Pelatihan Menulis Buku Untuk Keterampilan Peserta Didik LPPKS GHS dengan Tema “Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Menemukan Pekerjaan Di Luar Negri
DOI:
https://doi.org/10.33998/jpmu.2024.3.1.1569Kata Kunci:
Pemanfaatan tekonologi, media sosial, antologiAbstrak
Gentala Hospitality School (GHS) merupakan Lembaga Pelatihan Kerja 1 tahun. Gentala Hospitality School (GHS) mengembangkan sistem pendidikan untuk mengasah kompetensi peserta didik di bidang Perhotelan dan Kapal Pesiar Internasional dalam bentuk pelatihan-pelatihan khusus untuk meningkatkan softskill dan hardskill yang dibutuhkan di dunia kerja. Dengan tujuan untuk meningkatkan keterampilan peserta didik dalam menuangkan pengalaman berjuang untuk bekerja di luar negri di era revolusi 4.0 agar dapat berbagi cerita dalam bentuk karya tulis. Tujuan pengabdian ini adalah untuk memberikan pelatihan, pembinaan, penulisan dan penerbitan buku antologi book chapter peserta didik Gentala Hospitality School dalam Penguatan Motivasi Dan Keterampilan Peserta Didik Gentala Hospitality School dengan Tema “ Perjuangan Bekerja di Luar negeri di Era Revolusi 4.0 ” yang nantinya akan terbit dan dipublikasikan dalam bentuk buku ber-QSBN.
Unduhan
Referensi
I.Uli, H. Hariyadi, and S. Sulastri, “Pembinaan Menulis Karya Sastra Untuk Siswa Ma Darunna’Im Putri Pontianak,” GERVASI J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 3, no. 1, p. 115, 2019, doi: 10.31571/gervasi.v3i1.1209.
E. Lestari and M. Y. Kamhar, “Pelatihan Penulisan Karya Sastra Sebagai Wujud Pengembangan Bahasa Dan Budaya Indonesia,” JIIP) J. Ilm. Ilmu Pendidik., vol. 3, no. 1, pp. 381–386, 2020, [Online]. Available: http://jiip.stkipyapisdompu.ac.id
I. G. N. Santika, “Grand Desain Kebijakan Strategis Pemerintah Dalam Bidang Pendidikan Untuk Menghadapi Revolusi Industri 4.0,” J. Educ. Dev., vol. 9, no. 2, pp. 369–377, 2021.
D. Rifa Hanifa Mardhiyah, “Pentingnya Keterampilan Belajar di Abad 21 Sebagai Tuntutan Dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia,” J. Pendidik., vol. 12, no. 1, pp. 29–38, 2021.
E. Bhattacharyya, “Stakeholders Perspective on Communicative Competence in Industry 4.0: Walk the Talk of Informative Technologists,” SHS Web Conf., vol. 53, p. 03001, 2018, doi: 10.1051/shsconf/20185303001.
I. Uli et al., “KARYA SASTRA berkembang menjadi manusia yang berkualitas sehingga mampu dan proaktif pemberdayaan pendidik yang berlangsung sepanjang hayat , dimana dalam proses,” vol. 5, no. 3, pp. 417–426, 2021.
Y. S. Rini, “Pendidikan : hakekat, tujuan dan proses,” J. Penelit. Pendidik. Guru Sekol. Dasar, vol. 6, no. August, p. 128, 2016.
B. Nugriyantoro, “Penilaian Pembelajaran Sastra Berbasis Kompetensi,” DIKSI, vol. 11, no. 1, pp. 91–116, 2004, [Online]. Available: https://books.google.co.id/books?id=Y9xDDwAAQBAJ&pg=PA5&dq=sistem+merupakan&hl=id&sa=X&ved=0ahUKEwjA2e-rxt3aAhWLi7wKHcSTBzsQ6AEIJzAA#v=onepage&q=sistem%0Amerupakan&f=false
S. Kusnita, I. Uli, and N. Yuniarti, “Cerita Rakyat Melayu Pesisir Kalimantan Barat sebagai Alternatif Bahan Pembelajaran Sastra di SMP,” J. Pendidik. Bhs., vol. 10, no. 2, pp. 201–214, 2021, doi: 10.31571/bahasa.v10i2.2471.
L. Lizawati, I. Uli, H. Herlina, S. Kusnita, and ..., “Gerakan Terbit Sastra di SMP Negeri 18 Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya,” GERVASI J. …, vol. 6, no. 3, pp. 539–550, 2022, [Online]. Available: http://114.4.104.248/index.php/gervasi/article/view/3271%0Ahttp://114.4.104.248/index.php/gervasi/article/download/3271/1983
A. S. H. Nur, “Reproduksi Sastra Penerbit Kristal Multimedia,” Padang, 2015.
K. Kaswadi, R. Damayanti, A. Pranoto, R. Ardiansyah, and S. Sueb, “Pelatihan Penulisan Sastra Kreatif pada Siswa MTS Ulumiyah Tuban,” Prima Abdika J. Pengabdi. Masy., vol. 2, no. 2, pp. 184–191, 2022, doi: 10.37478/abdika.v2i2.1865.
R. Puspita, “Peningkatan Keterampilan Menulis Cerpen Menggunakan Teknik Terbimbing Dengan Media Cerpen,” J. Manuf. Syst., vol. 1, no. 1981, pp. 79–88, 2020.