MEMBANGUN KEMANDIRIAN EKONOMI DESA PAUH MENANG KAB. MERANGIN MELALUI PELATIHAN DIGITAL MARKETING

Penulis

  • Nurhadi Universitas Dinamika Bangsa
  • Benni Purnama Universitas Dinamika Bangsa
  • Khairuldi Universitas Dinamika Bangsa
  • Ronald Naibaho Universitas Dinamika Bangsa
  • Eko Arif Winanto Universitas Dinamika Bangsa
  • Despita Meisak Universitas Dinamika Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.33998/jpmu.2024.3.1.1595

Kata Kunci:

Desa Digital, Digital marketing, Pelatihan

Abstrak

Kegiatan pengabdian pada masyarakat yang dilakukan merupakan kegiatan pengabdian masyarakat yang dibiayai oleh Yayasan Dinamika Bangsa Jambi. Pelaksanaan kegiatan ini dilakukan dalam bentuk praktikum dan diskusi untuk melatih peserta pelatihan Digital Desa merupakan program pemerintah yang berpusat pada pengembangan desa untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat desa melalui pemanfaatan teknologi dalam berbagai aspek pembangunan desa. Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan wawasan dan pengetahuan dasar untuk masyarakat terkait Desa Digital dan pengaplikasiannya untuk menuju Desa Digital. Kegiatan ini dilakukan di Desa Pauh Menang Kec. Pamenang Kabupaten Merangin melalui proses sosialisasi ke Masyarakat setempat.  Informasi digital mengenai desa ini masih terbilang cukup minim teknologi informasi,  sementara potensi kekayaan alam dan produk yang ada di desa tersebut sangat baik. Oleh karena itu, kegiatan ini dilakukan untuk mendukung konsep digitalisasi desa serta sebagai ajang memperkenalkan potensi Desa Pauh Menang ke masyarakat luar. Metode yang digunakan adalah perumusan masalah, mencari solusi, penyelesaian masalah, evaluasi dan luaran. Pelatihan ini memanfaatkan teknologi informasi seperti : digital marketing untuk promosi produk desa pada market place shopee dan pembuatan konten promosi menggunakan tools AI.

 

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

https://www.canva.com/id_id/pendidikan/ Diakses pada tanggal 05 Agustus 2023

Nurhadi, Khairuldi and Joni (2022) ‘PELATIHAN DESAIN GRAFIS UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS PENGELOLA DOKUMENTASI BAGI STAFF PERPUSTAKAAN DAN PUSTAKAWAN PADA FORUM PERPUSTAKAAN PERGURUAN TINGGI INDONESIA’, Jurnal Pengabdian Masyarakat UNAMA (JPMU), 1(1), pp. 15–21.

https://www.kominfo.go.id/content/detail/32927/siaran-persno54hmkominfo022021-tentang-bangun-literasi-digital-dengan-4-pilar-menkominfo-realisasikan-untuk-indonesia-digital-nation/0/siaran_pers

https://pauhmenang.desa.id/ Diakses pada tanggal 05 Agustus 2023

https://info.populix.co/articles/media-sosial-adalah/ Diakses pada tanggal 05 Agustus 2023

https://www.hostinger.co.id/tutorial/website, Diakses pada tanggal 05 Agustus 2023.

Amil Ahmad Ilham, et al (2023), “ Peningkatan Kemampuan Literasi Digital Masyarakat dalam Upaya Membangun Desa Digital” Jurnal Tepat (Teknologi Terapan Untuk Pengabdian Masyarakat)

Unduhan

Diterbitkan

2024-04-30

Abstract views:

10

PDF Download:

3

DOI:

10.33998/jpmu.2024.3.1.1595

Dimension Badge:

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>