media pembuatan bahan ajar. Metode yang digunakan dalam pelatihan ini adalah pemaparan teori, praktik langsung, dan evaluasi hasil karya peserta. Hasil pelatihan menunjukkan peningkatan keterampilan guru dalam menggunakan Canva serta meningkatnya kualitas bahan ajar yang mereka hasilkan</em></p>2025-04-30T00:00:00+08:00Hak Cipta (c) 2025 Jurnal Pengabdian Masyarakat UNAMA