EDUKASI PENINGKATAN BRAND DAN PEMASARAN DIGITAL PADA UMKM WARUNG PALOMA DI TELANAIPURA JAMBI

Penulis

  • Hanan Laras Sabrina Universitas Dinamika Bangsa
  • Mardiana R Universitas Dinamika Bangsa
  • Irfan Hassandi Universitas Dinamika Bangsa
  • Muhammad Haris Saputra Universitas Dinamika Bangsa
  • Yosi Fadillah Universitas Dinamika Bangsa
  • Melani Kadar Universitas Dinamika Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.33998/jpmu.2024.3.2.1778

Kata Kunci:

Pemasaran Digital, Manajemen Merek, Pengabdian Masyarakat Kota Jambi, UMKM

Abstrak

Peningkatan brand dan pemasaran digital memegang peran kunci dalam mengangkat profil dan daya saing Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), khususnya pada sektor warung makan. Pada era digital ini, transformasi teknologi telah membuka peluang baru bagi UMKM untuk meningkatkan visibilitas mereka melalui strategi pemasaran online yang efektif. Kegiatan pengabdian ini memiliki tujuan utama memberikan pengetahuan baru untuk UMKM warung makanan yang ada di sekitar telanaipura dan khususnya Warung Makan Paloma. Pengabdian ini dihadiri oleh 6 dosen dan 2 mahasiswa dari Universitas Dinamika Bangsa Jambi serta diikut oleh 23 partisipan. Kegiatan berjalan dengan lancar, dan pemilik Warung Paloma pun berharap agar pelatihan manajemen brand dan pemasaran digital harus lebih banyak lagi terutama untuk UMKM di Kota Jambi

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

W. Yuwono dan L. Willyanto, “Penerapan Advertising dan Digital Marketing Pada Warung Makan Indah Rasa,” Indonesia Bergerak: Jurnal Hasil Kegiatan Pengabdian Masyarakat, vol. 2, no. 1, hlm. 34–47, 2024.

F. Cuandra dan I. Novitasari, “Penerapan Digital Marketing Pada UMKM Bakso Arek Malang,” Innovative: Journal Of Social Science Research, vol. 3, no. 2, hlm. 2289–2298, 2023.

D. Lesmana dan G. M. Valentina, “Digital Marketing Rumah Makan Padang Melalui Instagram Berdasarkan Social Construction of Technology,” COMMENTATE: Journal of Communication Management, vol. 2, no. 1, hlm. 17–31, 2021.

Y. Tresnawati dan K. Prasetyo, “Pemanfaatan digital marketing bagi usaha mikro kecil dan menengah bisnis kuliner,” Journal of New Media and Communication, vol. 1, no. 1, hlm. 43–57, 2022.

L. Purwianti dan S. Susanty, “Penerapan Digital Marketing Pada UMKM Nasi Campur SPL 88,” Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara, vol. 4, no. 4, hlm. 3614–3619, 2023.

N. Paranaon, C. A. Palalangan, dan M. Sau, “Mengungkap Strategi Penerapan Digital Marketing dalam Meningkatkan Pendapatan UMKM Produk Kuliner di Makassar,” Accounting Profession Journal (APAJI), vol. 4, no. 1, 2022.

P. Swissia dan H. Halimah, “Optimalisasi digital marketing dalam meningkatkan branding pada UMKM tempe mbah mul di Desa Purwotani,” J-ABDI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, vol. 2, no. 8, hlm. 5949–5956, 2023.

I. P. Sihombing dan T. Yunita, “Pendampingan Digital Marketing pada Usaha UMKM Bakso Idola Marakash,” NGABDI: Scientific Journal of Community Services, vol. 2, no. 3, hlm. 173–180, 2024.

Unduhan

Diterbitkan

2024-10-30

Abstract views:

16

PDF Download:

15

DOI:

10.33998/jpmu.2024.3.2.1778

Dimension Badge:

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama