PENDAMPINGAN UMKM DALAM PEMANFAATAN AI DAN DIGITAL PAYMENT UNTUK MEMPERKUAT BRANDING PADA DESA MENDALO DARAT JAMBI
DOI:
https://doi.org/10.33998/jpmu.2024.3.1.1553Kata Kunci:
Digital Marketing, Aplikasi Pencatan Keuangan, UMKM, UMKM, Desa Digital, pendampingan umkm, Pemantaan AI, Digital paymentAbstrak
Desa Mendalo Darat di Provinsi Jambi memiliki potensi UMKM yang besar, namun menghadapi tantangan daya saing dan branding di era digital. Transformasi digital, kecerdasan buatan (AI), dan pembayaran digital menjadi krusial di tengah perkembangan teknologi. Kendala utama UMKM terkait kurangnya pemahaman dan akses terhadap teknologi baru, termasuk AI dan pembayaran digital. Pentingnya pendampingan UMKM terlihat dari perlunya meningkatkan efisiensi operasional, pemasaran, dan memperkuat branding. Di era pandemi dan perubahan perilaku konsumen ke platform digital, kehadiran UMKM di ranah digital menjadi kunci keberlanjutan bisnis. Kegiatan pendampingan bertujuan memberdayakan UMKM di Desa Mendalo Darat melalui pemanfaatan teknologi AI dan digital payment, diharapkan meningkatkan daya saing, keberlanjutan usaha, dan memperkuat branding produk. Langkah-langkah konkret mencakup pelatihan, pengenalan aplikasi AI sesuai kebutuhan UMKM, dan implementasi sistem pembayaran digital.
Unduhan
Referensi
Ahluwalia, L., Cindiyasari, Angelica, S., Permatasari, Almira, B. P., Anggarini, D., & Riski, D. (2023). IMPLEMENTASI ARTIFICIAL INTELLIGENCE DAN APLIKASI DIGITAL MARKETING DALAM OPTIMALISASI POTENSI UMKM DESA HANURA, PESAWARAN. Comment: Community Empowerment, 3(1). http://jurnal.teknokrat.ac.id/index.php/journalcomment/article/view/292/184
Amira, B., & Nasution, M. I. P. (2023). Pemanfaatan Kecerdasan Buatan (Ai) Dalam Meningkatkan Efesiensi Dan Pengembangan Usaha Mikro,Kecil Dan Menengah (Umkm). JURMA: Jurnal Riset Manajemen, 1(4), 362–371. https://jurnal.itbsemarang.ac.id/index.php/jurma/article/view/1354/1253
Ekadjaja, M., & Theja, A. T. (2023). PELATIHAN PEMBAYARAN DIGITAL UNTUK MENSTIMULASI KEGIATAN BISNIS. Jurnal Serina Abdimas, 1(3). https://journal.untar.ac.id/index.php/JSA/article/view/26154/15775
Ghanilowe, M. M., Dwianika, A., Nurhidayah, F., & Rayyeb, A. El. (2023). Menggali Potensi UMKM: Pelatihan Digital MarketingSebagai Kunci Keberlanjutan Usaha. Prosiding Seminar Nasional LPPM UMJ. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaskat/article/view/19529/9535
Hardiky, M. I., Nova, D. K., Rahmadewi, A., & Kustiningsih, N. (2021). Optimalisasi Digital Payment Sebagai Solusi Pembayaran UMKM Roti Kasur. RE: Jurnal Riset Entrepreneurship, 4(1), 44–48.
Kamal, H. (2010). Kajian Pemanfaatan Bantuan Pemerintah Untuk Pengembangan UMKM. https://haryadikamal.files.wordpress.com/2010/07/profil-umkm-di-provinsi-jambi.pdf
Palupi, A., Perdanawati, L. P. V. I., Agustiningsih, M., Bintara, R., Dillak, V. J., Pinondang, V., Zakarsi, W., Srihadi, & Sukmadilag, C. (2023). Scale-Up Brand: Upaya Alternatif Keberlanjutan Bisnis UMKM. SULUH: Jurnal Abdimas, 4(2), 156–167. https://journal.univpancasila.ac.id/index.php/SULUH/article/view/4365/2214
Pemerintah Desa Mendalo Darat. (2018). Data Demografi Berdasar Pekerjaan Desa Mendalo Darat. http://desa.sayasiap.com/first/statistik/1
Setiawan, R., Sutoyo, M. A. H., Saputra, C., & Yulvianda, R. (2023). ENDAMPINGAN PENINGKATAN DAYA SAING UMKM MELALUI LOKAPASAR PADA DESA MENDALO DARAT BINAAN KODIM 0415/JAMBI. Jurnal Pengabdian Masyarakat UNAMA (JPMU), 3(3). https://ejournal.unama.ac.id/index.php/jpmu/article/view/1410/1242
Solechan, A., AP, T. W., & Hartono, B. (2023). Transformasi Digital Pada UMKM Dalam Meningkatkan Daya Saing Pasar. JURNAL INFORMATIKA UPGRIS, 9(1), 15–20. https://journal.upgris.ac.id/index.php/JIU/article/view/15096/7320