PELATIHAN KONTEN DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN PROMOSI PADA UMKM DIMME PLACE DI KOTA JAMBI
DOI:
https://doi.org/10.33998/jpmu.2024.3.2.1854Kata Kunci:
Digital content, Promotion MSMEsAbstrak
Pengabdian proposal ini bertujuan untuk mengimplementasikan pelatihan konten digital yang ditujukan untuk pemilik dan karyawan usaha mikro, kecil, dan menengah (umkm) di sektor coffeeshop dimme place. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan umkm dalam menciptakan dan mengelola konten digital yang efektif untuk meningkatkan promosi dan visibilitas bisnis mereka.
mplementasi pelatihan: menyelenggarakan sesi pelatihan interaktif dengan memanfaatkan materi yang relevan, studi kasus, dan praktik langsung dalam menciptakan konten digital.pemantauan dan evaluasi: menyusun metode pemantauan dan evaluasi untuk mengukur efektivitas pelatihan serta memperoleh umpan balik dari peserta.dukungan lanjutan: memberikan dukungan lanjutan setelah pelatihan berakhir, seperti konsultasi online atau sumber daya tambahan untuk mendukung penerapan keterampilan yang telah diperoleh. Manfaat dari pelatihan ini diharapkan dapat terlihat dalam peningkatan promosi dan daya saing bisnis umkm coffeeshop dimme place melalui media digital. Proposal ini juga akan mencakup anggaran, jadwal pelatihan, dan hasil yang diharapkan untuk memastikan keberhasilan implementasi program.
Abstract
This proposal dedication aims to implement digital content training aimed at owners and employees of micro, small and medium enterprises (MSMEs) in the dimme place coffeeshop sector. This training aims to improve MSMEs' abilities in creating and managing effective digital content to increase the promotion and visibility of their business.
training implementation: holding interactive training sessions by utilizing relevant materials, case studies and direct practice in creating digital content. monitoring and evaluation: developing monitoring and evaluation methods to measure the effectiveness of the training and obtain feedback from participants. continued support: providing continued support after training ends, such as online consultations or additional resources to support the application of acquired skills.
It is hoped that the benefits of this training can be seen in increasing the promotion and competitiveness of the MSME coffeeshop dimme place business through digital media. This proposal will also include a budget, training schedule, and expected results to ensure successful implementation of the program.
Unduhan
Referensi
Delicia, C., & Paramita, S. (2022). Konten Tiktok untuk Meningkatkan UMKM di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Rude Basic dan Agate Deluxe). Koneksi, 6(1), 218. https://doi.org/10.24912/kn.v6i1.15768
Dharomesz, V. Y., Api Adyantari, R., Sasmita, P. H., & Oscar Noventa, C. (2023). PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PEMBUATAN KONTEN PROMOSI DI MEDIA SOSIAL MENGGUNAKAN APLIKASI CANVA. 02(November), 469–475.
Elany Tri Yuliyanti, & Ute Chairuz M. Nasution. (2023). Pengembangan Branding Melalui Konten Instagram, Katalog Dan Stiker Label Untuk Meningkatkan Penjualan Produk UD ALINDRA. Jurnal Manajemen Kreatif Dan Inovasi, 2(1), 81–86. https://doi.org/10.59581/jmki-widyakarya.v2i1.2111
Fazra, L., & Ghifari, E. (2024). Penerapan Strategi Digital Marketing Pada Usaha Mikro Kecil Menengah ( UMKM ) Waken Café. 16(3), 504–512.
Mavilinda, H. F., Nazaruddin, A., Daud, I., & Siregar, M. I. (2022). Peningkatan Daya Saing UMKM di Era New Normal Melalui Strategi Pembuatan Konten Promosi Digital. Jurnal Abdimas Musi Charitas, 5(2), 62–70. https://doi.org/10.32524/jamc.v5i2.299
Sidanti, H., Purwanto, H., Megasari, A., & Sholihah, M. M. (2024). Optimalisasi Pembuatan Konten Sosial Media dan E-Commerce pada UMKM My Keranjang : Industri Anyaman Plastik. 1(11), 2825–2831.
Tusholihah, A., SD, P. A., JS, J. N., & Hananto, D. (2023). Kajian Literatur: Konten Media Sosial sebagai Strategi Pemasaran Digital pada UMKM di Indonesia. Philosophiamundi, 3(1), 1–12. https://philosophiamundi.id/index.php/philosophia/article/view/11