PELATIHAN DESIGN UI/UX MENGGUNAKAN TOOL PENPOT PADA SISWA SMK DHARMA BHAKTI 4 KOTA JAMBI
DOI:
https://doi.org/10.33998/jpmu.2025.4.1.2166Kata Kunci:
Pelatihan, Desain ui/ux, Tool penpot, PrototipeAbstrak
Pelatihan UI/UX menggunakan tool Penpot bertujuan untuk membekali peserta dengan keterampilan desain antarmuka dan pengalaman pengguna yang efektif dengan memanfaatkan perangkat lunak sumber terbuka Penpot. Pelatihan ini meliputi pengenalan dasar-dasar UI/UX, konsep desain, serta aplikasi praktis menggunakan Penpot. Dengan Penpot, peserta akan mempelajari cara membuat wireframe, prototipe, dan desain visual yang responsif. Fokus pelatihan juga mencakup teknik kolaborasi dan feedback iteratif, serta bagaimana memanfaatkan fitur-fitur Penpot untuk meningkatkan efisiensi dan kreativitas dalam proses desain. Di akhir pelatihan, peserta diharapkan memiliki pemahaman mendalam tentang prinsip-prinsip UI/UX dan kemampuan praktis untuk menerapkannya dalam proyek desain menggunakan Penpot.
Unduhan
Referensi
Wibowo, M.Kom, M.Si, MM, DR. Agus. Revolusi Industri 4.0 Dan Society 5.0. Yayasan Prima Agus Teknik, 2023.
penpot, “No Title,” 2024. https://penpot.app/.
V. Arifin, V. Handayani, L. K. Wardhani, H. B. Suseno, and S. U. Masruroh, “165∼176 Suseno, User Interface and Experience Gamification-Based E-Learning with Design Science Research Methodology, MATRIK : Jurnal Manajemen,” Tek. Inform. dan Rekayasa Komput., vol. 22, no. 1, 2022.
H. Ilham, B. Wijayanto, and S. P. Rahayu, “ANALYSIS AND DESIGN OF USER INTERFACE/USER EXPERIENCE WITH THE DESIGN THINKING METHOD IN THE ACADEMIC INFORMATION SYSTEM OF JENDERAL SOEDIRMAN UNIVERSITY,” J. Tek. Inform., vol. 2, no. 1, 2021, doi: 10.20884/1.jutif.2021.2.1.30.
I. Hasian, A. Segara, and I. Safira, “Perancangan Media Promosi Desain Aplikasi Mobile Tentang Tepung Mocaf Pengganti Tepung Terigu Pada UMKM Arum Ayu Healthy Local Food,” Magenta | Off. J. STMK Trisakti, vol. 6, no. 02, 2022, doi: 10.61344/magenta.v6i02.87.