PENDAMPINGAN PENINGKATAN DAYA SAING UMKM MELALUI LOKAPASAR PADA DESA MENDALO DARAT BINAAN KODIM 0415/JAMBI
DOI:
https://doi.org/10.33998/jpmu.2023.2.2.1410Kata Kunci:
Desa Digital, Lokapasar, UMKMAbstrak
Di masa pandemi konsumen yang biasanya berbelanja di mall mencari alternatif untuk memenuhi kebutuhan mereka dan salah satu opsi yang akan mereka pertimbangkan adalah berbelanja secara online, sehingga penggunaan platform marketplace semakin meningkat setiap tahunnya. Hal ini lah yang mendesak dan menciptakan peluang UMKM pedesaan untuk bertransformasi menjadi UMKM go-digital sehingga menjangkau konsumen yang lebih luas. Pendampingan dan pelatihan penggunaan lokapasar bagi pelaku usaha menjadi penting karena banyak dari UMKM yang masih kurang familiar dengan teknologi digital dan salah satunya adalah UMKM yang berada di Desa Mendalo Darat, dari hasil obervasi dan interview didapatkan bahwa pelaku UMKM belum memanfaatkan lokapasar. Belum dimanfaatkannya lokapasar tersebut dikarenakan ketidaktahuan warga terkait cara pembuatan dan penggunaannya, sehingga mereka membutuhkan bimbingan untuk memahami cara menggunakan dan mengoptimalkan potensi penjualan produk mereka di platform tersebut. Melalui pendampingan ini, peserta UMKM belajar cara membuat toko digital memanfaatkan salah satu platform lokapasar yaitu “Tokopedia”. Peseta mempelajari kegiatan pembuatan informasi toko digital hingga memasarkan produk mereka pada Tokopedia. Setelah mengikuti pelatihan ini peserta menagalami peningkatan pengetahuan dan peserta memiliki toko digitalnya sendiri.