PELATIHAN APLIKASI PLATFORM DIGITAL E-COMMERCE SEBAGAI MEDIA PEMASARAN DIGITAL PADA UMKM UP2K KELURAHAN PAALMERAH

Penulis

  • Febby Nanda Utami Universitas Dinamika Bangsa
  • Yossinomita Universitas Dinamika Bangsa
  • Mira Gustiana Pangestu Universitas Dinamika Bangsa
  • Dwi Angraini Universitas Dinamika Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.33998/jpmu.2023.2.2.885

Abstrak

Situasi era digital telah memasuki era industri 4.0 dimana perkembangannya saat ini tidak hanya berdampak pada perkembangan teknologi dan administrasi saja tetapi juga telah berdampak pada sektor ekonomi. Manfaat dari perkembangan teknologi dirasakan sangat besar menjadi titik balik perubahan gaya hidup masyarakat.Situasi ini dimanfaatkan oleh pemilik usaha, khususnya pemilik UMKM, menjadikan media sosial sebagai salah satu media yang digunakan untuk mengembangkan bisnis dan jaringan bisnisnya (Tabrani et al., 2022).Bagi pelaku bisnis modern, jaringan teknologi komunikasi dan informasi menjadi alternatif dalam mengelola bisnis, baik dalam pengelolaan manajerial, maupun dalam melakukan interaksi antar internal perusahaan (Putra Zai et al., 2021).Pemasaran sendiri dilakukan menggunakan media-media sosial dan yang lebih terbaru berupa e-commerce sebagai media digital baru dalam pemasaran. Penggunaan media digital berupa e-commerce membuat promosi produk dapat dilakukan tanpa batasan ruang dan waktu (ES et al., 2021).E-  commercemenjadi prospek yang baik bagi para pelaku usaha karena telah  memangkas biaya operasional. Melalui e-commerce penjual tidak diharuskan memiliki outlet fisik untuk berjualan (Ujiandari & Saputro, 2018).

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Daftar Pustaka

Anisah, G. (2021). Pelatihan Digital Marketing Menggunakan Platform Marketplace Shopee Untuk Kelompok Pemuda Wirausaha Di Desa Mulyoagung-Bojonegoro. Mafaza : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.32665/mafaza.v1i1.256

Awali, H. (2020). Urgensi Pemanfaatan E-Marketing Pada Keberlangsungan Umkm Di Kota Pekalongan Di Tengah Dampak Covid-19. BALANCA : Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 2(1), 1–14. https://doi.org/10.35905/balanca.v2i1.1342

Databoks.katadata.co.id. (2022). Pertumbuhan Pengunjung Shopee sampai Kuartal II 2022. Data Media Network. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/11/21/ini-pertumbuhan-pengunjung-shopee-sampai-kuartal-ii-2022

ES, Y. R., Farida, N., Agustina, R., Ahmad, J., & Rizki, S. (2021). Pendampingan Kegiatan E-Commerce Pada Petani Aglaonema di Pekalongan Lampung Timur. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JPKM) TABIKPUN, 2(2), 147–156. https://doi.org/10.23960/jpkmt.v2i2.44

Harisno, & Pujadi, T. (2009). E-Business dan E-Commerce Sebagai Trend Taktik Baru Perusahaan. CommIT, 3(3), 67.

Hermawati, M., & Sholihaningtias, D. N. (2022). Pemanfaatan E-Commerce Tokopedia Sebagai Upaya Peningkatan Ekonomi Warga Ibu-Ibu Pkk. Jurnal PkM Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(6), 602. https://doi.org/10.30998/jurnalpkm.v4i6.8844

Hidayati, N., Pungkasanti, P. T., & Wakhidah, N. (2020). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Digital Marketing Umkm Di Kecamatan Tembalang Semarang. Abdimasku : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 119. https://doi.org/10.33633/ja.v3i3.129

Melisa Setiawan Hotana. (2018). Industri E-Commerce Dalam Menciptakan Pasar Yang Kompetitif Berdasarkan Hukum Persaingan Usaha. Jurnal Hukum Bisnis Bonum Commune, 1(1), 28–38. http://jurnal.untag-sby.ac.id/index.php/bonumcommune/article/view/1754

Putra Zai, S. N., Sutipa, E., Eko, Z. A., & Sukmajati, A. (2021). Pelatihan Platform Digital Bisnis Dan Aplikasi Keuangan Pada Umkm Jaringan Muda Wonosari – Delanggu Di Masa Pandemi Covid-19. Budimas : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 303. https://doi.org/10.29040/budimas.v3i2.3022

Rizky, A., Maruti, I. W., Apriyanti, H., & Rama, A. (2022). Pengenalan Dan Pemanfaatan Marketplace E-Commerce. Jurnal Pengabdian Dinamika, 6(1).

Solihat, M., & Sandika, D. (2022). E-commerce di industri 4.0. Jurnal STIE ASIA. https://doi.org/10.32812/jibeka.v16i2.967

Sulaksono, J., & Zakaria, N. (2021). Peranan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Desa Tales Kabupaten Kediri. Prosiding Kolokium JTS UII, 7(3), 103–112.

Supriyadi, O., & Hakim, L. (2022). Penerapan Teknologi E-Commerce Untuk Pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (Studi Pada Umkm Keripik Tempe, Desa Negara Ratu). Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 3919–3924. http://bajangjournal.com/index.php/J-ABDI

Tabrani, M., Apriliah, W., Ardiansyah, D., & Ermawati, E. (2022). Pemanfaatan Media Sosial Dalam Peningkatan Branding Yayasan Rumah Harapan Karawang. Prawara: Jurnal Abdimas, 1(1), 16–22.

Ujiandari, R., & Saputro, A. (2018). Pelatihan Penerapan E-Commerce Menggunakan Tokopedia Untuk Usaha Mikro, Kecil Menengah (Umkm) Kota Tangerang. Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), 1(1), 811–818. http://proceedings.conference.unpas.ac.id/index.php/pkm/article/view/401

Viona, V., Yohanes, K., Steffanie, L. M. W. K., Marta, R. F., & Isnaini, M. (2021). Narasi Shopee Dalam Mengembangkan Ekonomi Kreatif Berbasis Teknologi E-Commerce Di Era Modern. Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(5), 46–65. https://media.neliti.com/media/publications/1246-ID-peranan-pemberdayaan-kesejahteraan-keluarga-pkk-dalam-menggerakkan-partisipasi-m.pdf

Unduhan

Diterbitkan

2023-11-19

Abstract views:

166

PDF Download:

89

DOI:

10.33998/jpmu.2023.2.2.885

Dimension Badge: