PELATIHAN DIGITALISASI MARKETING DALAM UPAYA PENINGKATAN PRODUKSI DAN PEMASARAN PADA BISNIS ONLINE UMKM KERUPUK IKAN KELURAHAN PASIR PANJANG
DOI:
https://doi.org/10.33998/jpmu.2023.2.2.877Abstrak
Abstrak
Digital Marketing memainkan peran penting bagi pelaku UMKM dalam memasarkan produknya sehingga nantinya diharapkan mampu menaikkan penjualan. Kondisi ini jugalah yang mengakibatkan perubahan konsumen dalam memenuhi gaya hidup Agar dapat terus meningkatkan kontribusi dan peran serta tersebut, pelaku UMKM dituntut untuk berkecimpung di dalam platform digital. Ditengah kesulitan dalam mempertahankan UMKM agar tetap beroperasi, salah satu sektor yang diuntungkan adalah sektor yang menggunakan pelayanan digital/secara online. Melalui PKM ini, pelaku UMKM dalam hal ini UMKM Kerupuk ikan pasir panjang akan diberikan pelatihan yang bertujuan menambah pengetahuan tentang cara pemasaran secara digital. Adapun tujuan dari pelatihan digitalisasi marketing agar para pelaku UMKM lebih giat mempromosikan usahanya melalui media digital yang diharapkan dapat menambah promosi sehingga meningkatkan hasil produksi. Metode yang di pakai dalam kegiatan PKM ini adalah : 1.) pemberian materi tentang digitalisasi marketing, 2.) Pemberian materi tentang penggunaan media digital sebagai alat dari pemasaran, 3.) praktek pembuatan media online digital .
Unduhan
Referensi
Anisah, G. (2021). Pelatihan Digital Marketing Menggunakan Platform Marketplace Shopee Untuk Kelompok Pemuda Wirausaha Di Desa Mulyoagung-Bojonegoro. Mafaza : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.32665/mafaza.v1i1.256
Awali, H. (2020). Urgensi Pemanfaatan E-Marketing Pada Keberlangsungan Umkm Di Kota Pekalongan Di Tengah Dampak Covid-19. BALANCA : Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 2(1), 1–14. https://doi.org/10.35905/balanca.v2i1.1342
Databoks.katadata.co.id. (2022). Pertumbuhan Pengunjung Shopee sampai Kuartal II 2022. Data Media Network. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/11/21/ini-pertumbuhan-pengunjung-shopee-sampai-kuartal-ii-2022
ES, Y. R., Farida, N., Agustina, R., Ahmad, J., & Rizki, S. (2021). Pendampingan Kegiatan E-Commerce Pada Petani Aglaonema di Pekalongan Lampung Timur. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JPKM) TABIKPUN, 2(2), 147–156. https://doi.org/10.23960/jpkmt.v2i2.44
Harisno, & Pujadi, T. (2009). E-Business dan E-Commerce Sebagai Trend Taktik Baru Perusahaan. CommIT, 3(3), 67.
Hermawati, M., & Sholihaningtias, D. N. (2022). Pemanfaatan E-Commerce Tokopedia Sebagai Upaya Peningkatan Ekonomi Warga Ibu-Ibu Pkk. Jurnal PkM Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(6), 602. https://doi.org/10.30998/jurnalpkm.v4i6.8844
Hidayati, N., Pungkasanti, P. T., & Wakhidah, N. (2020). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Digital Marketing Umkm Di Kecamatan Tembalang Semarang. Abdimasku : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 119. https://doi.org/10.33633/ja.v3i3.129
Melisa Setiawan Hotana. (2018). Industri E-Commerce Dalam Menciptakan Pasar Yang Kompetitif Berdasarkan Hukum Persaingan Usaha. Jurnal Hukum Bisnis Bonum Commune, 1(1), 28–38. http://jurnal.untag-sby.ac.id/index.php/bonumcommune/article/view/1754
Putra Zai, S. N., Sutipa, E., Eko, Z. A., & Sukmajati, A. (2021). Pelatihan Platform Digital Bisnis Dan Aplikasi Keuangan Pada Umkm Jaringan Muda Wonosari – Delanggu Di Masa Pandemi Covid-19. Budimas : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 303. https://doi.org/10.29040/budimas.v3i2.3022
Rizky, A., Maruti, I. W., Apriyanti, H., & Rama, A. (2022). Pengenalan Dan Pemanfaatan Marketplace E-Commerce. Jurnal Pengabdian Dinamika, 6(1).
Solihat, M., & Sandika, D. (2022). E-commerce di industri 4.0. Jurnal STIE ASIA. https://doi.org/10.32812/jibeka.v16i2.967
Sulaksono, J., & Zakaria, N. (2021). Peranan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Desa Tales Kabupaten Kediri. Prosiding Kolokium JTS UII, 7(3), 103–112.
Supriyadi, O., & Hakim, L. (2022). Penerapan Teknologi E-Commerce Untuk Pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (Studi Pada Umkm Keripik Tempe, Desa Negara Ratu). Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 3919–3924. http://bajangjournal.com/index.php/J-ABDI
Tabrani, M., Apriliah, W., Ardiansyah, D., & Ermawati, E. (2022). Pemanfaatan Media Sosial Dalam Peningkatan Branding Yayasan Rumah Harapan Karawang. Prawara: Jurnal Abdimas, 1(1), 16–22.
Ujiandari, R., & Saputro, A. (2018). Pelatihan Penerapan E-Commerce Menggunakan Tokopedia Untuk Usaha Mikro, Kecil Menengah (Umkm) Kota Tangerang. Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), 1(1), 811–818. http://proceedings.conference.unpas.ac.id/index.php/pkm/article/view/401
Viona, V., Yohanes, K., Steffanie, L. M. W. K., Marta, R. F., & Isnaini, M. (2021). Narasi Shopee Dalam Mengembangkan Ekonomi Kreatif Berbasis Teknologi E-Commerce Di Era Modern. Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(5), 46–65. https://media.neliti.com/media/publications/1246-ID-peranan-pemberdayaan-kesejahteraan-keluarga-pkk-dalam-menggerakkan-partisipasi-m.pdf