PEMANFAATAN SOSIAL MEDIA INSTAGRAM PEMASARAN DALAM UPAYA PROMOSI PRODUK UMKM PADA USAHA MOMOCI DESSERT

Penulis

  • yosi fahdillah Universitas Dinamika Bangsa
  • Mira Gustiana Pangestu Universitas Dinamika Bangsa
  • Yossinomita Universitas Dinamika Bangsa
  • Irfan Hassandi Universitas Dinamika Bangsa
  • Alfito Septiawan Syaputra Universitas Dinamika Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.33998/jpmu.2024.3.2.1829

Kata Kunci:

social media, instagram, MSMEs, promotions

Abstrak

Pengabdianini mencoba mengatasi tantangan pemasaran yang dihadapi oleh Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) khususnya "Momoci Dessert" di Kota Jambi. Dengan fokus pada pemanfaatan platform sosial media Instagram, proposal ini mengusulkan pelatihan yang difasilitasi melalui Focus Group Discussion (FGD) untuk meningkatkan kemampuan pemilik dan karyawan "Momoci Dessert" dalam menggunakan Instagram sebagai alat pemasaran.

Pelatihan ini akan mencakup aspek-aspek seperti pembuatan konten yang menarik, penggunaan fitur-fitur Instagram, manajemen kampanye pemasaran, dan analisis kinerja. FGD akan memberikan ruang untuk berbagi pengalaman dan ide antara peserta, menciptakan kolaborasi, dan memberikan pemahaman mendalam tentang kebutuhan dan tantangan spesifik yang dihadapi oleh "Momoci Dessert".

Hasil dari pelatihan ini diharapkan akan memberikan dampak positif dalam meningkatkan kehadiran online "Momoci Dessert" di Instagram, meningkatkan interaksi dengan pelanggan, dan pada akhirnya, meningkatkan penjualan produk mereka. Proposal ini juga akan mencakup evaluasi dan tindak lanjut untuk memastikan keberlanjutan manfaat dari pelatihan yang diselenggarakan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Anjaningrum, W. D. (2020). Efektivitas Digital Marketing Dan Networks Dalam Mendongkrak Kinerja Pemasaran UKM Di Masa Pandemi Covid-19. SENABISMA: Seminar Nasional Administrasi Bisnis Dan Manajemen, 6(7), 50–61.

Cao, & dkk. (2018). Using social media for competitive business outcomes: An empirical study of companies in China. Journal of Advances in Management Research, 15(2), 211–235. https://doi.org/10.1108/JAMR-05-2017-0060

Nuraini, H., Avi, R., Azizah, N., & Jordi, M. R. (2023). Pendampingan Pemanfaatan Media Sosial Instagram Guna Meningkatkan Segmentasi Pasar Pada UMKM Batik New Colet Jombang. Welfare: Jurnal …, 1(2), 270–276. https://jurnalfebi.iainkediri.ac.id/index.php/Welfare/article/view/377%0Ahttps://jurnalfebi.iainkediri.ac.id/index.php/Welfare/article/download/377/301

Pratama, R. S., Haque, M. H., Ardianta, A., Arumsari, D. N., & Evanthy, A. (2022). Pelatihan promosi dan pemasaran melalui media sosial untuk meningkatkan penjualan umkm di kota surabaya. Karya Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 118–124.

Suprayitno, H., Elvianita, D., & Balitar, U. I. (2017). Pengenalan e-marketing untuk meningkatkan hasil penjualan umkm blitar 1. Hapemas 2.

Syafutri, F., Handayani, E., Vebiyanti, A., & Suyatna, R. G. (2024). Efektivitas Media Sosial Instagram Sebagai Media Promosi Pada UMKM Durian Woke: Studi Kasus Konten Digital Cafe Durian Woke Taktakan. Jurnal Nuansa: Publikasi Ilmu Manajemen Dan Ekonomi Syariah, 2(1), 17–25.

Tafesse, W., & Wien, A. (2018). Implementing social media marketing strategically: an empirical assessment. Journal of Marketing Management, 34(9–10), 732–749. https://doi.org/10.1080/0267257X.2018.1482365

Unduhan

Diterbitkan

2024-10-30

Abstract views:

9

PDF Download:

9

DOI:

10.33998/jpmu.2024.3.2.1829

Dimension Badge:

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama