WORKSHOP PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL DALAM MEMPROMOSIKAN WISATA DAN SENI TRADISIONAL PADA DESA MUARO PIJOAN PROVINSI JAMBI
DOI:
https://doi.org/10.33998/jpmu.2024.3.1.1554Kata Kunci:
Desa Digital, Desa Wisata, Workshop, Social Media, Konten, Content, Desa Pijoan, PijoanAbstrak
Teknologi berbasis digital berupa media sosial menjadi sorotan utama sehinggadapat dijadikan sebagai media promosi untuk mencari peluang keuntungan bagi parapelaku ekonomi kreatif. Desa Muara Pijoan adalah desa yang terletak di KecamatanJambi Luar Kota, Kabupaten Muaro Jambi, Provinsi Jambi memiliki potensi pariwisatakeindahan alam dan keragaman budaya yang dapat menjadi tren pariwisatamembutuhkan pengelolaan yang baik dan perlu memperhatikan aspek pemasarandanpromosi terutama dalam bentuk digital untuk meningkatkan visibilitas dan dayatarikwisata desa mereka di platform social media agar dapat menjadi desa wisata yang sesuai dengan “Kemenparekraf”. Untuk mewujudkan hal tersebut, workshop atau pelatihan ini menjadi wadah bagi pihak yang masih kurang familiar dengan teknologi digital terutama digital branding untuk membangun citra brand secara online di media social sehingga dapat meningkatkan daya saing dan produktivitas desa wisata.
Unduhan
Referensi
Denny, Z. (2023). Desa Wisata Lubuk Guci Emas. https://jadesta.kemenparekraf.go.id/Desa/Lubuk_Guci_Emas%0A
Hariyati, F., Rahmawati, Y., & Akbari, D. A. (2023). Pelatihan Digital Branding Kampung Wisata Bagi Kompepar Kampung Pulo Geulis Bogor. Jurnal Media Pengabdian Komunikasi, 3(1), 251–264. https://doi.org/10.52434/medikom.v3i1.38
Hendrik. (2023). Tujuan dan Fungsi Promosi: Fungsi, Jenis-Jenis, Manfaat. Gramedia. https://www.gramedia.com/literasi/tujuan-dan-fungsi-promosi/
Kementerian Koordinasi Bidang Perekonomian Republik Indonesia. (2021). Pembangunan Kepariwisataan Melalui Pengembangan Desa Wisata Untuk Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi. https://www.ekon.go.id/publikasi/detail/3520/pembangunan-kepariwisataan-melalui-pengembangan-desa-wisata-untuk-meningkatkan-pertumbuhan-ekonomi%0A
Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. (2021a). Membangun Ekosistem Desa Wisata Bersama Komunitas. https://kemenparekraf.go.id/ragam-pariwisata/Membangun-Ekosistem-Desa-Wisata-Bersama-Komunitas%0A
Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. (2021b). Strategi Digital Tourism dalam Menggaet Wisatawan. https://kemenparekraf.go.id/ragam-pariwisata/Strategi-Digital-Tourism-dalam-Menggaet-Wisatawan%0A
Oktaviani, W. F., & Fatchiya, A. (2019). Efektivitas Penggunaan Media Sosial Sebagai Media Promosi Wisata Umbul Ponggok, Kabupaten Klaten. Jurnal Komunikasi Pembangunan, 17(1), 13–27. https://doi.org/10.29244/jurnalkmp.17.1.13-27
Riyanto, A. D. (2023). Indonesian Digital Report 2023. Hootsuite (We Are Social). https://andi.link/hootsuite-we-are-social-indonesian-digital-report-2019/%0A
Rokhani, R., & Hafidhuddin, M. A. (2022). Digitalisasi Media Promosi Desa Wisata Penglipuran Bali Melalui Program Magang Bersertifikat. Journal of Tourism and Creativity, 6(2), 120. https://doi.org/10.19184/jtc.v6i2.31456
Sudirjo, F., Nyoman, I., Sutaguna, T., Silaningsih, E., Akbarina, F., & Yusuf, M. (2023). The Influence Of Social Media Marketing And Brand Awareness On Cafe Yuma Bandung Purchase Decision. The Influence Of Social Media Marketing And Brand Awareness On Cafe Yuma Bandung Purchase Decision, 2(3), 1–10.
Sukmasetya, P., Apriyani, H., Wahyuni, T., Wulan, B. S., Nugroho, W., & Ardiyansah, A. H. (2021). Pendampingan Pemanfaatan Digital Branding dan Digital Marketing Pada Kuliner Kampung Kali Paremono. Jurnal Abdimas PHB : Jurnal Pengabdian Masyarakat Progresif Humanis Brainstorming, 4(3), 322–328. http://ejournal.poltektegal.ac.id/index.php/abdimas/article/view/2331
Setiawan, R., Sutoyo, M. A. H., Saputra, C., & Yulvianda, R. (2023). PENDAMPINGAN PENINGKATAN DAYA SAING UMKM MELALUI LOKAPASAR PADA DESA MENDALO DARAT BINAAN KODIM 0415/JAMBI. Jurnal Pengabdian Masyarakat UNAMA, 2(2), 40–44. https://doi.org/10.33998/jpmu.2023.2.2.1410