PELATIHAN PEMANFAATAN TEKNOLOGI DAN SOSIAL MEDIA PEMASARAN DALAM UPAYA PROMOSI PRODUK UMKM PADA USAHA TUSUK GIGI AULIA (FOCUS GRUP DISCUSTION (FGD) DI KOTA JAMBI

Penulis

  • Mira Gustiana Pangestu Universitas Dinamika Bangsa (UNAMA)
  • Yossinomita Universitas Dinamika Bangsa (UNAMA)
  • Febby Nanda Utami Universitas Dinamika Bangsa (UNAMA)
  • Yosi Fahdillah Universitas Dinamika Bangsa (UNAMA)
  • Aini Tri Agustin Universitas Dinamika Bangsa (UNAMA)

DOI:

https://doi.org/10.33998/jpmu.2024.3.1.1593

Kata Kunci:

Pemasaran digital, Media social, UMKM

Abstrak

Abstrak

 

Digital Pengabdian ini berfokus pada memberikan pelatihan kepada Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang bergerak di bidang tusuk gigi dengan menggunakan teknologi dan media sosial untuk memperkuat upaya promosi produk. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah Focus Group Discussion (FGD). Tujuannya adalah untuk meningkatkan pemahaman UMKM mengenai strategi pemasaran melalui teknologi dan media sosial, sehingga mereka dapat memanfaatkannya untuk mempromosikan produk mereka. Melalui diskusi kelompok, pelaku usaha diberikan wawasan tentang cara menggunakan platform digital dan media sosial secara efektif, memahami perilaku konsumen, dan mengembangkan strategi promosi yang tepat. Diharapkan pelatihan ini akan membantu UMKM dalam mengembangkan usaha mereka melalui pemanfaatan teknologi dan media sosial sebagai alat pemasaran yang lebih modern dan efisien.Dalam kegiatan PKM ini akan berfokus pada sosialisasi mengenai aplikasi penunjang dalam pemasaran produk UMKM yaitu Instagram terhadap para pelaku usaha UMKM Tusuk Gigi Aulia. Oleh karena itu, diharapkan dengan pelatihan ini dapat menambah wawasan tentan g pemasaran yang modern demi menunjang usaha UMKM yang dimiliki.

Metode yang dipakai dalam kegiatan ini adalah pelatihan dengan langkah-langkahsebagaiberikut 1) Memberikan pemahaman mengenai platform digital terhadappemasaran modern pada kelompok UMKM ,2) Pemaparan teori, berupa praktek dalam cara pembuatan akun sampai menggunakan Instagram  3) mengaplikasikan media Instagram dalam pemasaran produk UMKM, 4) Monitoring selama 1 bulan, 5) Evaluasi.

Keywords: Pemasaran digital, Media social, UMKM

Abstract

This Digital Service focuses on providing training to Micro, Small and Medium Enterprises (MSMEs) operating in the toothpick sector by using technology and social media to strengthen product promotion efforts. The method used in this service is Focus Group Discussion (FGD). The aim is to increase MSMEs' understanding of marketing strategies through technology and social media, so that they can use them to promote their products. Through group discussions, business actors are given insight into how to use digital platforms and social media effectively, understand consumer behavior, and develop appropriate promotional strategies. It is hoped that this training will help MSMEs in developing their businesses through the use of technology and social media as more modern and efficient marketing tools. In this PKM activity, the focus will be on socializing supporting applications in marketing MSME products, namely Instagram, to Aulia Toothbrush MSME business actors. . Therefore, it is hoped that this training can increase insight into modern marketing in order to support the MSME businesses they own.The method used in this activity is training with the following steps: 1) Providing an understanding of digital platforms for modern marketing in the MSME group, 2) Presentation of theory, in the form of practice in how to create an account and using Instagram, 3) Applying Instagram media in marketing MSME products, 4 ) Monitoring for 1 month, 5) Evaluation.

Keywords: Digital marketing, social media, MSMEs

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Aisyah, S., & Rachmadi, K. R. (2022). Digitalisasi Pemasaran Melalui Sosial Media Marketing Pada Pelaku Umkm Guna Peningkatan Pendapatan. RESWARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 442–448. https://doi.org/10.46576/rjpkm.v3i2.1866

Ashokkumar, J. (2021). Predicting Intention To Choose E-Shopping Using Theory of Reasoned Action Subjective To Covid 19 Pandemic. Academy of Marketing Studies Journal, 25(4), 1–16.

Budiman, J., & Agustiwi, W. (2022). Utilization Of Digital Marketing For Kaca Cipta Mandiri MSMEs. 2(1), 90–103.

Chusniyah, I., & Fauza, N. (2016). PELATIHAN DIGITAL MARKETING BAGI PELAKU UMKM SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PEMASARAN DI MASA PADEMI BAGI MASYARAKAT. 1(2), 1–23.

Cultivation, F., Budiwidjaksono, G. S., Novianti, A., Khairunisya, A., Ati, M., Ariasta, A., Putri, H. N., & Thalib, M. R. (2023). Pendampingan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM Budidaya Lele Al-Qolam Fish Farm. 2(2), 83–94.

Fahriani, D., Novie, M., & Usada, U. (n.d.). Membangun Branding dan Digitalisasi Marketing Rumah Rajut di Sidokare Kecamatan Sidoarjo Kabupaten Sidoarjo. x(x), 7–12.

Novia, C., Hasanah, L. U., & Amalia, M. R. (2022). Dampak Digitalisasi Marketing Terhadap Daya Saing UKM Tahu. 10(2), 115–122.

Noviana, T. N., Rahmat, D., & Nuryusuf, P. (2022). Optimalisasi Digital Marketing sebagai Strategi Pemasaran UMKM Pasca Pandemi Covid-19 di Desa Parungsueah Kabupaten Sukabumi. Magistrorum et Scholarium: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 12–23.

Nur Ahmas, A. A., Sutrisno, T., & Ratnasari, I. (2022). Upaya Peningkatan Strategi Bersaing Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Melalui Inovasi Desain Kemasan Dan Pemasaran Produk Di Kabupaten Karawang. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 6(1), 124. https://doi.org/10.31764/jpmb.v6i1.7625

Putri, A. D., Kuswoyo, H., Gulo, I., Ngestirosa, E., & Febrina, E. G. (2023). Pengenalan Wawasan Digital Marketing Bagi Guru SMK N 1 Labuhan Maringgai, Lampung Timur. Journal of Social Sciences and Technology for Community Service, 4(1), 147–153. https://doi.org/10.33365/jsstcs.v4i1.2666

Rahman, R. A., Fathurrahman, K., Izzati, A., & Wijaya, W. (2022). SENAMA Peran Kelompok Wanita Tani dalam Meningkatkan Pemasaran. Seminar Nasional Akuntansi Dan Manajemen, 137–148.

Saragih, R., & Purba, T. O. H. (2022). PENGUATAN DIGITALISASI MARKETING UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN PADA PELAKU UMKM PEREMPUAN. 2(2), 137–144.

Unduhan

Diterbitkan

2024-04-30

Abstract views:

13

PDF Download:

7

DOI:

10.33998/jpmu.2024.3.1.1593

Dimension Badge:

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama