Pelatihan Digital Marketing menggunakan Facebook Ads dan Marketplace Shopee sebagai strategi peningkatan Penjualan Pada UMKM Madu Mayeesha
DOI:
https://doi.org/10.33998/jpmu.2023.2.1.745Kata Kunci:
Pelatihan digital marketing, facebook ads, marketplace, madu mayeeshaAbstrak
Kegiatan pengabdian pada masyarakat yang dilakukan merupakan kegiatan pengabdian masyarakat yang dibiayai oleh Yayasan Dinamika Bangsa Jambi. Pelaksanaan kegiatan ini dilakukan dalam bentuk praktikum dan diskusi untuk melatih peserta pelatihan yaitu pelaku UMKM Madu Mayeesha dalam hal desain grafis dan Facebook Ads serta Marketplace Shopee, untuk meningkatkan penjualan melalui digial marketing. Pelatihan ini menggunakan metode : tahap perumusan masalah, tahap penentuan solusi, metode penyelesaian, tahap evaluasi, dan Output. Pelatihan ini memanfaatkan perangkat lunak Desain Grafis seperti : CorelDraw, Photoshop dan Canva untuk membuat desain promosi atau materi iklan produk madu mayeesha.
Unduhan
Referensi
https://redcomm.co.id/knowledges/alasan-pemasaran-di-facebook
Yunus, Ulani, & R. (2017). Advertising & Branding (1st ed.). Edu Pustaka.
https://ejournal.unama.ac.id/index.php/jpmu/article/view/46.
Asnawi*, M. et al. (2017) ‘Tingkatkan omset dengan facebook ads’, JURNAL Untuk Mu negeRI, 1(1), pp. 67–71.
Azroi, M. F., Fatimah, F. and W, Y. G. (2021) ‘Pengaruh Promosi Online Menggunakan Facebook Ads Terhadap Keputusan Pembelian’, Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 7(1), pp. 102–107.
Barokah, S. et al. (2021) ‘Optimalisasi Digital Marketing melalui Facebook Ads di Kelurahan Purwanegara’, JURNAL ABDIMAS BSI Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), pp. 17–22.
Nurhadi, Khairuldi and Joni (2022) ‘Pelatihan Desain Grafis Untuk Meningkatkan Kreativitas Pengelola Dokumentasi Bagi Staff Perpustakaan Dan Pustakawan Pada Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi Indonesia’, Jurnal Pengabdian Masyarakat UNAMA (JPMU), 1(1), pp. 15–21.