PELATIHAN APLIKASI PLATFORM DIGITAL E-COMMERCE SEBAGAI MEDIA PEMASARAN DIGITAL PADA UMKM UP2K KELURAHAN PAALMERAH
DOI:
https://doi.org/10.33998/jpmu.2023.2.2.885Abstrak
Situasi era digital telah memasuki era industri 4.0 dimana perkembangannya saat ini tidak hanya berdampak pada perkembangan teknologi dan administrasi saja tetapi juga telah berdampak pada sektor ekonomi. Manfaat dari perkembangan teknologi dirasakan sangat besar menjadi titik balik perubahan gaya hidup masyarakat.Situasi ini dimanfaatkan oleh pemilik usaha, khususnya pemilik UMKM, menjadikan media sosial sebagai salah satu media yang digunakan untuk mengembangkan bisnis dan jaringan bisnisnya (Tabrani et al., 2022).Bagi pelaku bisnis modern, jaringan teknologi komunikasi dan informasi menjadi alternatif dalam mengelola bisnis, baik dalam pengelolaan manajerial, maupun dalam melakukan interaksi antar internal perusahaan (Putra Zai et al., 2021).Pemasaran sendiri dilakukan menggunakan media-media sosial dan yang lebih terbaru berupa e-commerce sebagai media digital baru dalam pemasaran. Penggunaan media digital berupa e-commerce membuat promosi produk dapat dilakukan tanpa batasan ruang dan waktu (ES et al., 2021).E- commercemenjadi prospek yang baik bagi para pelaku usaha karena telah memangkas biaya operasional. Melalui e-commerce penjual tidak diharuskan memiliki outlet fisik untuk berjualan (Ujiandari & Saputro, 2018).
Unduhan
Referensi
Daftar Pustaka
Anisah, G. (2021). Pelatihan Digital Marketing Menggunakan Platform Marketplace Shopee Untuk Kelompok Pemuda Wirausaha Di Desa Mulyoagung-Bojonegoro. Mafaza : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.32665/mafaza.v1i1.256
Awali, H. (2020). Urgensi Pemanfaatan E-Marketing Pada Keberlangsungan Umkm Di Kota Pekalongan Di Tengah Dampak Covid-19. BALANCA : Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 2(1), 1–14. https://doi.org/10.35905/balanca.v2i1.1342
Databoks.katadata.co.id. (2022). Pertumbuhan Pengunjung Shopee sampai Kuartal II 2022. Data Media Network. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/11/21/ini-pertumbuhan-pengunjung-shopee-sampai-kuartal-ii-2022
ES, Y. R., Farida, N., Agustina, R., Ahmad, J., & Rizki, S. (2021). Pendampingan Kegiatan E-Commerce Pada Petani Aglaonema di Pekalongan Lampung Timur. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JPKM) TABIKPUN, 2(2), 147–156. https://doi.org/10.23960/jpkmt.v2i2.44
Harisno, & Pujadi, T. (2009). E-Business dan E-Commerce Sebagai Trend Taktik Baru Perusahaan. CommIT, 3(3), 67.
Hermawati, M., & Sholihaningtias, D. N. (2022). Pemanfaatan E-Commerce Tokopedia Sebagai Upaya Peningkatan Ekonomi Warga Ibu-Ibu Pkk. Jurnal PkM Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(6), 602. https://doi.org/10.30998/jurnalpkm.v4i6.8844
Hidayati, N., Pungkasanti, P. T., & Wakhidah, N. (2020). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Digital Marketing Umkm Di Kecamatan Tembalang Semarang. Abdimasku : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 119. https://doi.org/10.33633/ja.v3i3.129
Melisa Setiawan Hotana. (2018). Industri E-Commerce Dalam Menciptakan Pasar Yang Kompetitif Berdasarkan Hukum Persaingan Usaha. Jurnal Hukum Bisnis Bonum Commune, 1(1), 28–38. http://jurnal.untag-sby.ac.id/index.php/bonumcommune/article/view/1754
Putra Zai, S. N., Sutipa, E., Eko, Z. A., & Sukmajati, A. (2021). Pelatihan Platform Digital Bisnis Dan Aplikasi Keuangan Pada Umkm Jaringan Muda Wonosari – Delanggu Di Masa Pandemi Covid-19. Budimas : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 303. https://doi.org/10.29040/budimas.v3i2.3022
Rizky, A., Maruti, I. W., Apriyanti, H., & Rama, A. (2022). Pengenalan Dan Pemanfaatan Marketplace E-Commerce. Jurnal Pengabdian Dinamika, 6(1).
Solihat, M., & Sandika, D. (2022). E-commerce di industri 4.0. Jurnal STIE ASIA. https://doi.org/10.32812/jibeka.v16i2.967
Sulaksono, J., & Zakaria, N. (2021). Peranan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Desa Tales Kabupaten Kediri. Prosiding Kolokium JTS UII, 7(3), 103–112.
Supriyadi, O., & Hakim, L. (2022). Penerapan Teknologi E-Commerce Untuk Pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (Studi Pada Umkm Keripik Tempe, Desa Negara Ratu). Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 3919–3924. http://bajangjournal.com/index.php/J-ABDI
Tabrani, M., Apriliah, W., Ardiansyah, D., & Ermawati, E. (2022). Pemanfaatan Media Sosial Dalam Peningkatan Branding Yayasan Rumah Harapan Karawang. Prawara: Jurnal Abdimas, 1(1), 16–22.
Ujiandari, R., & Saputro, A. (2018). Pelatihan Penerapan E-Commerce Menggunakan Tokopedia Untuk Usaha Mikro, Kecil Menengah (Umkm) Kota Tangerang. Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), 1(1), 811–818. http://proceedings.conference.unpas.ac.id/index.php/pkm/article/view/401
Viona, V., Yohanes, K., Steffanie, L. M. W. K., Marta, R. F., & Isnaini, M. (2021). Narasi Shopee Dalam Mengembangkan Ekonomi Kreatif Berbasis Teknologi E-Commerce Di Era Modern. Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(5), 46–65. https://media.neliti.com/media/publications/1246-ID-peranan-pemberdayaan-kesejahteraan-keluarga-pkk-dalam-menggerakkan-partisipasi-m.pdf