MENUMBUHKAN JIWA ENTREPRENEUR UNTUK MENINGKATKAN PENDAPATAN PADA ANGGOTA RUMAH BACA JAKOSE MELALUI BISNIS MODEL CANVAS (BMC)
DOI:
https://doi.org/10.33998/jpmu.2023.2.2.1365Kata Kunci:
kewirausahaan, Bisnis Model Canvas, organisasiAbstrak
Pentingnya sumber daya terutama finansial, dalam organisasi sosial terutama ini yang dirasakan salah satu organisasi sosial yaitu rumah baca jakose (jambi kota seberang) yang mana dalam melakukan kegiatan harus ada dana yang harus dikeluarkan agar kegiatan berjalan dengan lancar. Oleh karena itu, dengan adanya pelatihan ini diharapkan para anggota rumah baca jakose bisa meningkatkan jiwa kewirausahaannya serta menuangkan serta menciptakan ide bisnisnya melalui business model canva, yang mana penggunannya yang related mudah, diharapkan para anggota rumah baca jakose sehingga bisnis yang mereka buat inilah yang akan jadi usaha yang memberikan pendapatan untuk operasi ataupun kegiatan social mereka nantinya yang dihasilkan melalui pelatihan “menumbuhkan jiwa entrepreneur untuk meningkatkan pendapatan pada anggota rumah baca jakose melalui Bisnis Model Canvas (BMC)”
Rumah Baca Jakose (jambi kota seberang) sendiri adalah organisasi sosial yang mana ingin Menjadikan rumah baca jakosa sebagai wadah penyaluran kreativitas sesuai bakat dan minat bagi anak-anak remaja dan masyarakat.Dan memiliki misi Menanamkan kebiasaan membaca dan belajar menjadi suatu hobi dan kegiatan yang menarik bagi anak-anak dalam mewujudkan kemampuan anak-anak yang memahami nilai moral kreatif dan cerdas sehingga dapat mengambil peran untuk masyarakat dan lingkungan
Metode yang dipakai dalam kegiatan ini adalah pelatihan dengan langkah-langkah sebagai berikut 1) Memberikan pemahaman mengenai entrepreneur, pada kelompok anggota jakose, 2) Simulasi teori, berupa praktek pemakaian Bisnis Model Canvas (BMC), 4) Monitoring selama 1 bulan, 5) Evaluasi.
Unduhan
Referensi
Anggraini, N. (2020). Analisis Usaha Mikro dengan Pendekatan Business Model Canvas (BMC). Ekonomi Dan Bisnis, 6(2), 139–156. https://doi.org/10.35590/jeb.v6i2.1313
Awaluddin, R. (2021). Pelatihan Pengembangan Bisnis BUMDes Dengan Analisis SWOT Dan Bussines Model Canvas Di Desa Lengkong, Kuningan. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 04(02), 116–125.
Coyanda, J. R. (2020). Model Technopreneur IT Mahasiswa Pada Masa Pandemic Covid 19 dengan Metode Business Model Canvas. Jurnal Ilmiah Informatika Global, 11(1), 27–32. https://doi.org/10.36982/jig.v11i1.1069
Hambali, A., & Andarini, S. (2021). Formulasi Strategi Pengembangan Bisnis Menggunakan Pendekatan Business Model Canvas (Bmc) Dan Swot Analysis Dalam Upaya Meningkatkan Daya Saing Pada Piring Seng Coffee & Co Tunjungan Surabaya. Journal of Applied Business Administration, 5(2), 131–142. https://doi.org/10.30871/jaba.v5i2.2969
Jehan Ahsha Kamilan, & Nurcholisah, K. (2022). Pengaruh Kemampuan Menyusun Laporan Keuangan dan Jiwa Kewirausahaan terhadap Kinerja Operasional UMKM. Jurnal Riset Akuntansi, 63–69. https://doi.org/10.29313/jra.v2i1.975
Martoyo, H., & Sudarti, K. (2022). Fasilitasi Penyusunan Bisnis Model Canvas Pada UMKM Cirebon. 4(2), 185–195.
Maulana, Y. M., Informasi, S. S., & Dinamika, U. (2022). Pelatihan dan Pendampingan Pembuatan Business Model Canvas untuk Siswa SMAN 4 Surabaya. 2(5), 1–6.
Ni’am, A. C. (2016). Pengembangan Jiwa Kewirausahaan Siswa Sma Muhammadiyah 1 Gresik. Prosiding Seminar Nasional Sains Dan Teknologi Terapan, 139–142.
Noor, E., Hardjomidjojo, H., Rohaeti, E., & Kurniawan, A. (2022). Business Model Analysis of Agro-Industrial Development of Rice Husks-Based Silica By Business Model Canvas Approach. Jurnal Teknologi Industri Pertanian, 32(2), 156–165. https://doi.org/10.24961/j.tek.ind.pert.2022.32.2.156
Pramularso, E. Y., Nurhayaty, E., Susilowati, I. H., & Marginingsih, R. (2022). Pelatihan Pembuatan Business Plan Dengan Menggunakan Metode Business Model Canvas (Bmc) Pada Komunitas Perempuan Indonesia Maju. SELAPARANG. Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 6(2), 726–732. http://journal.ummat.ac.id/index.php/jpmb/article/view/8335%0Ahttps://journal.ummat.ac.id/index.php/jpmb/article/download/8335/4585
Prastyaningtyas, E. W., & Arifin, Z. (2019). Pentingnya Pendidikan Kewirausahaan pada Mahasiswa dengan Memanfaatkan Teknologi Digital Sebagai Upaya Menghadapi Revolusi 4.0. Proceedings of The ICECRS, 2(1), 281–285. https://doi.org/10.21070/picecrs.v2i1.2382
Rante, Y., & Ratang, W. (2020). Analisis Faktor-Faktor Jiwa Kewirausahaan Pada. 4(2013), 12–16.
Rusminah HR, R., Hilmiati, H., & Achmad, E. (2021). Menumbuhkan Jiwa Kewirausahaan Dan Penyusunan Rencana Bisnis Pada Para Pemuda Di Desa Kerumut Kecamatan Pringgabaya Kabupaten Lombok Timur. Jurnal Abdimas Independen, 1(2), 41–48. https://doi.org/10.29303/independen.v1i2.14
Safitri, E., & Nawawi, Z. (2022). Pengembangan Jiwa Kewirausahaan/ Enterpreneurship di Kalangan Generasi Muda. Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi Dan Manajemen (JIKEM), 2(1), 129–138.
Saragih, R., & Purba, T. O. H. (2022). PENGUATAN DIGITALISASI MARKETING UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN PADA PELAKU UMKM PEREMPUAN. 2(2), 137–144.
Subekti, P., Nizar Yogatama, A., Anjaningrum, W. D., & Sidi, A. P. (2021). Pelatihan Business Model Canvas Bagi Siswa SMA Diponegoro Tumpang Dalam Membangun Bisnis di Masa Pandemi (Vol. 2, Issue 2).